NILAI-NILAI PANCASILA DAN UUD 1945

NILAI-NILAI PANCASILA DAN UUD 1945

I. Pancasila

1. Ketuhanan Yang Maha Esa

Makna sila ini adalah:

* Percaya dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab.

* Hormat dan menghormati serta bekerjasama antara pemeluk agama dan penganut-penganut kepercayaan yang berbeda-beda sehingga terbina kerukunan hidup.

* Saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

* Tidak memaksakan suatu agama atau kepercayaannya kepada orang lain.

2. Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab

Makna sila ini adalah:

* Mengakui persamaan derajat, persamaan hak dan persamaan kewajiban antara sesama manusia.

* Saling mencintai sesama manusia.
*Mengembangkan sikap tenggang rasa.
* idak semena-mena terhadap orang lain.
* Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan.
* Gemar melakukan kegiatan kemanusiaan.
* Berani membela kebenaran dan keadilan.
* Bangsa Indonesia merasa dirinya sebagai bagian dari masyarakat Dunia Internasional dan dengan itu harus mengembangkan sikap saling hormat-menghormati dan bekerjasama dengan bangsa lain.

3. Persatuan Indonesia

Makna sila ini adalah:

* Menjaga Persatuan dan Kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
* Rela berkorban demi bangsa dan negara.
* Cinta akan Tanah Air.
* Berbangga sebagai bagian dari Indonesia.
* Memajukan pergaulan demi persatuan dan kesatuan bangsa yang ber-Bhinneka Tunggal Ika.

4. Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan/Perwakilan

Makna sila ini adalah:

* Mengutamakan kepentingan negara dan masyarakat.
* Tidak memaksakan kehendak kepada orang lain.
* Mengutamakan budaya rembug atau musyawarah dalam mengambil keputusan bersama.
* Berrembug atau bermusyawarah sampai mencapai konsensus atau kata mufakat diliputi dengan semangat kekeluargaan.

5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Makna sila ini adalah:
* Bersikap adil terhadap sesama.
* Menghormati hak-hak orang lain.
* Menolong sesama.
* Menghargai orang lain.
* Melakukan pekerjaan yang berguna bagi kepentingan umum dan bersama.

II. Makna Lambang Garuda Pancasila

* Perisai di tengah melambangkan pertahanan bangsa Indonesia
* Simbol-simbol di dalam perisai masing-masing melambangkan sila-sila dalam Pancasila, yaitu:
* Bintang melambangkan sila Ketuhanan Yang Maha Esa
* Rantai melambangkan sila Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab
* Pohon beringin melambangkan sila Persatuan Indonesia
* Kepala banteng melambangkan sila Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan/Perwakilan

* Padi dan Kapas melambangkan sila Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

* Warna merah-putih melambangkan warna bendera nasional Indonesia. Merah berarti berani dan putih berarti suci

* Garis hitam tebal yang melintang di dalam perisai melambangkan wilayah Indonesia yang dilintasi Garis Khatulistiwa

* Jumlah bulu melambangkan hari proklamasi kemerdekaan Indonesia (17 Agustus 1945), antara lain:
* Jumlah bulu pada masing-masing sayap berjumlah 17
* Jumlah bulu pada ekor berjumlah 8
* Jumlah bulu di bawah perisai/pangkal ekor berjumlah 19
* Jumlah bulu di leher berjumlah 45

* Pita yg dicengkeram oleh burung garuda bertuliskan semboyan negara Indonesia, yaitu Bhinneka Tunggal Ika yang berarti “berbeda beda, tetapi tetap satu jua”.

III. Naskah Undang-Undang Dasar 1945

Sebelum dilakukan Perubahan, UUD 1945 terdiri atas Pembukaan, Batang Tubuh (16 bab, 37 pasal, 49 ayat, 4 pasal Aturan Peralihan, dan 2 ayat Aturan Tambahan), serta Penjelasan.

Setelah dilakukan 4 kali perubahan, UUD 1945 memiliki 21 bab, 73 pasal, 170 ayat, 3 pasal Aturan Peralihan, dan 2 pasal Aturan

Tambahan.

Dalam Risalah Sidang Tahunan MPR Tahun 2002, diterbitkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Dalam Satu Naskah, Sebagai Naskah Perbantuan dan Kompilasi Tanpa Ada Opini.

IV. Sejarah

Sejarah Awal

Pada tanggal 22 Juli 1945, disahkan Piagam Jakarta yang kelak menjadi naskah Pembukaan UUD 1945. Naskah rancangan konstitusi Indonesia disusun pada waktu Sidang Kedua BPUPKI tanggal 10-17 Juli 1945. Tanggal 18 Agustus 1945, PPKI mengesahkan UUD 1945 sebagai Undang-Undang Dasar Republik Indonesia.

Periode 1945-1949

Dalam kurun waktu 1945-1949, UUD 1945 tidak dapat dilaksanakan sepenuhnya karena Indonesia sedang disibukkan dengan perjuangan mempertahankan kemerdekaan. Maklumat Wakil Presiden Nomor X pada tanggal 16 Oktober 1945 memutuskan bahwa KNIP diserahu kekuasaan legislatif, karena MPR dan DPR belum terbentuk. Tanggal 14 November 1945 dibentuk Kabinet Parlementer yang pertama, sehingga peristiwa ini merupakan penyimpangan UUD 1945.

Periode 1959-1966

Karena situasi politik pada Sidang Konstituante 1959 dimana banyak saling tarik ulur kepentingan partai politik sehingga gagal menghasilkan UUD baru, maka pada tanggal 5 Juli 1959, Presiden Soekarno mengeluarkan Dekrit Presiden yang salah satu isinya memberlakukan kembali UUD 1945 sebagai undang-undang dasar, menggantikan Undang-Undang Dasar Sementara 1950 waktu itu.

Pada masa ini, terdapat berbagai penyimpangan UUD 1945, diantaranya:
* Presiden mengangkat Ketua dan Wakil Ketua MPR/DPR dan MA serta Wakil Ketua DPA menjadi Menteri Negara

* MPRS menetapkan Soekarno sebagai presiden seumur hidup
* Pemberontakan G 30S

Periode 1966-1998
Pada masa Orde Baru (1966-1998), Pemerintah menyatakan kembali menjalankan UUD 1945 dan Pancasila secara murni dan konsekuen. Namun dalam pelaksanaannya terjadi juga penyelewengan UUD 1945 yang mengakibatkan terlalu besarnya kekuasaan pada Presiden.

Pada masa Orde Baru, UUD 1945 juga menjadi konstitusi yang sangat “sakral”, diantara melalui sejumlah peraturan:

* Ketetapan MPR Nomor I/MPR/1983 yang menyatakan bahwa MPR berketetapan untuk mempertahankan UUD 1945, tidak berkehendak akan melakukan perubahan terhadapnya

* Ketetapan MPR Nomor IV/MPR/1983 tentang Referendum yang antara lain menyatakan bahwa bila MPR berkehendak mengubah UUD 1945, terlebih dahulu harus minta pendapat rakyat melalui referendum.
* Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1985 tentang Referendum, yang merupakan pelaksanaan TAP MPR Nomor IV/MPR/1983.

V. Perubahan UUD 1945
Salah satu tuntutan Reformasi 1998 adalah dilakukannya perubahan (amandemen) terhadap UUD 1945. Latar belakang tuntutan perubahan UUD 1945 antara lain karena pada masa Orde Baru, kekuasaan tertinggi di tangan MPR (dan pada kenyataannya bukan di tangan rakyat), kekuasaan yang sangat besar pada Presiden, adanya pasal-pasal yang terlalu “luwes” (sehingga dapat menimbulkan mulitafsir), serta kenyataan rumusan UUD 1945 tentang semangat penyelenggara negara yang belum cukup didukung ketentuan konstitusi.

Tujuan perubahan UUD 1945 waktu itu adalah menyempurnakan aturan dasar seperti tatanan negara, kedaulatan rakyat, HAM, pembagian kekuasaan, eksistensi negara demokrasi dan negara hukum, serta hal-hal lain yang sesuai dengan perkembangan aspirasi dan kebutuhan bangsa. Perubahan UUD 1945 dengan kesepakatan diantaranya tidak mengubah Pembukaan UUD 1945, tetap mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta mempertegas sistem presidensiil.

Dalam kurun waktu 1999-2002, UUD 1945 mengalami 4 kali perubahan yang ditetapkan dalam Sidang Umum dan Sidang Tahunan MPR:

* Sidang Umum MPR 1999, tanggal 14-21 Oktober 1999

* Sidang Tahunan MPR 2000, tanggal 7-18 Agustus 2000
* Sidang Tahunan MPR 2001, tanggal 1-9 November 2001
* Sidang Tahunan MPR 2002, tanggal 1-11 Agustus 1999

NN

About these ads

244 Tanggapan

  1. Pancasia Berdasarkan keyakinan bagi ujud dantanggung jawab pancasila mengapa? Banyak Menyimpang dari butir-butir itu sendiri. apakah akan hancur oleh penerus bangsanya sendiri
    sedangkan dalam butir-butir pancasila sudah jelas makna dan tujuan mengapa masih banyak menyimpang.

    • mengingat era reformasi ini sedikit sekali yang berani para pejabat khususnya untuk mengatakan mari kita amalkan nilai-nilai pancasila secara murni dan konsekwen di hadapan para bawahan apalagi dengan masyarakat umum . Saya yakin masih ada para Pejabat Yang berani mengatakan itu yakni para pejabat yang amanah, jujur , benar benar sudah dapat menjalankan nilai-nilai pancasila secara murni dan konsekwen terhadap diri para pejabat itu sendiri secara mutlak lahir dan bathin . Yang kedua sudah tidak ada lagi pelajaran Moral Pancasila di bangku sekolah . Ketiga penataran P4 dan Bp 7 sudah dibubarkan . Pendapat pribadi saya agar tidak banyak yang menyimpang kita temukan kembali nilai2 pancasila . kedua bila para pejabat bisa mengamalkan pancasila secara murni dan konsekwen saya punya keyakinan Tujuan Negara akan segera terwujut dan rakyat segera merasakan kesejahteraan yang adil dan merata.

    • karena nilai nya tdk diamalkan, sosialisasi tidak ada lagi katanya tanpa penataran p4 nilai itu melekat nyatanya moral kita semakin bobrok,menyimpang karena mereka tdk tahu isi nilai yg sebenarnya meski nilai nya mendasar dan melekat pada sanubari bangsa ….mereka tidk lagi peduli dengan dasar dan falsafah yg semestinya dilakukan

    • karena mauu tau gx?”

  2. Pancasila pernah dikramatkan, tetapi belom pernah diterapkan secara konsisten. Itulah yang hendak diperjuangkan oleh mereka yang mengakui Pancasila sebagai ideologi terbaik bagi bangsa Indonesia yang multikultural.

    • huuu…… bingung sangat……. repoottnyaa…….

  3. AAAAAAAKKKKKKKKKKKKKKKUUUUUUUUUU BBBBBBIIIIINNNNNNNGGGGGGGUUUUUUUUNNNNNGGGGG………..
    kasih pelajaran baru dong

  4. pancasila pentiiiiiiiiiing gitu loooooooch!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    • penting bged,, pancasila tu sifatx SOSIOLOGIS bkn TEOLOGIS. SOSIOLOGIS artix yg intinya dlm hal.kmnusiaan rakyat indo.yg trdr dr bbgai agma HRUS bkrja sma misalx:BANGUN JEMBATAN,dll
      tp TEOLOGIS ktk rakyat indo yg heterogen td djuruskn kpd sOal ibdah mka tdk da krja sma dlm hal.ibdah,
      misalnya:gag usah ktk da Org dr agma laen mnggal agm laen ikut mendoakannya.tp, dlm mslah sosial QT saling membantu skali lg krn sifat Pancasila adl.SOSIOLOGIS.

    • Jilid I Jilid 2 Hati – hati kuwalat sama Pancasila………………………..!!!!!!

  5. Pancasila????????????PENTING BGT Tuch…………

    • bgtttttttttttttttttt. …… ….. .??/

  6. Truz..apa hubungan pancasila ma UUD 1945? yang tau jawabannya please dunk kasih tau…

    • pancasila dengan uud 1945 memiliki fungsi dan tujuan untuk membangun bangsa karena sebagai bangsa yang merdeka dan berdaulat,bangsa indonesia membangun negara dan bangsa ini berdasar pada pancasila dan undang-undang dasar 45.
      Pancasila adl sumber dr segala sumber yang tlah ditetapkan di Ketetapan MPRS No.XX/MPRS/1966.
      UUD 1945 adl landasan konstitusional

      • betull bngeeeeeeeeeettttttttttttttttt

    • pnting bant tuch pancasila
      krna tnpa pancasila gk akn mrdeka

      • ga nyambung bung!
        pancasila itu sebagai dasar negara Indonesia. jadi ga ada kaitannya dengan kemerdekaan Indonesia..
        yang ada keterkaitannya dengan kemerdekaan Indonesia yaitu kembali lagi ke-sejarah awal kemerdekaan Indonesia, yaitu peritiwa Rengasdenglok.. atau lebih awalnya lagi peristiwa bom heroshima nagasaki..
        pancasila ada keterkaitannya dengan UUD 45 sudah jelas (liat aja pembukaan UUD paragraf 4)..

    • pancasila suatu ketentuan dari pembutan UUd sedangkan UUd peraturan2 yang brlaku dineraa qt indisia’

      • haduuuh..
        pancasila itu bukan ketentuan mas.. tapi sebagai ideologi bangsa yang tercantum di UUD..
        kalo UUD itu sebagai dasar hukum negera Indonesia..
        kalo peraturan itu ibaratnya UU, PP, Perda, dll.. kalo UUD itu namanya KONSTITUSI..

    • klo pancasila adalah kepribadian luhur bangsa yg berisi lima peraturan kebaikan ini ada dalam buku karangan empu tentular kalo UUD adalah peraturan dasar negara yg di jadikan pedoman dalam penyelenggara’an berbangsa dan bernegara.

    • Aghhhhhh maksud llo semua ..

  7. tentang isi pancasilanya yang jelas dong. maksudnya komplit. kan satu sila isi na ada yg 7. :(

  8. pelaksanaan nilai-nilai pancasila pd masa orba mana dunkz???kurang detail

  9. yaampun pancasila jangan dirubah euy…..pancasila sebagai dasar negara kita lho…..hohohohohohoho

  10. pokoknya pancasila jangan dirubah ok coy!susah boatnya n ngorbaninnya lama banget. apalagi sekarang sd,smp,sma tiap upcra dah d hafalin? coba klo di rubah gmana hayo…….

    • benar juaga kta u coy,klo pancasila di ubah cape apalinnya lgi klo upacara,he,,he,,he,, mantap 085289359172 tlpon w yeh

  11. klo pancasila diamalin ma all rakyat indonesia pasti indonesia pasti gak ad kriminal dll n moega indonesia makmur …….amin?

  12. pancasila adl lambang kita semoa,mari kita junjung bersama menuju indonesia makmur emailq kurniawan_fsrmy@yahoo.co.id smk n 2 yk kls 1

  13. ada yang tau contoh aktualisasi pengamalan pancasila/uud 45 di era globalisasi dalam bid.ekonomi,sosbud,politik gak???
    Plisss ksh tau doNg buat tugas akhir negh!!! email ke gw y kl pny at garuda19_penjuru@yahoo.com

  14. kasih tau donk aktualisasi pancasilanya!!!!

    • dah to lum jawban-na……………

    • sebenarnya pa yang di tulis di pancasila itu PENTING. MAZALAHNYA………………………….mzh banyak masyarkat yang blum tau………untuk pa zh pancasila tu?toh negara ja gini2 za…
      INGAT……………JgAN KT TANYA ORANG LAIN TP TANYA DRI qT KONTRIBUSI PA YANG UDH qT KSH untuk negara kta dg amalkan pancasila???????????seberpa pnting paNcasila sebagai dasarnegara?????????
      ox…maju negara ku…….MERDEKA!!!!!!!!

      • majuuuuuuuuu………dan merdka…………………

  15. kasih juga makna uud 1945 donk

  16. kasih tau aktualisasi pancasila di dunia kampus

  17. pancasila jgn dirubah cooooooy

  18. apakah pancasila itu merupakan filsafat atau hanya sekedar tata negara????

  19. Coba pahami!!
    Pasti ngerti & dijalani.

    Karena harta &kekuasaan, nilai-nilai PANCASILA tidak berguna. Semuanya karena mementingkan diri sendiri bukan untuk kepentingan umum. Makanya sekarang susah ada PAHLAWAN lagi!!!

  20. Aktualisasinya :
    Jangan terlalu mementingkan diri sendiri.
    Pikirkan & dahulukan kepentingan umum.
    Tentunya semua untuk kebaikan.

    • Betul….

  21. apa hubungan antara uud 1945 deengan pancasila

  22. g’mna penerpan ideolgi pancasila dan uud dimsa skarang

  23. SUMPAH PANCASILA PENTING BGDH!!!!!!!!!!!

  24. APA SAJA PENYIMPANGAN-PENYIMPANGAN UUD DI MASA ORLA,ORBA,ORRE ????????
    TOLONG JAWAB!!!!!!!!!

  25. Pancasila saat sekarang ini hanya tinggal tulisan doank…!!!! udah gak ada pengaruhnya lagi ma rakyat. isinya gak pernah tuh bener2 dijalanin oleh pembesar dinegeri ini. pemerintahannya aja gak jelas jalanin pancasila pa gak, gimana rakyat mo nyontoh yang benar….!!! bener kan?????????? kasian donk ma pahlawan kita yang udah dengan sangat berjasa memperjuangkan tanah tercinta ini terbebas dari belenggu penjajahan. oleh karena itu,kita sebagai generasi penerus bangsa harus bisa membuktikan bahwa pancasila itu bukan hanya sekedar tulisan.

  26. Pancasila paan tuh??????
    pe skarang g ngerti nie?!
    pdaHaLkn dah bLjr dri TK,SD,SMP,SMA pe KULIAH juga msh da………………….

  27. waduh-waoww Pancasila inimakin diteliti koq kaya’x makin njelimet yaw…???? aku bingung tujuh keliling negrjain tugas Pancasila dasar…nilai ini penting bgt tapi mau bgmana lagi….
    ada yg mw kazih kurzuz Pancasila gratisan ga……..???
    mumpung lg panaz niy…hiy.hiy.hiy..
    aku sedih knapa dosen itu memberikan tugas yg ama daku benchhhiy??????
    hiks hiks hiks…. ;-(…pliz contact sheyraviene@yahoo.com

  28. pancasila g ngaruh apa apa didalam kehidupan..cuma sebagai icon dinegara ini atau pajangan pemanis disudut dinding rumah..
    g ada lagi nilai nilai luhur yang direalisasikan didalam kehidupan.
    bangsa yang besar ini akan musnah dengan sendirinya..bukan karena pihak luar seperti beberapa abad silam..tapi karena kebobrokan jiwa bangsa itu sendiri

  29. “PANCASILA” Lambang NKRI, yang dapat dibilang Lambang khayalan???
    Kenapa? Karena sesungguhnya Burung Garuda itu tidak pernah ada.
    Nilai-nilai Pancasila juga gak terimplimentasi / terealisasi kepada pejabat-pejabat negara kita. Mereka lebih memilih menganut sistem atau ideologi dari kapitalisme dari pada Pancasila. Yang berkuasa, selalu menjatuhkan, walau dengan cara segalanya. Mereka lebih asyik diatas sana, dengan kekuasaan ditangan yang dapat menindas, merampas, menekan semua takyat Indonesia yang lemah.

    Negeriku…Negeriku….
    Kapan aku bisa merasakan kemerdekaan???
    Negeriku…Negeriku…
    Negeri paranya penipu sampai kesegala penjuru???
    Negeriku…Negeriku…
    Tempatnya Koruptor Terbesar di Asia???
    Negeriku…Negeriku…
    Negara Otoriteriasme???
    Negeriku…Negeriku…
    Negara Peringkat 36 Paling Korup di Dunia???
    Negeriku…Negeriku…
    Pelaku Ilegal Logging???

    NEGERIKU…NEGERIKU…
    AKU CINTA PADA MU???

    NEGERIKU…NEGERIKU…
    KAPAN KAU MAJU???

    NEGERIKU…NEGERIKU…NEGERIKU…

    • negeri kita qan sekarang lagi krisis moneter, jadi wajar aja buat ulah lagi…

      • negeriku negeri para penipu terkenal kesegala penjuru, tentu saja bagi yg tak tau malu ini lah sorga sorga nya sorga negeriku negeri…..

  30. Pancasila adalah suatu amanat bagi bangsa indonesia yang harus diamalkan dan dilaksanakan………tanpa pancasila kita tidak akan pernah hidup!!!!

  31. Sebenere makna pancasila tu pa?kita sebagai WNI terutama Q dw juga kurang meyakinkan dan nampak MENGAPUNG,,,,

  32. pancasila…..?
    yang kaya gini bikin giris kalaw ingat masa lalu..
    tp maw gmN lg pancasila udh dinjak-injak tuh

  33. kalo setiap WNI d negara ini
    ngamalin isi PANCASILA pasti ga da tuh g
    namanya korupsi……….

    moga2 PANCASILA ga luntur d hati rakyat!!
    OK!!!!!!!!!!!!

    • bukan hanya nilai2 pancasila harus di hafal tapi harus di laksanakan..??banyak kok yg udah hafal tp gak ada bukti tentang apa yg mereka hafal.

  34. Ga PeNtiNg BuanGeT….
    yg PenTIng SadaR AKn HaK DAn KEWajiBANnya SeBAgai WArga NeGaRA “KATA pAk DoSen KWNQue”

  35. orang-orang telah lupa dengan pancasila. disekolah-sekolah hanya dipelajari tentang pancasila tapi tidak di amalkan. tolong kepada rakyat indonesia amalkanlah pancasila karena indonesia rusak karena orang -orang tidak memahami apa itu pancasila. orang hanya tau kalo pancasila itu hanyalah dasar negara.

  36. sebut pancasila 3x..
    pancasila dijadikan alasan buat cari kekayaan, pancasila dijadikan alasan buat penindasan, pancasila telah disalah gunakan.

    jujur gw ngga terlalu ngerti pancasila, tapi knapa pancasila ku telah dinodai oleh oknum – oknum yang tidak bertanggung jawab

    etanya kenapa???

  37. @endah kumalasari

    hubungan pancasila dengan UUD 45 tuh erat banget dah kaya majikan dan pembantu jadi di ibaratkan majikan itu pancasila, jadi kalo mo suruh ya tinggal pake UUD 45 dah!!
    U know what i mean?? Btw endah 138 ya??

  38. pancasila merupakan idiologi bangsa/ dasar penerapan hukum di indonesia.
    tapi mana buktinya?
    apakah pancasila hanyalah lambang ………….. bukan pedoman?

  39. pancasila yang kita kenal saat ini adalah suatu karya besar hasil sidang BPUPKI. jadi bila kita mencintai bangsa ini, kita jg harus mencintai dan menjaga pancasila…. O.K!!!!!!

  40. pancasila ” cool man 3x “”

  41. Siapa yang tahu :
    pada saat ini 2007 – 2008
    perlukah UUD 1945 dirubah melihat perubahan akan dunia ini yang semakin tidak karuan ???

    terima kasih jika ada yang bisa kirim aja ke :
    benumi@telkom.net

  42. PANCASILA HANYA SEKEDAR DASAR NEGARA,KENYATAANNYA G PERNAH ADA IMPLEMENTASINYA,UUD 1945 DAI SEJAK DILAHIRKAN SUDAH DITAKDJRKAN UNTUK DIAMANDEMEN.SEKARANG, PILPRES LANGSUNG G AD DI DLM UUD 1945

  43. FAHAMI DULU pANCASILA BARU BERPIKIR MERUBAH uud 45.

  44. ada yg tau ga penjelasan kenapa bangsa Indonesia memilih NKRI sbg bentuk negaranya, bukan negara serikat?

  45. Ada situs bung Karno di Ende-Flores, NTT
    yang mengilhami lahirnya PANCASILA.
    tapi mengapa NTT di stigmakan dengan Ketertinggalan???

  46. hi….iii…i.iiiiiiiiii
    ni mao komen ttg pncasila nggih!
    pncasila tuw merup idelogi yg plg bgs d.dunia mnrt sya tp klo rang laen i g taw!da……………….. seeeeeeeee you………………………………………………………………

  47. kalo pancasila bener” dijalankan negara ini tidak akan kacau…………..

  48. Pancasila.. ada lima kan..
    tapi ,memurut aku yang paling penting adalah sila pertama.. yaitu sila pertama, KETUHANAN YANG MAHA ESA.
    Kenapa…? Karena kalo manusia semua mencintai Tuhan nya otomatis manusia itu akan mencintai umat-umatnya.
    dan sila-sila yang lainnya akan terlaksana.

  49. Pancasila harus selalu beraktualisasi, karena moral di Indonesia ini harus segera dibenahi… Buat kita sebaagai para pemuda harus bisa mengmlka dan memelihara pancasila yang merupakan ideologi bangsa ini. OK.!!!

  50. Jangan pernah rubah ideologi negara!!!
    Hidup PANCASILA!!!
    Sekali PANCASILA tetep PANCASILA!!!

    Sekarang waktunya merealisasikan makna PANCASILA yang sesungguhnya..

  51. capeekkk pancasila,,
    bagus mikirin perut…
    gak lebih dari omong kosong pancasila…..
    Rakyat butuh nasi bukan pancasila…
    ngertiii,,,, bagus gak usah ada dasar negara,,,
    ada juga gak ada gunanya…..
    pancasila tuh sama ama burung garuda,,,
    CUMA MITOS

  52. yah, betul semua itu komentar, pancasila baru sebagai simbol belaka,barang jualan yang tak dihayati para elit negeri ini. untuk rakyat kecil mah, pancasila itu,hanya tiga saja yi. perut kenyang, baju baru en rumah yang pantassssssss! kuaaapan itu terlaksana? trims

  53. pancasila ya gitu dech,tapi juga ga gitu2 amat wong si amat juga ga gitu intinya amt sulit sulit ,amat juga kesulitan

  54. pancasila adalah satu kesatuan yang bulat dan utuh yang mempunyai fungsi dan peranan memberi kekuatan dinamika dan bimbingan kepada bangsa indonesia karena nilai budayanya yang merupakan sari dan sosial budaya dan juga merupakan ciri khas bangsa indonesia yang membedakan nya dengan bangsa-bangsa yang lain nya..

  55. PANCASILA………… BELAKANGAN INI DAH MULAI NGGAK BANYAK YANG TAU LGI MAKNANYA… SAMPAI-SAMPAI ADA YANG GA HAPAL PANCASILA…….. HARI GINI GA HAPAL PANCASILA..CABE DECH……… ^_^

    • bagi aku pancasila itu wajib di hafal yg tdak mau menghafal dia nggak mau pandai jadi kita harus tau pancasila itu apa

      OOOOOOOOOOOKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKK……………………

  56. Bantuin gw dong bikin pidato tentang pancasila besok gw lomba di tamsis,tapi belum dapet materi nich!!!!!kumaha atuh?

  57. Kok ga ada yang punya ide untuk mengamandemen teks Pancasila, ya? Padahal menurut tata bahasa Indonesia teks Pancasila, terutama sila pertama, itu salah. Apa karena kesalahan itu sehingga Indonesia jadi begini?

  58. Pancasila menjak Reformasi sepi seiring ditiadakannya P4, yang Ramai khan buat PARTAI lumayin buat kesibukan and sapa tau ajah..heheheee..

  59. yang tau Pancasila itu orang kecil kalau orang gedean Pejabat gito mana tau.. kalou tau kan ga ramai_ramai korusi massal. he’ech

  60. pancasila ” kita harus mengamalkannya dalam kehidupan bermasyarakat” (hu…. gayanya pa lurah lagi pidato tujuh belasan)

  61. anak-anak muda sekarang kurang tahu apa makna dari oancasila,tolong buatkan buku-bukunya dan sebar luaskan,agar masyarakat awampun tahu makna dari pancasila tersebut.

  62. Pancasila sudah harga mati dan tidak ada bangsa Indonesia yang menolak sebagai ideologi dan dasar negara, isinya, nilai2 nya semua tidak ada yang jelek, cuman pelaku2nya yang jelek. ddan pelaku tidak mengenal level kaya,miskin golongan atas,rendah, pejabat atau rakyat, Makanya harus ada kesadaran tiap-tiap individu untuk berperilaku, ertindak dan berbuat dengan ukuran Pancasila, silahkan dicoba dan harus segera dimulai dari saat ini

  63. Pancasila sebagai dasar negara RI dan yang tertuang dalam pembukaan UUD 1945 nilai-nilai dasarnya sudah Indonesia banget gituloh, seharusnya mengikat pada setiap individu yang mengaku sebagai bangsa Indonesia. Dari sanalah Pancasila akan tetap abadi sebagai falsafah bangsa Indonesia.

  64. aktualisasikan Nilai2 Pancasila secara benar pada keseharian,contoh beriman kpd Tuhan YME,toleransi tidak pembenci, berperilakulah jujur bukan pembohong, sopan bukan perusak, saling menghormati sesama bukan menyakiti orang lain, saling membantu bukan menipu , kepedulian tidak masa bodoh, sabar tidak pemarah,kebiasaan kerja keras tidah pemalas, semoga kehidupan norma ketimuran akan terlihat nyata, tidak sebaliknya bruntal dan kasar.

  65. tolong dong tampilin awal mula terciptanya pancasila dan bagai mana rakyat indonesia mempertahan kan nilai nilai itu. agar semua orang tau bahwa butuh perjuangan yang keras untuk itu.

  66. Pancasila adalah kepribadian bangsa Indonesia, sehingga idealnya apapun sukunya, keturunannya ,agamanya harus berkepribadian Indonesia
    Warga indonesia keturunan cina,arab,india boleh cina,arab, india 100% tetapi harus indonesia 100% juga
    Warga indonesia yang beragama hindu , buda islam ,kristen dll harus hindu,buda,islam ,kristen 100% tetapi tetap Indonesia 100% jangan
    yang hindu,budha agamanya 100% india
    yang islam 100% arab , yang kristen 100% barat…wah repot kalau gini kualat ama nenek moyang…kita kehilangan jati diri.

    • ya… saya setuju dgn bung, kenapa?? karna jgn kita hanya agamis 100% tp harus nasionalis 100%.. saya memakai kata2 dimana bung karno juga meminjam kata-kata ini, contoh : saya beragama kristen 100% tetapi jika ada orang muslim yg di sakiti oleh agama kristen atau agama lain maka aku pu merasa disakiti. jika kita mengerti akan kata2 ini saya yakin tdk ada lagi perbedaan yg berujung pada kesrusuhan. MERDEKA Mas.

  67. Jadikan Pancasila sebagai Visi dan Misi Bangsa saja, jangan jadikan sebagai ideologi, peluang konfliknya tinggi. Kalau kita bisa rumuskan indikator2nya, saya rasa sudah cukup untuk dijadikan sebagai pedoman dalam membangun bangsa. Selain itu, makna setiap kata yang tertuang dalam pancasila itu harus jelas, contohnya, apa makna Esa? tolong jelaskan agar pembahasan bisa dilanjutkan.

  68. pancasila emg dasar negara satu satux yang palg cooool

  69. bisa diterbitin gak peristiwa2 tentang kejadian pancasila???
    kalo gak da jadi gak lengkap donk

  70. ya ampun.. jelas PANCASILA sama UUD 1945 ada hubungannya lah! secara, didalam UUD 1945 itu kan ada isi PANCASILA-nya

  71. jelasin donk apakah nilai-nilai pancasila sebagai alat pemersatu bangsa sudah pudar???
    jawab plizzzz

  72. keren…….
    untung da website na……
    jd ga ssah nyari tugas ttg pancasila…..

  73. untuk apa UUD 45 dibuat klu tidak bisa dijalankan ,,,,,lebih baik buat UU yang baru yang e,makn bisa dijalankan……….DAsarnya ja ga’ bisa dijlan kan….pa lagi sterusnya….yang taunya…ngubah ja…tapi gak bisa dijalan kan ……….ama aja dengan NOL

  74. untuk apa UUD 45 dibuat klu tidak bisa dijalankan ,,,,,lebih baik buat UU yang,mungkin bisa dijalankan……….DAsarnya ja ga’ bisa dijlan kan….pa lagi sterusnya….yang taunya…ngubah ja…tapi gak bisa dijalan kan ……….ama aja dengan NOL

  75. pengertiannya donzZ……..

  76. pengertian Pancasila JUga harus dijelaskan pada masyarakat……! Karena itu juga berguna

  77. Nama saya Reagan, saya seorang Katolik. Saya sangat mendukung pluralisme, saya mendukung dan bangga dengan apa yg telah di nyatakan NU dan Muhammadiyah bahwa Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika adalah ideologi final bagi Ibu Pertiwi kita tercinta ini, bangsa Indonesia, Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika adalah pemersatu bangsa, tanpa Pancasila akan terjadi perpecahan bangsa, NKRI akan runtuh. Oleh karena itu kewajiban kita semua sebagai anak bangsa, kita orang Indonesia, Katolik, Protestan, Islam, Buddha, Hindu, Konghucu, dan bahkan agama agama lain yg ada di dalam Indonesia wajib mempertahankan Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika, karena Pancasila tidak bisa di pisahkan dari Indonesia, seperti motto kota Manado, ”kita semua saudara” selayaknya kita jadikan contoh untuk hidup rukun, saling menghormati dan penuh pluralisme, mari kita semua bersatu dan berjuang untuk kemajuan bangsa Indonesia dan wajib mempertahankan Pancasila.

  78. yah pertahankan ters

  79. setujukah anda adanya PLTN???

  80. sila ke 5 pancasila bisa diartikan sbg konsep sama rata sama rasa agr masyarakat bisa mendapatkan tingkat kesejahteraan yg diharapkan,,menurut anda bgmn????bLzZ

    • sama rata apanya??? masih banyak rakyat yg menangis karena kelaparan.
      pembesar2 negara tdk menghayati dan menjalankan nilai pancasila.
      nilai2 pancasila tdk jelek tapi pelaku2nya yg jelek.
      Maei kita sama2 berjuang dan mengawal pancasila sampai kita berada di bawah timbunan tanah.

  81. Sila pertama dalam pancasila adalah : “Ketuhanan yang maha esa”
    Kalau kita kaji dari situ, yang dimaksud ketuhanan itu TUhan siapa???

    -Kalau kita ambil dari agama islam disana diperintahkan untuk Amar ma’ruf Nahi mungkar, kita disuruh berbuat kebaikan dan memberantas keburukan. Tindakan ormas islam yang menghancurkan bar,diskotik,tempat maksiat apa itu salah??? Katanya dalam
    Undang-Undang Dasar pasal 29ayat2 berbunyi
    “Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masingmasing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu.”
    bukankah itu tuntutan agama islam dan umat islam musti menjalankannya kan kalau emang pemeluk islam itu benar taat kepada Allah?!!

    -Haruskan umat islam menaati pancasila untuk pemersatuan dengan mengorbankan ketaatan dan kecintaan kepada sang khalik??? Atau sebaliknya Umat islam menaati sang khalik dengan mengorbankan kepercayaan kepada pemerintah???
    “Kepada siapakah yang lebih utama dan lebih penting dari ketaatan umat islam??”

  82. sebenarnya pancasila cuma lambang atau hanya sebuah pedoman hidup,tapi mana buktinya,,,,,,,,,

  83. iya nich, padahal q ga suka ma pljrn pancasila but tgsx tuh pntg bgt !! wah gmn ya ?mau ga mau jg kudu ngerjain………..

  84. pancsla: pnyelewengan yg sdh kcau
    d ngeri kta…
    bnyk yg slh mlkkn tndkn na brdsrkan
    pncsla,pdhal tdk sma sx….

  85. pancasila jangan dibuat bahn kajian&perbandingan terus..! tetapi juga bagaimana kita menerapkan dlm kelakuan kita di dalam masyarakat di bangsa yang kita cintai ini, Indonesia..salam damai selalu…….

  86. thanks bgt buat yg nulis tulisan ini. Tulisan ini sangat membantu saya dalam menyelesaikan esai yang saya buat =)

  87. ya gue mau ikut nimbrung ni….
    bukannya gue fanatik me pancasila
    kite-kite ni mang perlu bljr bnyk dari sejarah men en sen
    soalnye banyak nilai-nilai zaman dulu yang
    sebenernya kalau kita gali tu justru
    nampilin jati diri orang Indonesia
    jadi mustinya kita ni ya men bangga dengan
    PANCASILA
    solanya coba lihat negara-negara lain ga punya kekhasan
    kayak kita
    coba aja tuk zaman kita ini
    mulai kelimpungan kan mau niru amerika, ada yang mau niru arab, mau niru eropa
    pokoknya rasanya GA JADI DIRI SENDIRI
    nurut lo lo pade gimana ni????????

  88. emang harus diakui ya
    di negeri kita ni kacaunya minta ampun
    dalam segala bidang tapi ni
    kacaunya tu bukan karna
    PANCASILA
    ga kompatibel lagi
    tapi karena orgnya yg ga ngerti ttg pancasila
    ga mau belajar sejarah
    bukan pancasila yang sulit
    tapi orangnya men men orangnya?
    jadi mulailah dari diri sendiri dari gue lo dan kite. setuju ga ni?

  89. PERTAHANKAN PANCASILA !!!

  90. jelasin donk pancasila berdasarkan panitia lima

  91. menurutku pancasila udah ilang gregetnya. aku sendiri ngerasa lebih patriotis pas waktu masih sd and smp. apa dulu karena kita belum terlalu banyak dijejali ideologi-ideologi konyol yang nggak memperkaya kita malahan membingungkan jalan kita? (pusing)
    tapi apa bener ya esensi pancasila semakin hari semakin kabur?

  92. btw,,,implentasi pancasila ke dalam undang-undang dasar itu sendiri gimana yakZ????

  93. pancasila mulai hilang sebagai pegangan berbngsa

    • mkax perlu optimalisasi penerapan nilai-nilai pancasilla dan uud dlm membangun ksadaran kehidupan berbangsa nbernegara???????????

  94. makasih ya…membantu bgdh buat tugasku…
    :)

  95. pancasila is never die

  96. garuda pancasila

  97. saya anak bangsa yg peduli akan pancasila. hidup indonesia!!!! walaupun kalian tdk suka tp indonesia adalah negara kita. saya harap yg baca harus melaksanakan.. jgn merokok itu polusi,jgn membuang sampah itu mencemari lingkungan,jgn menebang pohon, tanami pohon krn itu sumber kehidupan kita. jgn membuang sampah di sungai,tolong mengerti… saya baru kelas 6 sd mengerti tentang ini,tp kalian para org dewasa kok berbuat seenaknya?? kapan indonesia maju?? tlg jgn merokok nanti kalian kena kangker paru2 lhoo.

  98. indonesia harus kompak dalam menjalankan ini. walupun berat tp ini kan tugas sy mhn,kasihan para teman2 anak2 semuanya menghirup asap rokok kalian. apa kalian tdk peduli??????

  99. Pancasila itu penting ga penting, penting sih bwt landasan negara, tapi kalau pemerintah aja g bisa mengaktualisasikannya yah percuma atuh..

  100. kuw punya tugas niih..disuruh nyarii nilai2 pancasila dlm era globalisasi..
    jwbanya donk..

  101. katanya keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia mn keadilannya??????????????????????????

  102. Perasaan pancasila jd hapalan wajib dan nyanyian wajib waktu gue msh SD, tp rasa2x nda ngefek tuh…

  103. pliz dunz kaseh tawu aktualisasi pancasila

  104. memang Pancasila sangat erat dengan kehidupan berbangsa, dan kini istilah Pancasila hanya sebuah istilah, tidak ada yang paham apa itu pancasila……
    hal ini jauh dari harapan pendahulu kita, jika hal ini berkelanjutan, maka tujuan bangsa sangat sulit untuk dicapai. karena tujuan negara berdasarkan pada Pancasila dan dituangkan dalam UUD 45…..
    oleh karena itu, penanaman nilai nilai luhur Pancasila harus dimulai sejak saat ini…..

  105. orang bali bilang Pancasila memiliki “taksu” !

  106. PANCASILA DI BIKIN KUARANG MENARIK SUPAYA DAGANGANNYA LARIS MANIS, APA TOUCH…????. YA APA LAGI KALAU BUKAN PARPOL…….ABIS KERJA APA SIH KALAU GA JADI BAKUL PARPOL..??? LAGIAN DASAR POLIKUS PADA GA PUNYA ETIKA DAH PARTAINYA GA LAKU MASIH JUGA NGIKUT PEMILU. MUNTAH GUE…..

    • ORANG DI RI INI KUWALAT SAMA PANCASILA,SEBAB NYA MORALNYA UDAH SAMA RUSAK SEMUA,AYO GALAKAN PENDIDIKAN MORAL PANCASILA SD,SMP,SMU.

  107. PANCASILA TIDAK BISA DITAWAR_TAWAR DAN TIDAK PERLU DI RIBUTIN, JANGAN ADA KOMPROMI KALAU PERLU JIKA ADA YG COBA USIK LIBAS SAJA..!!! SEBAB ITU PASTI MAU BUAT NEGARA KACAU

  108. HIDUP INDONESIA….!!!! PANCASILA JAYA…!!! ITU DULU SERING KITA DENGAR TAPI SEKARANG…. DEMOKRASI YAH DEMOKRASI ALA RAHWANA KALAU GA TERPILIH KATANYA ADA KECURANGAN TIDAK JURDIL DLL APALAH, KALAU GA MISKIN JANGAN BERPOLITIK LAH TOH LIAT PILGUB JATIM BANGKRUTIN NEGARA, UANG BUAT PLARAKAN GA PUNYA HATI APA ..?? MAKANYA BELAJAR PANCASILA…!!!! BICARA DEMOKRASI / HAM UJUNG_UJUNGNYA KURSI LAH WUEE…

  109. Assalamualaikum…
    saya tidak setuju jika pancasila diganti gengan Faham lain…
    kita sebagai bangsa yang besar adalah yang mana bisa menjujung tinggi nilai2 sejarah. sedangkan dunia luar saja memuji idiologi pancasila yang mempunyai sifat kegotong royongan,,???????????? sekarang mana sifat yang mulia itu… sudah dijalan kan oleh seluruh pemimpin kita sekarang…. mereka yang selalu gontok2kan dan mementingkan golongan sendiri.. dan tidak memikirkan rakyat kecil yang terus tertindas, dari orde demi orde, yang tidak ada putusnya……. tolong dong untuk para calon pemimpin baru menyatulah dengan rakyat…jangan pas butuh saja merakyatnya…… kami rindu indonesia yang bersatu tanpa ada perbedaan seperti yang terdapat pada nilai luhur pancasila dan UUD 1945. yang menjadi simbol perdamaian dunia, bahwa setiap negara itu berhak merdeka seperti kita hidup yang menginginkan kebebasan…..

  110. hari ini anak bangsa tidak lagi faham apa itu pancasila. apa fungsinya, dan makna 1 juni 1945. padahal sebagai bagian dari bangsa indonesia kita wjib tahu akan hal itu. pemahaman pancasila harus di kaji secara historis. bahwa 28 oktober 1928 adalah merupakan lahirnya bangsa indonesia, yang mana bangsa ini terlahir dengan tujuan untuk mengangkat harkat dan martabat hidup orang indonesia asli. tujuan inilah yang menjadi sifat bangsa indonesia, sehingga sifat ini menjadi kekuatan bagi bangsa ini untuk mewujudkan indonesia merdeka. oleh karena itu pancasila yang di mufakati sebagai dasarnya indonesia merdeka 1 juni 1945 adalah merupakan sifat bangsa.
    kemudian pergerakan kemerdekaan berhasil terwujud di 17 08 1945 yakni proklamasi kemerdekaan bangsa indonesia. selang sehari kemudian, bangsa indonesia membentuk negara republik indonesia pada 18 08 1945, yang tetap bertujuan untuk mengangkat harkat dan martabat hidup orang indonesia asli.
    dalam preambule uud 45 jelas dinyatakan dalam alinea ke empat NEGARA REPUBLUK INDONESIA YANG BERKEDAULATAN RAKYAT DENGAN BERDASAR KEPADA PANCASILA. KEDAULATAN maknanya mengangkat harkat dan martabat hidup,RAKYAT maknanya orang indonesia asli. ini sangat jelas untuk membuktikan bahwa negara republik indonesi di bentuk untuk mengangkat harkat dan martabat hidup orang indonesi asli dengan dasar PANCASILA. Maknanya pancasila adalah alat untuk mewujudkan sifat daripada bangsa indonesia.
    dari runtut kejadian sejarah terbentuknya NKRI,dimana NKRI telah terbangun dari bangsa indonesia terlahir 28 10 1928,meletakan pancasila sebagai dasarnya indonesia merdeka 1 06 1945, Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia 17 08 1945, hingga terbentuknya Negara Republik Indonesia 18 08 1945. Telah memberikan makna kepada kita. ternyata NKRI adalah bangsanya dulu terlahir baru kemudian Negara Republk Indonesia di bentuk. yang memaknakan bahwa bangsa indonesia berfungsi sebagai fondasi dan NRI sebagai bangunanny,sehingga jika bangsa bermasalah dapat di pastikan NRI akan bemasalah.

  111. sebenernya pancasila nggak pernah berubah,Tapi apa kita masih tau masih mengerti tentang pancasila??
    Penanaman budi pekerti di sekolah saja sudah sangat dikurangi dengan jam pengetahuan tentang technologi komputer.
    sebenarnya mungkin kita sendiri yang membodohkan bangsa dan negara kita.
    kita nggak peduli n gak memandang itu sebagai suatu nilai yang sesungguhnya.

  112. ooom,,,ommmm tolong ditanggapi!
    Sebenernya sapa yang salah???
    Mereka yang netapin pancasila ato qita yang nggak melestarikan????
    Generasi muda kadang nggak ada yang peduli dan tu tentang pancasila

  113. Apa ada yang poenya makalah ; Pancasila dan hubungan luar negeri? bagi donk………….

  114. Pancasila itu sebenarnya kan cuma istilah (bahasa sansekerta). Butir-butirnya bisa aja di ganti/amandemen. Misalnya:
    1.Jangan Mencuri
    2.Jangan Merampok
    3.Jangan Memperkosa
    4.Jangan Membunuh
    5.Jangan Menipu.
    Itu kalau negara ini memiliki rakyat yang sudah banyak melakukakan hal2 demikian.

    Nah, ada juga nih yang berbunyi demikian :
    1.Tidak boleh iri-irian
    2.Tidak diperbolehkan Korupsi
    3.Tidak boleh ngomongin orang lain
    4.Tidak boleh malas2an pada saat jam kerja
    5.Tidak boleh percaya takhayul.
    Ini juga berguna.
    Anda boleh aja buat pancasila di lingkungan anda sesuai kebutuhan.

    Tapi Pancasila yang menjadi Ideologi negara kita hanya ada satu yaitu yang tertera pada lambang negara. Jangan dirubah-rubah. Itu adalah karakter setiap warga negara Indonesia. “ILMU PENGETAHUAN ADALAH SEBAGAI KEKUATAN KITA, TAPI KARAKTER MEMILIKI KEMAMPUAN MELEBIHI KEKUATAN YANG ANDA MILIKI.”

  115. saudaraku sebangsa dan setanah air

    tolong resapi dan pahami….

    (((((apa yang saya tulis ini))))))

    baca baca baca baca…………………………………………..

    saya akan coba menanggapi beberapa coment

    “jikalau kita terus mengeluh, mengeluh, mengeluh dan mengeluh, maka tak akan ada habisnya………..

    “dan jika selalu saja mencari siapa yang salah maka hanya subjektifitas yang akan berkembang………….

    kalau mau di katakan siapa yang salah …..
    seluruh anak bangsa ini salah…..

    karena anak bangsa ini cenderung malas mengkaji sejarah…
    akhirnya asal asalan memberikan komentar tentang pancasila

    pancasila yang diletakan oleh pendiri bangsa ini sebagai dasarnya indonesia merdeka 1 juni 1945.

    makna 1 juni 1945. bukanlah hanya sekedar sebatas dasar indonesia merdeka saja.
    lebih dalam lagi, indonesia merdeka adalah tuntutan yang di dasarkan atas kehendak untuk mengangkat harkat dan martabat hidup orang indonesia asli. yang mana itu adalah merupakan sifat dari bangsa indonesia yang terlahir pada 28 oktober 1928 melalui momentum SUMPAH PEMUDA.

    artinya peletakan dasar indonesia merdeka mengindikasikan bahwa pancasila adalah alat untuk mengangkat harkat dan martabat hidup orang indonesia asli.

    oleh karena itu pancasila sebagai dasarnya indonesia merdeka,adalah merupakan sifat bangsa,

    karena pancasila membawa sifatnya bangsa indonesia…….

    setelah menjadi sifat bangsa maka pancasila akan menjadi sumber hukum untuk bangsa ini, yang kemudian pancasila akan mampu menstandarkan keyakinan. atau pancasila akan menjadi keyakinan standar untuk bangsa ini. keyakinan adalah landasan dasar kita dalam berfikir untuk melakukan suatu tindakan……
    setelah menjadi keyakinan standar maka pancasila barulah menjadi falsafah bangsa, yang memaknakan sikap keberpihakan terhadap pancasila…..
    sikap keberpihakan terhadap ………..

    Tuhan yang maha esa
    manusia yang adil dan beradab
    keutuhan dan kesatuan bangsa
    rakyat yang di pimpin oleh hikmah (orang yang selalu menggali ilmu pengetahuan) dalam permusyawaratan / perwakilan
    untuk mewujudkan keadilan sosial.

    oleh karena itu

    jika anak bangsa ini tak faham sejarah bangsanya sendiri tak akan mampu bangsa ini menjalankan pancasila secara murni…….
    yang ada pancasila hanya di jadikan tameng saja….
    hanya sebagai zargon belaka……
    hanya sebagai pajangan……
    tak tahu dan tak faham apa itu pancasila……
    akhirnya hanya mengeluh………

    wahai generasi bangsa marilah peras otak sekeras mungkin ……
    karena masa depan bangsa adalah tanggung jawab kita bersama……
    jangan pernah mengeluh ……..
    karena keluh adalah tanda kelemahan jiwa…………

  116. MKASIH

  117. analogi : Pancasila seperti tanah…baru digali oleh penggalinya…belum ditanami, sang petani maunya makan…maunya yang serba ajaib…padahal dia tidak pernah berbakti pada dirinya sendiri…kalau manusia indonesia mau makan sampai kenyang sekenyang perut Indonesia…maka tanam itu padi di tahah sendiri yang digali…teteskanlah keringat berdikasi yang intent, jangan meneteskan air mata manja kayak banci tenas keleng

  118. bukan golput yang haram tapi pemilu yang haram

  119. Kita perlu mengexplore bagaimana pancasila dapat diterapkan pada kehidupan nyata. Secara nilai, pancasila sudah diterima, tetapi secara perilaku belum diterapkan secara baik……….karena kita harus hati. Seorang pemikir biasanya tidak dapat lepas dari background dimana dia hidup. Karena itu mari bersama agar kita memiliki pemikiran bahwa semuanya dapat hidup di bumi indonesia

  120. pancasila itu pelajaran yang paling ribet & gak penting, cuma buat kepala pusing….

  121. pancasila sudah kaga relevan lagi itu yang gw dapet waktu ibu gw ngobrol ma temen2 arisannya

  122. ibu2 arisan mana mengerti apa itu………PANCASILA,,,,,,,,,,
    jangankan ibu ibu,,,,,, presiden kita aja ga ngerti apa itu PANCASILA……….
    kita generasi bangsa jangan cuma ngeluh…
    tapi berfikir …………
    wajar bila ada tanggapan bahwa PANCASILA itu seakan akan tidak relevan, sebab pancasila sejak 18 08 1945 sampai detik ini belum pernah dijalankan….
    dan yang menjadi indikasinya adalah ;
    UUD ( UNDANG UNDANG DASAR ) 1945 sampai detik ini belum pernah di jalankan…
    buktinya kita menjalankan pemilu. padahal UUD tidak melegitimasi berjalannya pemilu….
    karena, itu akan memecah belah persatuan bangsa..
    dan itu sangat jelas bertentangan dengan pancasila……

  123. menrt anda apakh yang tertera dlm uud 45 telh spnuhnya semprna?
    bila tidk yg menrt anda perlu diperbaiki didlmnya mengenai apa?
    trma ksh

    • yang tertera dalam uud 45 memang belum sempurna,
      sebelum di jawab alangkah baiknya jika kita tinjau NKRI secara filosofis terlebih dahulu.
      dari sanalah kita akan mampu melihat isi dalam uud 45 yang perlu di sempurnakan.
      berdasarkan sejarah, NKRI telah terbangun dari bangsa indonesia yang terlahir terlebih dahulu baru negaranya di bentuk kemudian.
      maknanya, filosofi NKRI itu ialah bangsa berfungsi sebagai pondasi dari negara republik indonesia.
      berarti secara kelembagaan kita harus memiliki lembaga bangsa ( MPR ) yang akan memberi mandat tunggal kepada lembaga negara ( eksekutif, legislatif, dan yudikatif ).
      tetapi akibat adanya klausul pasal 2 ayat 1 uud 45, yang menyatakan bahwa MPR terdiri dari DPR + Utusan golongan dan utusan daerah ( UG & UD ) maka keberadaan MPR menjadi ternegasikan. Padahal MPR lah yang berfungsi nantinya untuk menampung seluruh aspirasi rakyat, kemudian akan di susun dalam bentuk UUD dan GBHN lalu di mandatkan kepada Lembaga Negara ( eksekutif ( presiden ), Legislatif ( DPR ) , yudikatif ( MA ) ).
      dari uraian tersebut kita dapat tarik kesimpulan bahwa sejak di sahkannya UUD tanggal 18 agustus 1945 sampai detik ini , UUD 45 belum di jalankan karena masih ada klausul pasal 2 ayat 1 .
      oleh karena itu kita harus kembali kepada UUD 45 dan menyempurnakan pasal 2 ayat 1 dengan pernyataan MPR adalah lembaga bangsa yang terdiri dari wakil wakil rakyat.
      dengan demikian nantinya UUD 45 akan dapat di jalankan dan kedaulatan rakyat akan tegak.

  124. pancasila sebagai dasar negara yang final harus terus dijaga. jangan sampai negara yang lahir dari kesatuan dengan adanya pancasila dirombak dengan kekuata-kekuatan yagn menghambat persatuan

  125. Pancasila maw di jadikan ideologi.. Padahal skrng orang2 udah berideologi international. Apa bisa pancasila ngerubah anak2 zaman sekarang yg udah kena efek globalisasi??

  126. wadoooh….
    globalisasi lgh…global warming lagh…
    bnyag amad sii beban INDONESIA???

  127. mengapa sekarang banyak orang yang gak ngerti sila sila dlm Pancasila ya ?????????? Padahal kalo mau menghayati butir Pancasila maka pasti negara kita akan makin aman tentram…………… mungkin loooochhhhhh………….

  128. Pancasila tidak cuma tau tapi harus ngerti. Artikel ini bagus karena memuat penjabaran Pancasila.

  129. saudaraku sebangsa dan setanah air….

    ada yang mau w tanyain….
    bagaimana cara untuk mewujudkan nilai-nilai luhur yang terkandung didalam pancasila….??

  130. mari kita membahas..
    bantu aku iia..

    Ada pandangan yang mengatakan bahwa lahirnya pancasila diihlami gagasan-gagasan besar dunia dan pengalaman bangsa lain. dan ada pula yang mengatakan bahwa pancasila berakar pada kepribadian bangsa Indonesia sendiri.
    Apakah dari dua pernyataan tersebut tidak saling bertentangan, dan apakah memang pancasila sebagai ideologi gado-gado?

    mhon di balas iia..

  131. sdhkah hukum di indonesia ini baik adanya? PANCASILA perlu dirubah nggk sich? kok ancur indonesia

  132. Kandungan pancasila pantas menjadi undang-undangnya dunia

  133. Mengapa sampai saat ini masih banyak juga para petinggi negara yang selalu bermain-main dengan jabtannya?
    Bahkan ternyata,banyak sekali ilmu dan peradaban yang bisa kita dapatkan demi kemajuan dan perbaikan hidup?
    MUngkin sebaiknya di adakan seleksi lebih ketat dalam pengangkatan para pejabat negara, agar tidak salah kaprah saat nanti beliau menjabat. bukan cuma gelar yang di lihat, tapi kepribadian dan tabi’atnya pun harus dan bahkan wajib di lihat lebih dalam. sebelum beliau-beliau nanti menjadi seorang pejabat negara.

  134. nilai nilai pancasila itu sangat luhur sekali tetapi bagaimana cara menerapkannya? soalnya masih banyak orang yang berprilaku tidak sesuai dengan pancasila, ada yang korupsilah, masih ada yang dibawah kemiskinan, dll.

  135. Coba terangkan apa itu Nilai dan Filsafat Pancasila!!!!!!
    kaga ngerti neh!!

  136. kurang lengkap bwt makalah gue nich

  137. kulo nuwun makalah kulo kok ora ono seng nyantol je tulung YO

  138. nilai-nilai apa saja yang terkandung dalam sila….ketuhanan yang maha esa..
    klo da yang tau tolong kirim ke email q a ..!!! {faisal_aloeng@yahoo.co.id}..
    thanks …../

  139. contoh implikasi tenggang rasa dalam pemerintah dan masyarakat apa seh…???

  140. artikel yg bagus untuk ilmu pendidikan….semangaaaaat…

  141. bagus yang ada pada artikel ini
    terimakasih

  142. Seandainya saja nilai2 yg trkandung dlm Pancasila itu dpt dinyatakan dlm kehidupan berbangsa kita…..pastilah semua dpt brjln sesuai dgn cita2 bangsa kita yaitu mencapai masyarakat adil & makmur…..

  143. YA AMPUN PANCASILA PUSING BNGT SIH …….. PLISSS DEH ….. BOOOOOOONNGGGGG BNNNGGGTTTTT

  144. sebenarnya masih banyak kalangan kalangan itu sendiri yang tidak tahu makna makna yang diatas..

  145. korupsi bertentangan dengan semua sila pada Pancasila, tidak ada satu silapun yang membenarkan korupsi.
    Pejabat yang korupsi adalah pejabat yang tidak mengamalkan Pancasila.

  146. jgn banyak komenter .buat negara lo….
    tapi banyak berbuat untuk negara loooooo…..

  147. bagi yg tlah buka n hal, koment lah bukan apa apa juga tp se enggak’y kita kn bisa tau bhwa msh ada dan perduli para anak anak bangsa akan bangsa’y dengan mencari halaman halaman seperti ini. sehingga kita bisa tahu hal-hal apa saja yang dapat kita lakukan untuk mningkatkan nilai-nilai pancasila bukan’y justru malah mnurunkan nilai-nilai’y. uke dan sorry klo banyak ngemeng saya dcn, makasih

  148. mari pemuda indonesia yg cinta & perduli terhadap identitas bangsa ini yaitu pancasila untuk mempererat dan memperjuangkan dasar negara ini tetap berada d’hati seluruh indonesia..bergabung di group Kembali Kepada Panca Sila – Sosialisme Ala Indonesia di Link:

    http://www.facebook.com/home.php#!/group.php?gid=124508490917688

    d’sana mari kita berdiskusi,,dan memberi kan pelajaran terhadap kawan” kita yg mungkin sudah sedikit luntur jiwa nasionalisnya,dan mungkin juga ada yg belum paham tentang pancasila.

    d’harapkan kawan” bisa berbagi di dalam group tersebut.

  149. huhuhuhu..
    besok ada test…baru yang masuk tentang pancasila dan undang2…
    moga2 bisa jawab dengan baik yah..

  150. tolong doooong kasih aku ref uud 1945 dan pancasila……………

  151. iya aq jga……………….

  152. * Pancasila sebagai dasar negara bukan untuk digali,bahaya nanti lubangnya makin dalammmmmm, Pancasila sebagai landasan Negara KRI perlu di lestarikan diajarkan kepada anak-anak bangsa dan Para Pejabat.
    * Dahulu ada Lembaga Negara yang namanya BP7, setiap calon pejabat / Pejabat mesti ditatar / di kawah candra dimuka BP7
    * Otonomi Daerah menimbulkan rasa ke egoaan daerah dan sikap anggkuh raja-raja kecil di daerah Otonom.
    * Saran saya agar para pembesar didaerah ditatar kembali oleh semacam Lembaga BP7

  153. Pancasila yang terkandung dalam alinea keempat Pembukaan UUD 1945 tersebut ditetapkan sebagai dasar negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 18 Agustus 1945 yang dapat dianggap sebagai penjelmaan kehendak seluruh rakyat Indonesia yang merdeka. hal ini menunjukkan bahwa,pada awal mula kemerdekaan kita,bangsa kita sangat mengharapkan bahwa Pancasila sungguh dapat berperan dan menjadi pedoman dalam kemajuan negara dan bangsa kita.
    Tapi,dewasa ini, ini lah yang menjadi suatu permasalahan, Pancasila yang dianggap sebagai perwujudan kehendak seluruh masyarakat Indonesia yang merdeka,sekarang ini tidak tampak pengaruh nya lagi bagi masyarakat Indonesia.
    Oleh karena itu, harus adanya suatu usaha untuk mewujudkan Pancasila,seperti apa yang dikehendaki oleh masyarakat Indonesia yang telah merdeka, yang tidak lagi dijajah oleh bangsa luar.

  154. Jd kpn c lahirny nilai2 pancasila?kpn jg lahir istilah itu?kpn lahirny menjadi dsr negara qt?

  155. pncasila lhr dri dax ne2k moyag kta dlu

  156. dalam uud 45, apa saja pasal-pasal yang dijiwai oleh sila 1, 2, 3, 4, 5 ??????

  157. Pancasila yang terkandung dalam alinea keempat Pembukaan UUD 1945 tersebut ditetapkan sebagai dasar negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 18 Agustus 1945 yang dapat dianggap sebagai penjelmaan kehendak seluruh rakyat Indonesia yang merdeka. hal ini menunjukkan bahwa,pada awal mula kemerdekaan kita,bangsa kita sangat mengharapkan bahwa Pancasila sungguh dapat berperan dan menjadi pedoman dalam kemajuan negara dan bangsa kita. Nah untuk itu mari kita sebagai generasi penerus bangsa kita selalu lestarikan budaya Pancasila dlm kehidupan sehari2, jangan terlena denganb arus globalisasi sehinga kita lupa akan jati diri. mari kita tetep lestarikan Pancasila. ok

  158. kakak2 kassi tau akku donk apa ajja contoh dri nilai dasar,nilai instrumental,ma nilai praksis???? huhuhu akk gag tauu

  159. Thanks Yah GaN,,,,

  160. Pancasila adalah landasan hidup negara indonesia. marilah didik dan bekali anak cucu kita dgn pancasila….. agar kelak bangsa kita dapat sejajar dgn negara-negara digdaya.

  161. Sepertinya negara kita sudah tidak membutuhkan.

  162. bank, sya copy y tulisanny…
    @ ixidential.wordpress.com

  163. gw pengen bangeet lw nilai2 pancasila itu bs di terapkan dlm masyarakat

    ngan cma ngmg ajaaaaaaaa
    ingeeet,indonesia terkanal dgn semboyan PANCASILA

  164. pancasila, UUD 1945 ….Harga mati

  165. ♥pancasila♥

    • saya bangga menjadi anak indonesia

  166. sebenarnya islam mempunyai pandangan yang lebih luas dari nasionalis
    kunjungi blog saya ya
    http://www.ngobrolislami.wordpress.com

    ferry

    • pancasila sekarang memang hanya simbol saja,,,indonesia gakan pernah maju kalo dasar negaranya tidak di jalankan…
      mari putra-putri indonesia generasi penerus bangsa, kita jungjung tinggi nilai-nilai pancasila ini

  167. kalo sja kta sdar akan pancasila,pemerintah,pejabat peduli pada rakyat,tidak mementingkan diri sendiri dan golongan.dan masyarakat pun harus bersatu dan membantu pemerintah dan juga mahasiswa slalu mencari solusi bkan demo anarki,karena mahasiswa sbagai generasi penerus bangsa ko bkan kita-kita siapa lagi. dan lebih baik lagi pengetahuan,kpintaran kita dsatukan dengan agama kita, didasri dengan agama indonesia PASTI MAJUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUU.
    BERSATUAH INDONESIAKU I LOVE YOU …….

  168. Oh Republik Indonesiaku. Ketika pesawat-pesawat tempur Republik Indonesia yang dibayar angsur itu terbang, perasaanku sempat merinding dan sempat yakin Indonesia masih ada. Konon pesawat-pesawat itu tak bisa terbang karena terbatasnya anggaran. Sedih. Kalau saja sumber-sumber alam Indonesia dikelola lebih menguntungkan Indonesia seperti negara-negara Amerika Latinnya Evo Morales, Hugo Chaves atau Kubanya Fidel Castro, kalau saja negeri ini dipimpin oleh pemimpin-pemimpin yang peduli rakyat negara dan bangsa seperti negara-negara tersebut yang tidak mau dibohongi negara lain, lebih suka berdikari dan sumber alam penting digunakan sebesarnya kemakmuran rakyat, korupsi teri dan kakap diberantas benar, jenderal-jenderal polisi dan tentara semuanya dan anggota-anggota DPR yang ikut bermain sandiwara dan pengkhianat rakyat memang benar-benar sayang rakyat dan negara, mau memberi contoh hidup sederhana dan anti korupsi dan memberantas korupsi benar-benar, bukan pura-pura, atau pencitraan, tapi hidup sederhana sesederhana rakyat yang dibuat miskin, dalam merdeka lama, aku yakin Indonesia akan hebat seperti cita-cita Sukarno dan menjadi seperti negara-negara lain tersebut. Tapi mengapa negeri ini dibuat begini? Ketika aku ingat kenyataan Indonesia saat ini, bukan seperti yang dicita-citakan Sukarno, sekejap pun hilang kebanggaanku melihat pesawat-pesawat tempur itu terbang. Hilang lenyap pula perasaanku yang tadi sempat merinding dan sempat yakin Republik Indonesia masih ada.

  169. apa pendapat kalian tentang pancasila yaang dulu dng yg sekaran

  170. [...] http://pormadi.wordpress.com/2007/10/01/nilai-nilai-pancasila-dan-uud-1945/ [...]

  171. [...] NILAI-NILAI PANCASILA DAN UUD 1945 [...]

  172. Kembalikan Pancasila sebagai Dasar Negara saja

    Sesuai dengan ide, gagasan Ir Soekarno yang disampaikannya dalam pidatonya “Lahirnya Pancasila” dalam sidang BPUUPKI pada 1 Juni 1945, bahwa Pancasila itu hanya sebatas “Philosophische grondslag”, “Weltanschauung”, Dasar Negara Indonesia Merdeka, maka kembalikanlah Pancasila itu hanya sebagai Dasar Negara saja, bukan sebagai Dasar Moral. Nasionalisme, demokratisme, sosialisme, komunisme, Islam adalah “Weltanschauung”.

    Selama empat belas tahun pertama sejak Proklamasi Kemerdekaan Negara Republik Indonesia, yaitu dari 1945 sampai 1958, hampir boleh dikatakan bahwa Pancasila dikenali hanya terbatas sebagai Dasar Negara Republik Indonesia.

    Pada awalnya Pancasila itu adalah formulasi (perumusan) dari gagasan Ir Soekarno yang diperkenalkannya pada hari keempat sidang pertama Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPKI) tanggal 1 Juni 1945 tentang dasar Indonesia Merdeka yang kemudian diterima dalam Piagam Jakarta, dan yang selanjutnya direvisi dalam Pembukaan UUD-45.

    Baru sejak tahun 1978 secara sistimatis dan terencana, dikembangkan konsep Pancasila sebagai ajaran Moral Bangsa Indonesia, sebagai ajaran Moral Bangsa Indonesia, sebagai Asas Moral bagi kehidupan bangsa Indonesia. Mulai dari kehidupan berpolitik, berekonomi, sampai kehidupan pribadi dan berkeluarga diatur, berapa jumlah anak, bagaimana isi dakwah setahap demi setahap diarahkan, diatur, ditata oleh negara.

    Setelah ditetapkan Pancasila sebagai Asas Tunggal, maka disini pancasila berperan mengatur sikap dan tingkah laku orang Indonesia masing-masing dalam hubungannya dengan Tuhan Yang maha Esa (Ketuhanan Yang maha Esa), dengan sesama manusia (Kemanusiaan yang adil dan beradab), dengan tanah air dan nusa bangsa Indonesia (Kebangsaan atau Nasionalisme), dengan kekuasaan dan pemerintahan negara (Kerakyatan), dan dengan negara sebagai kesatuan sosial dalam rangka realisasi kesejahteraan (Keadilan Sosial). Dalam hubungan ini sementara pengamat mempertanyakan apakah negara/pemerintah, MPR berhak mengatur, membina hati nurani masing-masing individu ?

    Dalam wilayah, daulah, negara yang berpenduduk Muslim, maka konsekwensi logisnya yang layak diberlakukan adalah Hukum Islam (Simak antara lain KH Firdaus AN : “Dosa-Dosa Yang Tak Boleh Berulang Lagi”, Pedomaan Ilmu Jaya, 1992, hal 32-33. Sayangnya KH Firdaus AN tak memiliki kemampuan (kepemimpinan, leadership) untuk mewujudkan, merealisasikan idenya agar “Dosa-Dosa Politik Orla dan Orba Tak Berulang lagi”).

    Dalam hubungan ini, menurut pandangan KH Firdaus AN “Teks Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang dibacakan Soekarno adalah teks yang tidak sah alias tidak otentik. Karena sama sekali tidak sesuai dengan apa yang telah diputuskan oleh BPUUPKI”. Dengan kata lian telah terjadi penyimpangan, sekaligus pengkhianatan terhadap Islam” (SABILI, 29 Januari 1999, REPUBLIKA, Kamis, 28 Januari 1999, hal 3).

    Selama Pancasila dan UUD-45 menjadi nomor satu dalam negara RI; Islam, AlQur^an dan AsSunnah jadi nomor dua, itu berarti semangat jihad kaum Muslimin belumlah optimal. Dan itu aalah hal yang cukup memalukan dalam suatu negara yang penduduknya hamper 90% memeluk agama Islam. Itu satu bukti bahwa iman dan kesadaraan beragama terlalu lemah dan melempem (KH Firdaus An : “Dosa-Dosa Politik Orla dan Orba Yang Tak Boleh Berulang Lagi di Era Reformasi”, Pustaka AlKautsar, Jakarta, 1999:190).

    Yang ideal, di Indonesia cukup memiliki dua buah partai politik, Yaitu Partai Islam dan yang satu lagi Partai Pancasila. Di negara-negara besar yang matang demokrasinya cuma ada dua partai politik. Dengan itu rakyat mudah menentukan pilihannya dan mudah pula menentukan lawan dan kawan. Bagi yang tidak setuju ideology Islam silakan masuk partai Pancasila, dan yang bercita-cita untuk kejayaan Islam dan kaum Muslimin, silakan masuk Partai Islam (idem, hal 186). Dengan demikian bisa pula diatasi gerakan jihad yang dicap sebagai teroris. Semua yang bercita-cita untuk kejayaan Islam dan kaum Muslim diberikan kesempatan berjuang secara demokratis (musyawarah mufakat) dalam sidang DPR/MPR, seperti yang pernah ditawarkan oleh Soekarno pada sidang BPUUPKI pada 1 Juni 1945 yang dikenal dengan hari Lahirnya Pancasila.

    (BKS11105301630)

    • orang NII ya mas yah?? hahahaha..
      kalo urusan individu dengan agamanya ya jelas memakai ideologi agamanya..
      tapi kalo urusan Individu dengan negaranya ya jelas memakai ideologi negara yaitu Pancasila.. jadi jangan dicampur-campur, karena agama di Indonesia tidak hanya Islam (walaupun saya juga Islam, tapi saya bisa membedakan antara urusan beragama dengan urusan bernegara)..

  173. mau sekedar tanya nih..
    nilai-nilai pancasila itu apa aja ya?
    (mohon bantuannya)

  174. Pncasila adlh dasar negara kita, kalu dasarnya kuat insya Allah negara kita akan mnjadi negar yg sngat kuat

  175. dari kcil sy didoktrin mngenai pancasila, smpai ktika sy beranjak dewasa baru sy sadar utk apa mengukuhkan dalam hati apa yg tdk disebutkan dlm alquran dan sunah, utk apa sy membangga2kan alquran klo aturan yg sy pakai skrg bkn aturan dlm alquran, artinya di negara ini alquran adalah sampah.

    • wah… anda religius sekali. Urusan agama di dalam diri sendiri (pribadi masing-masing). Asal anda tau, agama tidak menyelamatkan manusia? Agama itu hanya pedoman bahwa kita manusia percaya adanya Tuhan Yang Maha Kuasa. Tp, urusan negara adalah urusan bersama seluruh bangsa yang dimana dalam menyatukan pemikiran-pemikiran banyak orang harus ada landasannya yaitu PANCASILA. Indonesia merupakan negara majemuk dan itu adalah Karunia. Hanya kita sebagai bangsa Indonesia yang memiliki Pancasila dan Karunia, negara lain tidak mempunyai dua hal tersebut.

  176. makasih..!!!

  177. kakak .. aku boleh nnya ya ,
    karna ini kepanangan jadi aku mau yang singkat aja deh

    nilai-nilai luhur / butir” yang terkandung dalam pancasila itu apa aja ? maaf maklum kelas 8 / 2 smp :)

    Thanks a lot kalo mau bantu

  178. Apabila kita mau berfikir jernih dengan sikap arif dan bijak serta kejujuran intelektualitas, minimal esensi palsafah negara akan terimplentatif dalam berkehidupan.

    Hari ini, orang telah banyak melupakan bahkan meninggalkan secara faktual falsafah dari sebuah pemikiran Nusantara murni yang ditulis oleh kakek Sabdopalon yaitu Empu Tantular dalam kitab SUTOSOMA:

    yang tertulis secara redaksional BHINNEKA TUNGGAL IKA, secara harfiah denga arti “WALAUPUN BERPISAH-PISAH TETAPI TETAP BERSATU”.

    Artinya: IKA adalah SATU, TUNGGAL adalah SATU-SATUNYA dan EKA atau ESA adalah SATU KESATUAN secara maknawiyah adalah “MONOTHEISME.

  179. snang nya blajar pancasilaaaaaaaaaaaaa iy gggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggg…….:p

    • q g seeeennnaaannng bljr pancasila bkinnnnn ngntuk >>>>>>>>>>>

  180. apa sih contoh nilai juang pada proses perumusan pancasila sebagai dasar negara ?

  181. Terimakasih atas pembahasannya yang sangat mendetil, semoga saja Nilai-nilai PANCASILA Ini dapat dilaksanakan sepenuhnya Pemeritah dan Seluruh Bangsa Indonesia demi mencapai Negara Indonesia yang adil, makmur, maju, dan kuat dalam segala bidang.

  182. Terima kasih atas materinya..

    saya cukup puas dengan apa yang saya temukan.

  183. Thanks buat penjelasan yang akurat dan membuat saya semakin banyak mengerti tentang pancasila dan ideologinya, dan disini kita bisa memahami bahwa yg salah dan yg membuat kesalahan itu oknum yg tertentu saja tapi khususnya pancasila dan butir-butirnya mempunyai keistimewaan dalam membangun bangsa dan negara menuju kepada kemakmuran rakyat indosia yg adil dan bermartabat, impian itu bisa dapat terwujud apabila kita dapat mengaplikaskan pancasila dan asas-asas pokoknya menjadi bagian dalam kehidupan kita…..amiiin

  184. tolonk jelaskan kronologis lahirnya pancasila donk dan nilai pancasila pra reformasi dan pasca reformasi…tanks.

  185. [...] SUMBER : http://pormadi.wordpress.com [...]

  186. “KEADILAN SOSIAL BAGI SELURUH RAKYAT INDONESIA”

    I like<3

  187. tolong berikan contoh hubungan secara material dalam hubungan antara pembukaan UUD1945 dengan pancasila??????

  188. pancasilla tu penting buuuangeeetd

  189. [...] http://pormadi.wordpress.com/2007/10/01/nilai-nilai-pancasila-dan-uud-1945/ [...]

  190. amalan pemimpin & rakyat kita masih sangat jauh skali dr pancasila

  191. Hormat dan taqwa pada Tuhan YME. Tuhan YME itu abstrak, jadi meskipun ada orang yang menganggap dirinya atheis pun dia tetap memiliki sesuatu hal yang dianggap sebagai Tuhan YME entah itu dalam wujud materi ataupun wujud fisik lainnya. Jadi dapat dikatakan bahwa pancasila itu berarti menghargai semua orang di seluruh dunia, terutama yang tinggal di Indonesia. Jadi itulah tingkat toleransi yang harus kita miliki sebagai warga negara Indonesia apabila kita menganut Pancasila. Dan bukan agamanya yang penting. Tapi sikap dan perilaku kita sebagai manusia, karena kita hidup sejajar dengan orang lain.

  192. apa sih bedanya pancasila dan uud 1945 ?

    • Jiahhh…. nih lagi, udah dikasih tau sejak SD masa gak hafal2 juga sih?? Kamu warga negara indonesia, bukan?? Tau gak isi UUD 45 dari pembukaannya??…… Wkwkwkwkwkwkwkwk. “Apa bedanya???” Pertanyaan teraneh sepanjang masa. Mudah2an kamu bukan dosen yang mengajar pancasila dan kewarganegaraan yang bergelar profesor atau bergelar sarjana manapun. Karena kalo dengan pertanyaan kamu seperti ini, ini sama saja kamu menjatuhkan dan mempermalukan profesi kamu sebagai dosen dan gelar kamu sebagai profesor dan sebagai sarjana. Bisa diketawain kamu nanti oleh banyak orang, sepeti saya ini. Wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk.

      Kalo gak tau atau gak hafal mendingan cari di internet soal UUD 45 dan pancasila, sono. Wkwkwkwkwkwkwkwk. Lucu.

  193. Saya tekankan sekali lagi bahwa pengertian bahwa percaya dan taqwa kepada Tuhan itu abstrak. Karena seperti yang saya bilang meskipun ada orang yang menganggap dirinya atheis pun dia tetap memiliki sesuatu hal yang dianggap sebagai Tuhan YME entah itu dalam wujud materi ataupun wujud fisik lainnya (secara tidak sadar). Maka dari itu pengertian bahwa harus bertaqwa (menuruti perintah) pada Tuhan YME sebenarnya seperti memaksakan doktrin bahwa kita semua harus menganut suatu ajaran yang mempercayai bahwa Tuhan itu maha Esa, tanpa memikirkan nasib dari orang2 yang mengaku dirinya sebagai atheis. Entah itu abstraklah atau tidak. Dan sialnya pemerintah kita itu memiliki kebijakan licik dengan memerintah semua rakyat untuk memiliki KTP dengan info tentang agama yang dianut. Supaya semua orang yang mengaku dirinya sebagai atheis tersingkirkan dari Indonesia atau kalo gak terpaksa untuk memilih agama, meskipun dia tidak menyukainya. Seperti memaksa orang untuk berbohong kalo begitu jadinya ya kan.

    Padahal kalo kita melihat dari UUD 45-nya secara langsung sudah sangat jelas bahwa kita itu harus berdasarkan kepada: ke-Tuhan YME, bukan bertaqwa kepada Tuhan YME. Artinya adalah mau kita memiliki ajaran yang mempercayai satu Tuhan atau bertuhan banyak atau tidak ada Tuhan sekalipun atau mau kita bertaqwa pada satu Tuhan atau tidak, kita tidak boleh yang namanya menyangkal pengakuan terhadap KeTuhanan YME. Kalo kita menyangkal pengakuan terhadap KeTuhanan YME maka kita melanggar dasar negara kita yaitu pancasila. Dan bentuk2 penyangkalan pengakuan terhadap KeTuhanan YME adalah sebagai berikut:
    1. Pertama, apabila kita mengakui bahwa Tuhan itu banyak atau Tuhan itu tidak ada atau melanggar keesaan Tuhan.
    2. Dan yang kedua yang harus diperhatikan adalah apabila kita menuntut dan menghukum manusia yang melanggar keesaan Tuhan dan perintah Tuhan. Karena kalo kita melakukan hal itu sama saja kita menjadikan diri kita sebagai tuhan, dan itu juga berarti melanggar dasar negara kita yaitu pancasila (melanggar keesaan tuhan).
    Itulah kenapa saya bilang pancasila itu mewakili dan menghargai semua orang di dunia terutama di Indonesia.

    Karena kalo kita ambil kesimpulan dari pernyataan saya di atas adalah pancasila itu memang sakti, karena bisa menutup dan membungkam semua “mulut2” jahat yang berniat untuk menghakimi dan menghukum semua manusia yang dianggap melakukan dosa (perintah Tuhan). Jadi meskipun ada orang yang ngaku2 atheis, tidak akan ada orang yang bisa menghakimi dan menghukum orang yang ngaku atheis tsb. Satu2nya hal yang bisa kita nilai adalah moral dan perilaku kita sebagai manusia terhadap orang lain. Dan dari situlah kita bisa menuntut keadilan bukan penghakiman yang seharusnya menjadi hak milik Tuhan. Ngerti.

  194. Satu lagi yang perlu kita cermati adalah pengertian bahwa harus bertaqwa pada Tuhan bisa membuat beberapa orang memiliki pemikiran2 busuk untuk mendirikan suatu negara agama. Misalnya kayak NII tsb, karena dengan ideologi islam mereka, mereka berpikir bahwa islam-lah satu2nya ajaran dan agama yang mempercayai bahwa Tuhan itu Maha Esa. Makanya mereka berani untuk memiliki ide untuk mendirikan negara islam di Republik ini. Makanya saya tekankan sekali lagi bahwa:

    “1. Ketuhanan Yang Maha Esa
    Makna sila ini adalah:
    * Percaya dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab.”

    adalah suatu doktrin, dimana doktrin tsb merupakan kesalahan terbesar yang dilakukan oleh warga negara indonesia yang tercinta ini. Ini adalah doktrin terbodoh sepanjang masa. Saya berharap bahwa tidak pernah ada lagi doktrin seperti ini di manapun terutama di tempat2 pendidikan sekalipun. Yang ada hanyalah Negara Pancasila bukan negara agama…… titik.

  195. [...] http://pormadi.wordpress.com/2007/10/01/nilai-nilai-pancasila-dan-uud-1945/ ( diakses pada tanggal 14/09/2012, pukul 20.15). [...]

  196. bagus nihh,lumayan buat ngafalin

  197. Pancasila tidak ada artinya bagi yang tdak mw mgerti bung. . . .
    Tdakkah kita sebagai warga indonesia, atas perjuangan mmbela kmerdekaan RI. Tidak merasa kasihankah kita kepada para pejuang kita?? Penghianatlah bagi warga asli indonesia yg menganggap pancasila adl mitos, kurang ajar jadi org klau begitu. Sebaiknya jangan tinggal di indonesia klau begitu. Anak2 asu

  198. Demokrasi Pancasila Sebagai “WAY OF LIFE”
    _cara hidup dalam bidang pendidikan_
    informasi lebih lanjut, pelajari pancasila yg sesungguhnya

  199. Demokrasi Pancasila Sebagai “WAY OF LIFE”
    _cara hidup dalam bidang pendidikan_
    meliputi:
    ¤segala pendapat yg mgenai masalah kenegaraan dan lain2 yg menyangkut kehidupan negara diselesaikan lewat lembaga negara.
    ¤cara diskusi atau dialog, pertukaran fikiran yg bebas.
    Prinsip demokrasi itu adl intrinsik (dari dalam) yaitu das libendes mit-sein yg dilaksanakan dlm bentuk berbangsa dan bernegara.
    informasi lebih lanjut, pelajari pancasila yg sesungguhnya

  200. hem,,,,, mari tingkatkan kedisiplinan , kalau Indonesia bisa menerapkan kedisiplinan terutama disiplin waktu ,maka Insayallah saya yakin Indonesia akan mengalami perubahan yang besar.

  201. minta izin d copas yahh…
    for makalah

  202. Reblogged this on pujidotorg.

  203. gimana sih??!
    orang nyari lain yang keluar lain

  204. ijin ikut baca gan…

  205. [...] http://pormadi.wordpress.com/2007/10/01/nilai-nilai-pancasila-dan-uud-1945/ [...]

  206. kunjungan pertama, lumayan untuk referensi

  207. aq mau nyari sikap fositif nilai pancasila ?? bikin aq puyeng

  208. pembukaan UUD memiliki nilai Universal Universal itu apa ya ? makasih

  209. Sila Pertama Pancasila- Ketuhanan YME tapi dalam Pembukaan UUD 45 disebutkan Berkata Rakhmat Allah, Kenapa tidak berakat Rakhmat Tuhana YME. Mohon dijelaskan. Makasih!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 48 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: