BEBERAPA ALIRAN SESAT DALAM KEKRISTENAN

Waspada Terhadap Bidat (Bidaah, red)

 

Sejarah Gereja telah mencatat berbagai macam bentuk ajaran sesat yang hadir dan mencoba mempengaruhi kehidupan gereja, misalnya pada abad permulaan muncul ajaran sesat seperti Gnostisisme, Docetisme, Montanisme, Mistisisme dan lain sebagainya. Pada masa sekarang ini, ternyata ajaran-ajaran tersebut tetap eksis namun dengan tampilan luar yang sama sekali baru. Alibatnya, jika tidak waspada maka kita akan terjebak dan masuk ke dalamnya.

Bagaimanakah kita dapat melihat dan memahami sebuah ajaran tertentu yang dikatakan sesat/ bidaah, padahal ajaran ini pun menggunakan Alkitab sebagai dasar dari pengajaran mereka. Bagaimanakah pandangan dan pemahaman mereka tentang Tritunggal, dosa dan keselamatan? Beberapa diantaranya dijelaskan sebagai berikut:

SAKSI YEHOVAH

  • Pemimpin bidaah ini bernama Charles Tase Russel yang menyebarkan doktrinnya pada tahun 1872.
  • Saksi Yehovah sangat menitikberatkan pekerjaan literatur. Buku majalah “Menara Pengawal” dan “Sadarlah” dijual dengan harga relatif murah dan mempunyai daya tarik.
  • Saksi Yehovah tidak percaya Allah Tritunggal dan juga tidak percaya kemaha-hadiran Allah. Mereka tidak mengakui Yesus Kristus dan Roh Kudus adalah Allah.
  • Tentang keselamatan yang terdapat di dalam Yesus Kristus tidak memberi hidup yang kekal. Kematian Yesus Kristus di kayu salib tidak dapat menebus dosa umat manusia, tetapi hanya menebus dosa  Adam saja.
  • Tentang hari kiamat, mereka mengira bahwa kedatangan Yesus yang ke-2 kalinya dapat diketahui dengan cara menghitung. Sebab itu mereka meramal bahwa dunia akan kiamat pada tahun 1874, tetapi hal itu tidak terjadi. Kemudian mereka meralatnya menjadi tahun 1914, 1918, 1920, 1925, 1972 dan terakhir 1999, dan seterusnya.

MORMON

  • Gerakan ini menyebut diri sebagai “Gereja Orang-orang Kudus pada Akhir Zaman” (Church of Latter Day Saints). Didirikan pada tahun 1830 oleh Joseph Smith dari Amerika.
  • Menurut mereka Allah itu adalah superman, mempunyai badan, dapat dilihat dan diraba tetapi mempunyai kekuatan luar biasa. Allah itu adalah Adam yang sudah dipermuliakan.
  • Yesus adalah Lucifer yang dilahirkan karena hubungan antara Allah (Adam yang sudah dipermuliakan) dengan Maria. Yesus di Kana menikaah dengan Marta da Mariam sehingga dapat melihat keturunannya sebelum disalibkan (Yes. 53:10).
  • Joseph Smith adalah keturunan dari Tuhan Yesus.
  • Menurut mereka, Roh Kudus itu semacam benda yang kekal keberadaannya yang ddisalurkan dari atas dan menyebar ke berbagai tempat Roh Kudus dapat dikaruniakan kepada seseorang melalui upacara-upacara yang dipimpin oleh pendeta Mormon. Roh Kudus tidak dapat hadir lebih dari satu tempat.
  • Tentang keselamatan, kematian Yesus tidak dapat menyelamatkan orang lain, tetapi hanya Adam saja. Keselamatan hanya diperoleh melalui ketaatan pada peraturan-peraturan, sakramen-sakramen dari Mormon dan perbuatan baik.
  • Babtisan yang dilaksanakan pendeta Mormon dapat menghapus dosa. Dengan kata lain baptisan merupakan syarat mutlak  untuk mendapat keselamatan.  Orang yang sudah meninggal bisa diselamatkan yaitu dengan cara anak famili mereka yang masih hidup, dapat menggantikan mereka untuk dibaptis.
  • Mormon mengajarkan praktek poligami dan berpendapat hubungan suami istri tidak terbatas hanya di dunia ini, tetapi juga sampai di akhirat.
  • Mormon memiliki 3 buku ysng mempunyai otoritas: Kitab Mormon (The Book Mormon), Doktrin dan Perjanjian (Doctrin and Covenants) dan Mutiara yang bernilai (Pearl of Great Price).

 

Children of God

  • Pendirinya adalah David Brant Berg, yang pada tahun 1978, aliran ini menyebut dirinya “Family of Love”.
  • Senjata yang paling ampuh untuk mengembangkan dan menarik orang menjadi anggota adalah seks.
  • Aliran ini tidak menerima ajaran Tritunggal, karena menurut mereka istilah ini tidak terdapat dalam Alkitab. Mereka menganggap Allah yang dipercayai adalah Allah yang seksi (Sexy God).
  • Mereka menyamakan kebenaran keselamatan di atas kayu salib dengan hubungan seks. Menurut mereka keselamatan adalah kebenaran dari kutuk pakaian dan rasa malu bertelanjang. Dengan melampiaskan nafsu seks untuk mencapai penyerahan roh yang total kepada Allah.

 

Christian Science

  • Pendirinya seorang wanita yang bernama Mary Baker Eddy.
  • Mereka membedakan antara Yesus dengan Kristus. Kristus bersifat kekal sedangkan Yesus hanya khayalan saja. Mereka menyangkal kemanusiaan Yesus Kristus dan juga menyangkal keilahian Yesus Kristus dengan menyatakan Yesus bukan Allah.
  • Roh Kudus atau Roh Penghibur adalah Christian Science.
  • Pengorbanan Yesus tidak ada gunanya, tidak dapat menebus dosa.
  • Sorga bukan menunjukkan satu tempat, tetapi suatu keadaan yang berada dalam bumi. Neraka hanya merupakan konsep pemikiran manusia yang biasa yang akan menambah kerisauan dan kesusahan hati manusia.

(Sumber: Majalah NAFIRI, Edisi 27 Thn ke-4, Maret 2009)

14 Tanggapan

  1. Menjelang peradaban baru dan hancurnya dunia kegelapan,tentulah banyak manusia akan disesatkan oleh ajaran-ajaran ANTI KRISTUS. Berbagai manusia akan mencari jalan kebenarannay sendiri-sendiri,padahal kebenaran hanya ada satu yaitu:TUHAN SEMESTA ALAM,yg telah terbukti di KITAB-KITAB SUCI para NABI dan RASUL memberikan berkat dan rahmatNYA kepada:

    1.ABRAHAM atau IBRAHIM atau BRAHMA
    2.MOSES atau MUSA
    3.YESUS atau ISA
    4.MUHAMMAD

    Merelah yang telah menerima titah atau firman untuk pengemban Risalah Hukum-Hukum Tuhan dimuka bumi ini.benarlah Fiman NYA yang mengatakan:berbahagialah kamu….“sesungguhnya banyak Nabi-Nabi dan Raja-Raja ingin melihat apa yang kamu lihat,dan ingin mendengar apa yang kamu dengar,tapi mereka tidak dapat melihat dan dan mendegar. (nexx…)

    • Sejarah peradaban manusia tdk terlepas dr bapaknya para nabi dan rasul yaitu Abraham atau Ibrahim dari dialah banyak lahir nabi dan rasul sbg pengemban risalah Tuhan Semesta Alam.Dari istri yg pertma Sarai/Sarah dari anaknya Ishak melahirkan bani israel sbg bangsa unggulan diantara bgs2 yg ada pd saat itu.
      Untuk memulakan diutuslah seorang Rasul dr kalangan bani israel,yg bernama Musa ditugaskan dgn tujuan menjaga kemurnian dari konsep kehidupan ciptaan Tuhan, Allah Abraham.
      Akhirnya dia berhasil menerapakan aturan2 Tuhan itu diaplikasikan dlm kehidupan berbangsa dan bernegara pd bani israel. Dgn terbentuknya Yerusalem 1 .Puncak kejayaan Bani Israel pada zaman Daud dan Solomo atau Sulaiman.
      namun dlm kehidupan manusia adanya “hukum pergiliran” spt alam ini ada malam ada siang. ketika nilai2 peradaban yg dibangun nabi dan rasul hilang dari kesadaran manusia dunia kembali pada zaman kegelapan. ketika masa dan wktnya tba zaman kegelapan akan berubah zaman terang.
      Diutus kembali seorang rasul yg baru yaitu Isa atau Yesus membenarkan kembali ajaran fitrah ciptaan Tuhan,
      Yang masih merupakan keturunan Ibrahim/Abraham dr istrinya Sarai/Sarah.Tugas dari Yesus sama dgn Musa dgn jelas Yesus berkata kepadamu: “Sesungguhnya selama blm lenyap langit dan bumi ini,satu iota atau satu titikpun tdk akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi.”. Ia dtg bukan untuk meniadakan hukum Taurat. perjuangan Yesus dlm menjalankan misi kerasulannya berhasil dgn tegaknya Yerusalem 2.
      Ternyata “Hukum Pergiliran”. berlaku juga bagi Yesus/Isa spt halnya pada Musa.
      Maka Tuhan mengutus lagi seorang Rasul dari keturunan Abraham/Ibrahim dari istri ke2 Hagar/Hajar anaknya Ismai,menurunkan keturunan bangsa Arab yaitu Muhammad. Dalam sejarah perjalanan keturunan Abraham ada tiga nabi atau rasul yg
      melakukan fungsi pembenaran yaitu: Musa , Yesus dan Muhammad.

      Tugas Muhammad sama spt Rasul terdahulu Musa dan Yesus/Isa,memurnikan kembali aturan Tuhan dimuka bumi. sampai puncak keberhasilannya pada zaman kekhalifahan di Baghdad tahun 1300-an masehi. “Hukum pergiliran” berlaku jg pada bangsa Arab, Kembali lagi manusia berzinah pada Tuhan yg lain.
      Dikitab Perjanjian lama Nabi Ibrahim/Abraham mempunyai istri yg ke 3 bernama Kentura mempunyai 6 orang anak.
      Dalam Alquran 2;124 Allah berfirman “Sesungguhnya Aku akan menjadikanmu imam bagi seluruh manusia”. Ibrahim berkata: ” (Dan saya mohon juga) dari keturunanku” Allah berfirman ” janjiKu ini tidak mengenai org yg zalim.”

      Maaf sblmnya bila tulisan saya ada yg keliru mohon dikoreksi, saya melihat persamaan bukan perbedaan

      • Jangan mencampur adukkan isi kitab karena ada persamaannya, Alkitab dan Alquran tidak sama dan banyak sekali perbedaannya, ada data yang berbeda, sekarang mana yang benar itulah yang diimani

        Musa diutus Tuhan untuk membebaskan bangsa Israel dari perbudakan bangsa Mesir

        Yesus jauh lebih besar dari itu, Ia diutus untuk membebaskan umat manusia dari dosa, barangsiapa yang percaya kepadaNya sebagai Tuhan dan juruselamat akan diselamatkan, tetapi yang tidak percaya akan dihukum (itu isi Alkitab)

  2. Blog bagus & mencerahkan.
    Mengundang main ke blog aku 🙂
    Ditunggu yah..
    GBU

  3. kehidupan beragama kita begitu beragam,pemahaman dan peningkatan imanlah yang harus dijunjung tinggi serta tidak menutup diri dengan perbedaan kita sehingga sudut pendang kita tidak terlalu sempit dalam menghadapi perbedaan……

  4. Buat yang Kristen/Katolik atau yg non-muslim, mari kunjungi blog ini:
    islamexpose.blogspot.com
    Ditunggu kunjungan & partisipasinya.
    JBU 😉

  5. Terimakasih infonya, tp kita mesti tetap kritis dan tidak menelan mentah2 info tersebut. Karna banyak hal yang disebutkan tidak benar sama sekali, karna saya tahu yang sebenrarnya karna saya hidup di dalamnya. Saya anggota Gereja Yesus Kristus dari Orang Orang Suci Zaman Akhir, yang anda sebut Mormon. Sy sudah 26 tahun menjadi anggota dan tidak menemukan hal yang disebutkan diatas, bahkan melalui “gereja sesat” ini saya lebih mengenal Yesus sebagai Juru selamat saya. Saya tahu Dia mengasihi saya dan anda.

  6. Akal manusia yang terbatas tidak akan mungkin mempelajari dgn sempurna,Tuhan yang tidak terbatas.Tapi dengan menjadi manusia Tuhan itu di diri Tuhan Yesus,maka kita bisa mempelajari kehendakNya.

  7. Saya adalah anggota Gereja Yesus Kristus dari Orang-orang Suci Zaman Akhir atau yang biasanya dikenal dengan sebutan Gereja Mormon oleh masyarakat umum.. setelah saya membaca tautan ini, maaf jika saya merasa banyak sekali bahkan semua hal-hal/penilaian yang diberikan mengenai Mormon tidak sesuai..
    Saya berharap ketika kita ingin menilai/mengetahui sesuatu hal baiknya kita telusuri kebenarannya langsung dari sumbernya..
    jika anda ingin mengetahui tentang keyakinan Mormon silakan membuka website resminya di https://www.mormon.org/ind?locale=ind dan juga ada forum chat dimana anda bisa bertanya/berdiskusi dengan Tim kami..
    kami menyambut baik siapapun yang ingin mengenal kami..
    Anda sopan kami pun segan..
    Terimakasih
    Semoga kita semua selalu dalam naungan kasih Tuhan.. ☺

  8. Yesus dianggap sebagai tuhan ketika ia tidak ada lagi didunia ini berarti yesus belum tentu disebut tuhan kalo itu atas dasar prangsangka pengikutnya sendiri jadi lebih baik mualaf lah seperti saya karna atas dasar siapakah yesus disebut tuhan kalo bukan atas dasar dari yesus atau bapa sendiri berarti kita telah mengikuti prasangka manusia itulah islam membenarkan kristen

  9. Mengenai ayat2 injil banyak sekali injil yg berbeda dan kontradiksi karna ditulis oleh pengikut yesus sendiri

  10. Katolik adalah ajaran sesat yang ajaranya ajaran manusia.
    1. Apakah ada di Alkitab tercantum Maria diangkat ke surga ?
    2. Apakah ada di Alkitab tercantum Maria ratu surga ?
    3. Apakah ada di Alkitab tercantum Maria tidak berdosa ?
    4. Apakah ada di Alkitab tercantum kita harus melakukan doa Rosario ?

    5. Apakah ada di Alkitab tercantum kita disuruh berdoa pada orang mati dan minta tolong pada orang mati ?

    6. Apakah ada di Alkitab tercantum kita disuruh membuat patung ditempat ibadah dan harus berlutut dan mencium itu patung ?

    7. Apakah ada di Alkitab tercantum hanya Paus yang boleh menafsirkan Alkitab ?

    8. Apakah ada di Alkitab tercantum Paus tidak dapat sesat/salah ?
    Tunjukan ayat Alkitabnya, kalau tidak ada segera kamu keluar dari penyesatan Katolik.

  11. berbagai doktrin perlu diuji dan saling menguji

Tinggalkan komentar