JAMAN RENAISSANCE (ABAD XV-XVI)

JAMAN RENAISSANCE (ABAD XV-XVI)

Renaissance berarti “lahir kembali”. Pengertian riilnya adalah manusia mulai memiliki kesadaran-kesadaran baru yang mengedepankan nilai dan keluhuran manusia. Suasana dan budaya berpikirnya memang melukiskan “kembali” kepada semangat awali, yaitu semangat filsafat Yunani kuno yang mengedepankan penghargaan terhadap kodrat manusia itu sendiri.

Jaman ini lebih merupakan gerakan kebudayaan daripada aliran filsafat. Keluhuran dan kehebatan manusia tampak dalam ungkapan-ungkapan seni hasil karya manusia.

Politik tidak lagi dipikirkan dalam kaitannya dengan iman dan agama, tetapi dengan politik itu sendiri, sebab politik mempunyai etika dan moralnya sendiri. Etika politk adalah etika kekuasaan, artinya tunduk pada pertimbangan-pertimbangan kestabilan dan keselamatan negara, bangsa, pemerintahan dan kekuasaan.

Bila abad pertengahan memegang teguh konsep ilmu pengetahuan sebagai rangkaian argumentasi, jaman renaissance merombaknya dengan paham baru, yaitu bahwa ilmu pengetahuan itu adalah soal eksperimentasi. Pembuktian kebenaran bukan lagi pembuktian argumentatif-spekulatif, melainkan eksperimental-matematis-kalkulatif.

Tokoh-tokohnya antara lai: Galileo Galilei, Hobbes, Newton, Bacon.

 Boleh disimpulkan bahwa jaman renaissance adalah jaman pendobrakan manusia untuk setia dan konstan dengan jati dirinya. Jaman ini sekaligus menggulirkan semangat baru yang menghebohkan, terutama dalam hubungannya dengan karya seni, ilmu pengetahuan, sastra dan aneka kreativitas manusia yang lain. Di sini filsafat memegang fungsinya yang baru yaitu meletakkan dasar-dasar bangunan pengembangan aneka ilmu alam/ pasti yang merintis hadirnya tekhnologi-tekhnologi seperti yang kita nikmati sekarang ini.

About these ads

6 Tanggapan

  1. bagaimana perkembangan fisika pada zaman renaissance?
    please di jawab!!!

    • baik-baik saja “”””” dan jangan khawatir fisika masih sama seperti dulu //////////// ??????

  2. Saya mau tanya mengenai keseluruhan zaman renaissance, saat itu, dikenal dengan abad pertengahan gelap, bagaimana mereka dapat keluar dari abad tersebut, dan perubahan-perubahan apa saja yang menjadi dampak bagi kehidupan saat sekarang ini, tolong dipostingkan artikel yang sedemikian, sehingga dapat menambah wawasan bagi para pembaca, maupun pencari informasi

  3. Renaissance membawa manusia pada zaman baru yang mendorong manusia menuju kehidupan dunia yang lebih baik. IImu politik dan ilmu pengetahuan (sains) berkembang dengan sangat cepatnya, namun sayangnya bersamaan dengan itu tatanan hidup yang semula mengacu pada agama berubah kembali melupakan aturan keagaman dan terjadi pendobrakan terhadap aturan Tuhan yang dianggap “merugikan atau membatasi” kehidupan manusia. Karena itu dijaman sekarang seharusnya kita bisa mensikronkan perkembangan budaya dengan aturan Tuhan

  4. Saya ikut baca dan kutip, daripada buka buku repot. Gambar garuda dan merah putihnya cari yang bagus, mas. Saya kemarin lihat di postingan teman ketika cari Identitas Nasional. Coba aja minta copi. Maju terus!

  5. saya copy ya…………..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 46 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: