Ummat Islam Tuntut Penghentian Pembangunan Gereja Theresa di Cikarang

Ribuan ummat Islam  dari berbagai Organisasi  Islam, lembaga dan gerakan serta pengurus masjid dan musollah,  melakukan unjuk rasa di depan Kantor Pemda Kabupaten Bekasi, Kamis (29/12).

Ummat Islam menuntut dihentikannya pembangunan gereja Katolik Paroki Bunda Teresa  yang berlokasi di Lippo Cikarang, Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi.

Aksi yang dikordinir Forum Ukhuwah Islamiyah dan Front Pembela Islam (FPI) Bekasi ini menolak dengan keras dan tegas pembangunan gereja Paroki Bunda Theresa.

Menurut Kosim Nurseha, pembangunan gereja itu diduga belum mendapat ijin baik dari FKUB, MUI, Kantor Kementeraian Agama dan Pemeritah Kabupaten Bekasi.

Dikatakan, kalaupun panitia pembangunan gereja itu sudah memproses ijin pembangunan, namun diduga kuat data yang diajukan sebagai syarat untuk mendapatkan ijin pembangunan geraja sarat manipulasi data.

Kalau merujuk pada SK Kementerian Dalam Negeri dan dan Kementerian Agama nomor. 8 dan 9, syarat untuk  memperoleh ijin  mendirikan rumah ibadah harus mendapat persetujuan lingkungan sebanyak 90 dan sedikitnya didukung 60 orang yang akan menggunakan gereja tersebut. Persyaratan itu harus dibuktikan dengan poto copy KTP dan tandatangan warga yang telah memebri dukungan, papar Kosim.

Kuat dugaan dukungan dari lingkungan itulah yang sangat mungkin akan dipalsukan. Sebab pemalsuan yang sama sering terjadi seperti kasus Ciketing di Kota Bekasi dan kasus gereja Yasmin di Bogor.

Dugaan pemalsuan data itu diperkuat dengan adanya kegiatan pembangunan di lokasi pembangunan gereja tersebut. Tiang-tiang pancang sudah diberdiri sejak 5 September lalu.

“Kami meminta agar gereja itu di Sterilkan pembangunan” kata Kosim Nurseha.

Oleh karena ummat Islam meminta agaar pihak gereja mecabut tiang pancang yang telah ditanam. Dan sampai  kemarin pekerjaan areal parkir gereja  terus berlangsung, ungkap Kosim Nurseha.

Selain menuntut penghentian pembaangunan gereja Katolik Bunda Theresa itu para pengunjuk rasa juga meminta ditertibkannya semua gereja liar yang belakangan ini marak di kab Bekasi.

Aksi unjuk rasa tersebut juga meminta implementasi Perda  No.07 tahun 2007, yang Sudah disahkan beberapa tahun lalu. Tapi kenyatanya tempat maksiat terus tumbuh bagai jamur di musin hujan.

’Jangan sampai Kab. Bekasi menjadi kota maksiat. Itu sebabnya kami meminta pemerintah agar meenertibkan tempat maksiat tersebut, pinta Kosim.

Jika tuntutan ummat Islam tidak terima maka masa akan melakukan aksi yang jumlahnya jauh lebih besar. Aksi itu akan dilakukan dengan jalan kaki menuju Pemerintah Kabupaten Bekasi pada januari 2012 mendatang.

Sebelum Massa ummat Islaam bergerak menuju kantor Pemerintah Kabupaten Bekasi massa sempat menutup gerbang tol Cikarang Barat yang mengakibatkan terjadi kemacetan lalu lintas hingga ke jalan tol.

Saat ini tengah dilakukan pertemuan di ruang Sekda, dengan Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi Dadang Mulyadi dengan Pimpinan FPI Bekasi Raya Ustad Murhali Barda, K.H. KOsim Nurseha, dan KH. Ahmad Mustofa, dari Fukhis.(Ardi Mahardika/Inas).
(Daktacom)

7 Tanggapan

  1. sebagai wujud toleransi maka sudah saatnya pemerintah di daerah muslim minoritas untuk ditinjau kembali pembangunan dan keberadaan masjid di tengah2 masyarakat kristen maupun agama lain biar adil

    • Ini negri Pancasila, jadi urusan izin rmh ibadah gak bedanya izin ruko, izin bangun cafe, atawa IMB – itu urusan Pemda. Yang rada aneh, acapkali
      kok knapa ummat tertentu yg geram terhadap pembangunan rmh ibadah X ? Knapa pula warga diluar daerah tsb yg geram ?

  2. Yang ingin saya tanyakan : Apakah hal seperti ϊηϊ dulu dicontohkan atau diajarkan oleh Nabi Muhammad,SAW ?

  3. Rupanya slogan “Bhinneka Tunggal Ika” cuma di tulisan saja ya … apakah dosa menjadi kristen? apakah dosa menjadi buddhis? apakah dosa menjadi penganut hindu? apakah dosa menjadi penganut konghucu?

    Urusan iman kok dibawa-bawa ke ranah publik? Iman sebaiknya menjadi keinsyafan pribadi, kenapa harus jadi urusan kolektif.

    Negeri ini mau dibawa kemana? Apa harus dibuat provinsi sesuai agama penduduknya? Ingat, sejarah pemisahan Pakistan dan India, berapa juta penduduk yang mati karena idealisme pemimpinnya? Apa yang mati itu dapat santunan?

    Banyak orang bermimpi Indonesia ini satu golongan saja … termakan buaian sejarah kalifah, padahal jika didalami banyak terjadi kebobrokan, ujung2nya adalah dinasti, kekuasaan, uang, wanita, intrik politik …. sama saja, agama dijadikan kendaraan pemuas nafsu kekuasaan.

    Kristenisasi? Kenapa takut dengan kristenisasi? Apakah ada pemaksaan memeluk agama Kristen? Coba bandingkan dg kasus promosi jabatan di instansi tertentu, tapi harus jadi muslim dulu? Jadi mana yg benar, islamisasi atau kristenisasi?

    Presiden Indonesia seperti nya tertutup untuk kaum selain muslim. Apa ini masih kurang? Kasus Situbondo 1996 bagaimana?

    Kalau mau dicek, sebenarnya banyak kasus pendirian gereja yang dipersulit, tidak semudah membangun masjid, bahkan fasos perumahan saja otomatis jadinya masjid, bukan yang lain.

    Hidup ini semestinya memudahkan orang lain, bukan mempersulit orang lain. Karena kemudahan yang kita berikan itu, suatu saat nanti akan menjadi kemudahan bagi kita. Saya percaya itu.

    Jangan tanamkan kebencian, tampilkan kebaikan, kalau memang jodoh, umat Islam pasti bertambah sendiri kok … 90% apa masih kurang?

    Damai saudaraku, damai negeriku. Amin.

  4. Heran ya…umat Muslim membangun Mesjid dimana – mana belum pernah minta tandatangan dan persetujuan dari umat beragama lain di sekitarnya. bahkan saking banyaknya mesjid, ada mesjid yang tidak terawat dan kosong bahkan hari jumat….Kalau Umat Islam benar- benar berserah kepada Allah…serahkan semuanya hanya kepadaNya….biarlah Allah yang menentukan….

  5. bagaimana saudaraku sebagai seorang yg mengaku mujahid pedulikah anta dg keberadaan mualaf? sejauh mana? 081272279785

  6. mungkin mau pecah perang. jangan dikira diam nggak bisa ngelawan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: