Ex-Ketua FPI Surabaya Murtad

Pengantar Redaksi:
Informasi dari salah seorang anggota milis debate_religius seperti saya kutip di bawah ini. Apakan ada pembaca, khususnya para pembaca Jawa Timur, mengetahui kebenaran informasi ini?

==================================
To: debate_religious@yahoogroups.com
From: “gkrantau” Add to Address Book
Yahoo! DomainKeys has confirmed that this message was sent by yahoogroups.com. Learn more
Date: Fri, 02 Nov 2007 02:04:08 -0000
Subject: [debate_religious] Ex-Ketua FPI Surabaya murtad
==================================
Ex-Ketua FPI Surabaya Murtad

MINGGU LALU aku menerima sebuah CD yg berisi kesaksian mantan Ketua FPI Surabaya (Makruh Atamimi?) yg telah menerima Yesus sbg Juruselamatnya.

Bagi aku yg sangat penting dan harus kita syukuri ialah bhw niat dia dan anggota2 FPI Surabaya untuk membunuh sejumlah pendeta dan membakar sejumlah gereja tidak terlaksana krn murtadnya.

Kita harus bersyukur kpd Tuhan-Allah pencipta dunia dan seluruh isinya yg telah berkenan membimbing orang ini untuk mengurungkan niat jahatnya. Puluhan mungkin ratusan orang yg tidak bersalah apalagi berdosa terlepas dari renggutan nyawanya. Puluhan anak2 tidak kehilangan orang tuanya dan bisa tumbuh menjadi warga negara Indonesia yg bermanfaat bagi sesamanya. Tempat2 ibadah yg sangat sukar untuk dibangun krn alotnya untuk memperoleh ijin membangun juga selamat. Begitu juga konflik sara yg mungkin saja timbul akibat tindakan anarkis yg sudah rapi direncanakan bisa dihindari.

God does move in mysterious ways. Amen.

Gabriela Rantau

__._,_.___

About these ads

164 Tanggapan

  1. Sore, ada penjelasan dari blog tim FAKTA, silakan baca disini:
    http://timfakta.blogspot.com/2007/10/habib-paulus-mohamad-ali-mahkrus-ata.html
    disitu dapat kita ketahui identitas aslinya, dan oknum ini mengeruk keuntungan dari Islam dan Kristen, ujung2nya mengadu domba..

    • “Cara berfikir primitif, egois, mau menangnya sendiri, merasa paling benar & paling suci, tidak adanya KASIH terhadap sesama, itulah kaum radikal.” Membunuh, berjuang dengan kekerasan dengan mengatas namakan Allah, Allah yang mana???. Mempermalukan agamanya sendiri???… Tidakah kita bisa hidup saling berdampingan satu dengan lainnya tanpa membedakan agama maupun golongan tertentu? Itulah yang kami harapkan. Bukan untuk saling membenci/memusuhi satu dengan lainnya… Tindakan bodoh!” (Menurut mereka itu berbakti kepada Allah & merupakan jalan yang lurus, tetapi sebenarnya menujuh jurang maut.” Yaitu: Neraka Jahanam).

    • Iya … ga usaa.. kok repot.. pd..
      biar aja belom tentu pd bener.. pake risih sm keyakinan orang, punya otak atau otot aja ? atau ga dua2nya.. masih pd ngurusin surganya orang lain, urusin aja surga masing2 biar bener jng sok bener supaya jgn jd pd ke neraka semua nih orang2 yg ngomongin orang lain.. orang yang usil itu temannya setan, setan pasti masuk neraka serta temenya.. walau dia rajin (ibadah),, karena ibadah itu tdk menjamin dia masuk surga..

      • MEMANG. SURGA ITU BUKAN SEGAMPANGAN SEPERTI YANG DI KUMANDANGKAN OLEH PEMUKA AGAMA. KITA BERDOA , BERBAKTI, BERBUAT BAIK DAN TAAT PADA TUHAN, BELUM TENTU MASUK SURGA. APALAGI YANG MEMBUNUH ATAS NAMA ALLAH.

  2. nggak mungkin orang-orang yang valid dan militan akan pindah agama (agama yang akan menjadi musuh sampai hari kiamat,yaitu YAHUDI DAN NASRANI yang harus kita perangi selaku Muslim yang taat kepada ALLAH yang maha Perkasa)

    • to edo:

      apa maksudnya ……YAHUDI DAN NASRANI yg hrs diperangi? apakah kamu akan membunuh semua org yahudi dan nasrani ? semoga Yang Maha Kuasa menyelamatkan jiwamu

      • ampuni dia Tuhan karna dia tidak tahu apa yg dia perbuat. jesus bless you.

    • Sadar Mas…… sadar!!!!

    • tidak lah indah islam jk kt btndak spt itu saudaraku,mlh akan mrsk citra islam itu sndri..bkn kah ALLAH SWT itu pengasih & pnyyang..mngapa kt hrs mmbnci dan mmsuhi!!,Rasul dan islam tdk prnh mngjarkan tuk saling bmshn!saya ingin bty..sifat nya atau orang nya yg hrs kt musuhi?jk org nya yg hrs kt basmi..bkn kah kt ssm mhlk ciptaan nya yg dmata allh smua sm drjt nya,apa kuasa kt mmbnsk ssma ciptaan nya?

    • DI DUNIA INI MUSLIM CUMA 30 %. KURANG KUAT MEMBASMI MUSU NYA. SEBAIK NYA KITA UMAT MANUSIA BERGANDENG TANGAN UNTUK HIDUP BERDAMPINGAN.

  3. http://swaramuslim.net/fakta/html/006/index.php?page=A

  4. muup, yg anda maksud ali markus, nih saya ambil dari :
    http://agungsulistyo.wordpress.com/

    Ali Markus: Pendeta Penipu dari Jawa Timur

    Setelah heboh pelecehan al-Qur´an di Malang beberapa waktu lalu, kini muncul lagi kaset VCD pelecehan terhadap Islam. Pelakunya Pendeta Markus Margiyanto.Pelecehan terhadap islam ini sangat mengejutkan masyarakat Malang, Jawa Timur. Apalagi rentang waktu dengan heboh VCD pelecehan al-Qur´an di Hotel Asida itu, tidak terlalu lama. Kasus pelecehan baru ini yang juga melalui VCD, dilakukan seseorang yang mengklaim dirinya mantan ketua FPI Jawa Timur. Namanya, Pendeta Muhammad Paulus bin Ali Makhrus at Tamimi.

    VCD ini pertama kali didapat oleh Abu Rantizy, Ketua Tim FAKTA (Forum Anti Gerakan Kemurtadan) Malang yang diperoleh dari temannya yang berinisial EU, (25 Aug 07), seorang mekanik komputer di Kota Batu.

    EU mendapatkan video tsb dari sebuah CPU (Central Processing Unit) komputer milik pegawai Kecamatan Batu yang dia servis. “Saya melihat kok ada filmnya si Makhrus itu, lalu saya minta dan diapun mengijinkan. Kemudian saya segera melapor ke FAKTA,” tutur EU saat ditemui di bengkel komputernya.

    Tim FAKTA lalu menyerahkan VCD tsb ke MUI kota Malang, yang kemudian diserahkan kepada aparat kepolisian. “Sudah kami laporkan ke Polwil dan ke Kapolda, tinggal menunggu kerja kepolisian sekarang,” ujar sekretaris MUI Kota Malang M Nizhom hidayatullah kepada Sabili.

    VCD Ali Makhrus yang tengah ceramah tersebut berdurasi 1 jam 11 menit 53 detik. Dalam ceramahnya, si pendeta menggunakan baju formal berwarna biru motif kotak-kotak. Lelaki berjenggot panjang dan rapi bak aktivis islam ini sangat fasih menyitir ayat al-Quran dan hadits Rasulullah SAW.

    Dalam ceramahnya, Makhrus membual tentang berbagai hal. Antara lain, ia mengklaim dirinya sebagai keturunan Habib (cucu Rasulullah SAW, red) dari bani Tamim dan pernah belajar di Makkah. Dia juga mengaku telah diangkat sebagai ketua FPI Jatim pada tanggal 10 Jan 2004 silam, serta mengaku sangat dekat dengan Ja´far Umar Thalib dan Laskar Jihad-nya.

    Beberapa penghinaan yang diucapkan Makhrus dalam ceramahnya itu antara lain menyebut bahwa Nabi Muhammad diracun oleh istrinya ketika akan meninggal dulu. “Pada saat usia 61 tahun, Muhammad tidak bisa mendeteksi racun yang masuk di tubuhnya, karena Muhammad diracun oleh istrinya sendiri, istri yang ke-17. Jadi, total istrinya Muhammad itu ada 22,” kata Makhrus.

    Menurut dia, istri ke-17 inilah yang meracun Muhammad selama dua tahun agar sekarat, hidup tidak matipun tidak. Kejadian ini pula yang dijadikan dasar oleh umat islam untuk membaca surah Yasin kala melihat orang sakit atau sekarat. “Jadi surat Yasin dibaca agar yang bersangkutan mau mati ya, agar cepat mati, kalau hidup agar cepat sembuh,” ujarnya enteng.

    Pendeta yang telah menipu beberapa kiai ini juga menghina ibadah shalat Shubuh yang dilakukan umat islam. Kata Makhrus, orang islam itu shalat shubuh karena mengingat Yesus bangkit dari alam kubur yang terjadi tepat pada saat shubuh. Kiamat juga akan datang pada saat Subuh. “Itu menurut keyakinan mereka. Dua masalah inilah yang membuat orang-orang islam bangun dari tidurnya dan sujud menyembah dalam shalat subuh.”

    Pendeta yang pernah mondok di Pesantren ilmu al-Qur´an (PIQ) Malang ini juga menganggap orang kriten itu adalah majikan sedang orang islam adalah pembantu. Dia juga mengklaim bahwa 75 persen isi al-Qur´an bersumber dari Alkitab (Injil). Dia menganggap orang-orang yang pergi haji ke Makkah tak lebih dari sekadar wisata, bukan ibadah. Baginya, orang yang mencium Hajar Aswad adalah mencium jin. Masih banyak lagi penghinaan Makhrus yang bikin merah kuping.

    Siapakah Makhrus? Tanggal 12 Oktober 2005 silam, seorang pemuda 36 tahun bernama Pendeta Markus Margiyanto datang menemui KH Abdullah Wasi´an dirumahnya, di Sidoarjo, Jawa timur. Kepada kristolog kondang itu, Markus menyatakan niatnya untuk pindah agama dari Kristen ke Islam. Alasannya setelah membaca buku KH Abdullah Wasi´an yang berjudul Benteng Islam terbitan Pustaka Dai, ia jadi tertarik dengan islam.

    Dengan berbaik sangka, mendengar paparan Markus yang sangat memukau itu, KH Abdullah Wasi´an pun menuntun pensyahadatan Markus tepat pukul 11.00 WIB. Syahadat itupun ditandai dengan surat keterangan sementara yang ditandatangai oleh KH Abdullah Wasi´an dan beberapa saksi. Usai pensyahadatan, Pendeta Markus pulang dengan disangoni uang tunai. Nama Islamnya pun menjadi Makhrus.

    Namun setelah majalah Modus melakukan pengecekan secara mendetail pada bulan November 2005 lalu, ditemukan sejumlah kebohongan pada Pendeta Markus Margiyanto. Diantaranya, alamat KTP-nya di Jl. Pogot Lama II/91 RW 06/05 Kalikedinding, Kenjeran, Surabaya ternyata tidak benar. Karena rumah itu telah dijual lima tahun lalu kepada Sutarso. Sutarso pun mengaku tidak tahu menahu tentang seluk beluk dan aktivitas Markus.

    Sementara itu, Darmo, tetangga depan rumah Sutarso yang tinggal di sana sejak tahun 1980 mengatakan bahwa yang berprofesi sebagai pendeta itu adalah ayahnya Markus. Setelah ditelusuri, ternyata markus bersama keluarganya yang terdiri dari anak, istri, ibu dan adiknya tinggal di Tanah merah II/22, Kalikedinding, Kenjeran, Surabaya. Rumah yang sempat difungsikan sebagai gereja ini asalnya adalah milik Pendeta Petrus Salindeho yang pernah bermasalah dengan umat islam hingga divonis hukuman penjara, beberapa tahun lalu.

    Tak jauh dari rumah Markus di Tanah Merah itu, tinggallah Ustadz Ahmad Ghazali, salah seorang tokoh masyarakat yang menjabat sebagai Wakil Sekretaris PC NU Surabaya. Ustadz Ghazali tahu persis daftar penipuan Markus yang bermodus ingin masuk islam dihadapan tokoh Islam lalu mendapat simpati sang tokoh hingga mendapat hadiah sejumlah uang dan materi lainnya.

    Beberapa kiai yang sempat didatangi Markus, antara lain KH Miftah, di Kedung Tarukan Surabaya yang akhirnya menyumbangkan uang tunai Rp. 250.000 dan sarung merek Al-Ma´ruf berharga ratusan ribu. Ada juga KH Asep mantan ketua PC NU Surabaya, KH Abdul Syakur, KH Abdurrahman Navis dan lainnya.

    Masrukin adalah salah seorang korban penipuan Markus. Dia adalah pengurus Masjid Nurul Jannah Kalilom, Surabaya. Kira-kira empat tahun lalu, Markus Margiyanto datang ke Mesjid Nurul Jannah dan menyatakan niatnya untuk masuk islam. Diapun disyahadatkan oleh Ridwan, modin setempat.

    Setelah masuk islam, karenat tidak punya rumah, Markus pun butuh rumah tinggal. Dengan ikhlas, Masrukin memberikan salah satu rumahnya yang baru selesai dibangun untuk ditempati Markus secara Cuma-Cuma. Diapun tinggal dirumah itu bersama istrinya, Muslimah anak seorang kiai di Singosari, Malang.

    Selama di rumah Masrukin, Markus sama sekali tidak bekerja untuk menafkahi anak dan istrinya. Kebutuhan sehari-harinya ditanggung oleh jamaah mesjid, terutama oleh keluarga Masrukin. “Mualaf itu bagi orang islam merupakan aset,” alasan Masrukin. Jamaah Masjid pun simpati dengan keislaman Markus, sehingga segala permintaannya dikabulkan jamaah. “Jamaah masjid sini sudah banyak berkorban materi, tenaga dan pikiran untuk Markus,” imbuh Masrukin.

    Suatu saat, Masrukin merasakan ada gelagat yang lain karena setiap hari Minggu, pagi-pagi Markus pergi memakai baju yang rapi. “Ternyata Markus pergi ke Gereja,” kata Masrukin. Maka Markuspun dia usir dari rumahnya. Setelah pindah dari Kalilom, Markus melancarkan penipuan yang sama dengan modus pura-pura masuk islam untuk mendapat simpati dan uang dari jamaah masjid di Tanah Merah, Surabaya.

    Jauh sebelum melancarkan aksinya di Surabaya. Pendeta Markus pura-pura masuk islam dan nyantri di PIQ Singosari Malang dibawah asuhan KH Bashori Alwi. Karena sudah dipercaya, dia dijadikan menantu oleh KH Ahmad Rifai, pengasuh sebuah pesantren di Singosari, Malang. Namun setelah mempunyai dua anak Markus memboyong anak-anak dan istrinya ke Jakarta lalu mengkristenkan semuanya.

    Dalam pengakuannya kepada tim FAKTA Surabaya, Markus mengungkapkan bahwa ceramah-ceramahnya yang menghina islam itu berdasarkan pesanan gereja. Dia juga mengaku ditekan oleh bapaknya dan paman-pamannya yang pendeta. “Apa yang saya ungkapkan di VCD itu adalah rekayasa palsu pihak gereja,” kata Markus kepada Masyhud, ketua tim FAKTA Surabaya.

    Selain tekanan gereja, Markus juga rela memberikan kesaksian-kesaksian palsu tentang islam, karena alasan ekonomi dan dorongan finansial. “Pihak gereja sengaja memanfaatkan saya untuk membenturkan islam dengan kristen,” beber pendeta yang memiliki 20 tempat pemuridan tersebut. Yang dimaksud tempat pemuridan adalah semacam tempat pembinaan dan pendidikan Islamologi bagi umat kristen.

    Markus juga menyebutkan bahwa pihak gereja sengaja menyebarkan VCD ceramahnya itu untuk menghina umat islam. Posisinya sebagai mantan orang islam yang memberikan kesaksian palsu tentang islam, bagi gereja akan lebih mengena. Walau demikian, dia mengaku masih tetap seorang muslim, bukan murtad. Tentu saja kesaksiannya ini masih membutuhkan klarifikasi lebih lanjut.

    Sudah banyak yang menjadi korban penipuan Pendeta Markus Margiyanto. Penipuan bermodus pura-pura masuk islam ini sungguh berbahaya. Jika setiap saat bersyahadat di hadapan tokoh islam untuk mendapat simpati dalam bentuk materi, maka jelas bahwa “penipuan berkedok masuk islam” adalah profesi Pendeta Markus.

    Chairul Akhmad
    Laporan: Kukuh Santoso (Malang)

    terima kasih.

    • sudahlah, terima saja kenyataan. jangan memanipulasi fakta.

    • apa bedanya cerita si markus dengan cerita anda sekarang? anda berharap saya tidak percaya dgn markus, apa saya juga percaya kpd anda… podo wae dul..

      • Saya sependapat.
        jika anda mengatakan markus sebagai penipu dan pembohong.lalu bagaimana dengan anda yang menulis artikel di atas??
        jangan pernah membalikan fakta bung.fakta ada karena adanya suatu kejadian.dan perlu anda ketahui bahwa dicover depan CD kesaksian Markus ada tertulis.”UNTUK KALANGAN SENDIRI” yang artinya hanya untuk umat kristiani dan bukan untuk disebarkan ke seluruh agama terutama Islam.
        Jadi sekarang anda bisa menilai diri anda sendiri bukan??

  5. pertamaxx…. :)

    apa pentingnya juga ngomentari ginian…. Jadi lebih baik gak usah dikomentari deh tulisannya. Ngomentari komentar saya aja… :D

  6. Kok murtad? Harusnya kan…bertobat :lol:

    *ngumpet sebelum rusuh komentar dimulai*

  7. wah kirain masuk aliran musadeqiah :)

  8. Yang bener tuh? Nanti kaya’ kasus KH Zainuddin MZ yang katanya di baptis, dan ternyata PALSU dan sebuah KEBOHONGAN PUBLIK…

    • iya tuh, publik tuh suka pancing masalah, karena tergetnya menarik danb materi aja…. maklumlah.

  9. ahhhh, cek ke pihak FPI agar tidak jadi fitnah

  10. masaksich

  11. info nya dari sumber yg dpt dipercaya atau hanya gosip saja……..CD bisa dibuat dgn rapi. Saya berkeyakinan Budha…..tp saya tidak suka dengan hasut mengasut yg dapat memecah kita sebagai warga negara. ujung2 nya nanti adalah warga (minoritas) yang terkena imbasnya. yg arif dalam berkomentar. apakah kedamaian itu tdk indah buat kita sesama kaum!!!!!!!!

  12. Sabili
    No.7 Th. XV
    18 Oktober 2007
    6 Syawal 1428

    Halaman 52

    Pendeta Tukang Tipu beraksi di Jawa Timur

    Setelah heboh pelecehan al-Qur’an di Malang beberapa waktu lalu, kini muncul lagi kaset VCD pelecehan terhadap Islam. Pelakunya Pendeta Markus Margiyanto.

    Pelecehan terhadap islam ini sangat mengejutkan masyarakat Malang, Jawa Timur. Apalagi rentang waktu dengan heboh VCD pelecehan al-Qur’an di Hotel Asida itu, tidak terlalu lama. Kasus pelecehan baru ini yang juga melalui VCD, dilakukan seseorang yang mengklaim dirinya mantan ketua FPI Jawa Timur. Namanya, Pendeta Muhammad Paulus bin Ali Makhrus at Tamimi.

    VCD ini pertama kali didapat oleh Abu Rantizy, Ketua Tim FAKTA (Forum Anti Gerakan Kemurtadan) Malang yang diperoleh dari temannya yang berinisial EU, (25 Aug 07), seorang mekanik komputer di Kota Batu. EU mendapatkan video tsb dari sebuah CPU (Central Processing Unit) komputer milik pegawai Kecamatan Batu yang dia servis. “Saya melihat kok ada filmnya si Makhrus itu, lalu saya minta dan diapun mengijinkan. Kemudian saya segera melapor ke FAKTA,” tutur EU saat ditemui di bengkel komputernya.

    Tim FAKTA lalu menyerahkan VCD tsb ke MUI kota Malang, yang kemudian diserahkan kepada aparat kepolisian. “Sudah kami laporkan ke Polwil dan ke Kapolda, tinggal menunggu kerja kepolisian sekarang,” ujar sekretaris MUI Kota Malang M Nizhom hidayatullah kepada Sabili.

    VCD Ali Makhrus yang tengah ceramah tersebut berdurasi 1 jam 11 menit 53 detik. Dalam ceramahnya, si pendeta menggunakan baju formal berwarna biru motif kotak-kotak. Lelaki berjenggot panjang dan rapi bak aktivis islam ini sangat fasih menyitir ayat al-Quran dan hadits Rasulullah SAW.

    Dalam ceramahnya, Makhrus membual tentang berbagai hal. Antara lain, ia mengklaim dirinya sebagai keturunan Habib (cucu Rasulullah SAW, red) dari bani Tamim dan pernah belajar di Makkah. Dia juga mengaku telah diangkat sebagai ketua FPI Jatim pada tanggal 10 Jan 2004 silam, serta mengaku sangat dekat dengan Ja’far Umar Thalib dan Laskar Jihad-nya.

    Beberapa penghinaan yang diucapkan Makhrus dalam ceramahnya itu antara lain menyebut bahwa Nabi Muhammad diracun oleh istrinya ketika akan meninggal dulu. “Pada saat usia 61 tahun, Muhammad tidak bisa mendeteksi racun yang masuk di tubuhnya, karena Muhammad diracun oleh istrinya sendiri, istri yang ke-17. Jadi, total istrinya Muhammad itu ada 22,” kata Makhrus.

    Menurut dia, istri ke-17 inilah yang meracun Muhammad selama dua tahun agar sekarat, hidup tidak matipun tidak. Kejadian ini pula yang dijadikan dasar oleh umat islam untuk membaca surah Yasin kala melihat orang sakit atau sekarat. “Jadi surat Yasin dibaca agar yang bersangkutan mau mati ya, agar cepat mati, kalau hidup agar cepat sembuh,” ujarnya enteng.

    Pendeta yang telah menipu beberapa kiai ini juga menghina ibadah shalat Shubuh yang dilakukan umat islam. Kata Makhrus, orang islam itu shalat shubuh karena mengingat Yesus bangkit dari alam kubur yang terjadi tepat pada saat shubuh. Kiamat juga akan datang pada saat Subuh. “Itu menurut keyakinan mereka. Dua masalah inilah yang membuat orang-orang islam bangun dari tidurnya dan sujud menyembah dalam shalat subuh.”

    Pendeta yang pernah mondok di Pesantren ilmu al-Qur’an (PIQ) Malang ini juga menganggap orang kriten itu adalah majikan sedang orang islam adalah pembantu. Dia juga mengklaim bahwa 75 persen isi al-Qur’an bersumber dari Alkitab (Injil). Dia menganggap orang-orang yang pergi haji ke Makkah tak lebih dari sekadar wisata, bukan ibadah. Baginya, orang yang mencium Hajar Aswad adalah mencium jin. Masih banyak lagi penghinaan Makhrus yang bikin merah kuping.

    Siapakah Makhrus? Tanggal 12 Oktober 2005 silam, seorang pemuda 36 tahun bernama Pendeta Markus Margiyanto datang menemui KH Abdullah Wasi’an dirumahnya, di Sidoarjo, Jawa timur. Kepada kristolog kondang itu, Markus menyatakan niatnya untuk pindah agama dari Kristen ke Islam. Alasannya setelah membaca buku KH Abdullah Wasi’an yang berjudul Benteng Islam terbitan Pustaka Dai, ia jadi tertarik dengan islam.

    Dengan berbaik sangka, mendengar paparan Markus yang sangat memukau itu, KH Abdullah Wasi’an pun menuntun pensyahadatan Markus tepat pukul 11.00 WIB. Syahadat itupun ditandai dengan surat keterangan sementara yang ditandatangai oleh KH Abdullah Wasi’an dan beberapa saksi. Usai pensyahadatan, Pendeta Markus pulang dengan disangoni uang tunai. Nama Islamnya pun menjadi Makhrus.

    Namun setelah majalah Modus melakukan pengecekan secara mendetail pada bulan November 2005 lalu, ditemukan sejumlah kebohongan pada Pendeta Markus Margiyanto. Diantaranya, alamat KTP-nya di Jl. Pogot Lama II/91 RW 06/05 Kalikedinding, Kenjeran, Surabaya ternyata tidak benar. Karena rumah itu telah dijual lima tahun lalu kepada Sutarso. Sutarso pun mengaku tidak tahu menahu tentang seluk beluk dan aktivitas Markus.

    Sementara itu, Darmo, tetangga depan rumah Sutarso yang tinggal di sana sejak tahun 1980 mengatakan bahwa yang berprofesi sebagai pendeta itu adalah ayahnya Markus. Setelah ditelusuri, ternyata markus bersama keluarganya yang terdiri dari anak, istri, ibu dan adiknya tinggal di Tanah merah II/22, Kalikedinding, Kenjeran, Surabaya. Rumah yang sempat difungsikan sebagai gereja ini asalnya adalah milik Pendeta Petrus Salindeho yang pernah bermasalah dengan umat islam hingga divonis hukuman penjara, beberapa tahun lalu.

    Tak jauh dari rumah Markus di Tanah Merah itu, tinggallah Ustadz Ahmad Ghazali, salah seorang tokoh masyarakat yang menjabat sebagai Wakil Sekretaris PC NU Surabaya. Ustadz Ghazali tahu persis daftar penipuan Markus yang bermodus ingin masuk islam dihadapan tokoh Islam lalu mendapat simpati sang tokoh hingga mendapat hadiah sejumlah uang dan materi lainnya.

    Beberapa kiai yang sempat didatangi Markus, antara lain KH Miftah, di Kedung Tarukan Surabaya yang akhirnya menyumbangkan uang tunai Rp. 250.000 dan sarung merek Al-Ma’ruf berharga ratusan ribu. Ada juga KH Asep mantan ketua PC NU Surabaya, KH Abdul Syakur, KH Abdurrahman Navis dan lainnya.

    Masrukin adalah salah seorang korban penipuan Markus. Dia adalah pengurus Masjid Nurul Jannah Kalilom, Surabaya. Kira-kira empat tahun lalu, Markus Margiyanto datang ke Mesjid Nurul Jannah dan menyatakan niatnya untuk masuk islam. Diapun disyahadatkan oleh Ridwan, modin setempat.

    Setelah masuk islam, karenat tidak punya rumah, Markus pun butuh rumah tinggal. Dengan ikhlas, Masrukin memberikan salah satu rumahnya yang baru selesai dibangun untuk ditempati Markus secara Cuma-Cuma. Diapun tinggal dirumah itu bersama istrinya, Muslimah anak seorang kiai di Singosari, Malang.

    Selama di rumah Masrukin, Markus sama sekali tidak bekerja untuk menafkahi anak dan istrinya. Kebutuhan sehari-harinya ditanggung oleh jamaah mesjid, terutama oleh keluarga Masrukin. “Mualaf itu bagi orang islam merupakan aset,” alasan Masrukin. Jamaah Masjid pun simpati dengan keislaman Markus, sehingga segala permintaannya dikabulkan jamaah. “Jamaah masjid sini sudah banyak berkorban materi, tenaga dan pikiran untuk Markus,” imbuh Masrukin.

    Suatu saat, Masrukin merasakan ada gelagat yang lain karena setiap hari Minggu, pagi-pagi Markus pergi memakai baju yang rapi. “Ternyata Markus pergi ke Gereja,” kata Masrukin. Maka Markuspun dia usir dari rumahnya. Setelah pindah dari Kalilom, Markus melancarkan penipuan yang sama dengan modus pura-pura masuk islam untuk mendapat simpati dan uang dari jamaah masjid di Tanah Merah, Surabaya.

    Jauh sebelum melancarkan aksinya di Surabaya. Pendeta Markus pura-pura masuk islam dan nyantri di PIQ Singosari Malang dibawah asuhan KH Bashori Alwi. Karena sudah dipercaya, dia dijadikan menantu oleh KH Ahmad Rifai, pengasuh sebuah pesantren di Singosari, Malang. Namun setelah mempunyai dua anak Markus memboyong anak-anak dan istrinya ke Jakarta lalu mengkristenkan semuanya.

    Dalam pengakuannya kepada tim FAKTA Surabaya, Markus mengungkapkan bahwa ceramah-ceramahnya yang menghina islam itu berdasarkan pesanan gereja. Dia juga mengaku ditekan oleh bapaknya dan paman-pamannya yang pendeta. “Apa yang saya ungkapkan di VCD itu adalah rekayasa palsu pihak gereja,” kata Markus kepada Masyhud, ketua tim FAKTA Surabaya.

    Selain tekanan gereja, Markus juga rela memberikan kesaksian-kesaksian palsu tentang islam, karena alasan ekonomi dan dorongan finansial. “Pihak gereja sengaja memanfaatkan saya untuk membenturkan islam dengan kristen,” beber pendeta yang memiliki 20 tempat pemuridan tersebut. Yang dimaksud tempat pemuridan adalah semacam tempat pembinaan dan pendidikan Islamologi bagi umat kristen.

    Markus juga menyebutkan bahwa pihak gereja sengaja menyebarkan VCD ceramahnya itu untuk menghina umat islam. Posisinya sebagai mantan orang islam yang memberikan kesaksian palsu tentang islam, bagi gereja akan lebih mengena. Walau demikian, dia mengaku masih tetap seorang muslim, bukan murtad. Tentu saja kesaksiannya ini masih membutuhkan klarifikasi lebih lanjut.

    Sudah banyak yang menjadi korban penipuan Pendeta Markus Margiyanto. Penipuan bermodus pura-pura masuk islam ini sungguh berbahaya. Jika setiap saat bersyahadat di hadapan tokoh islam untuk mendapat simpati dalam bentuk materi, maka jelas bahwa “penipuan berkedok masuk islam” adalah profesi Pendeta Markus.

    Chairul Akhmad
    Laporan: Kukuh Santoso (Malang)

  13. anda tau dr mana kalau dia berniat membunuh pendeta dan membakar gereja2 di surabaya? tulisan anda provokativ. dan menurut saya anda yg tlh menyulut api konflik????

  14. Amin. GBU

  15. bagus lah kalo begitu . mudah mudahan yang lain pada ngikut

  16. Agama itu mengajarkan kebajikan, cuma ketika agama sudah dipolitisir maka orientasi dunia menjadi syahwat yang membelenggu. saya tidak perduli seseorang menjadi murtad atau tidak! persoalan seseorang menjadi murtad atau mualaf bukanlah sesuatu yang istimewa. Menjadi istimewa kalau ajaran agama itu dijalankan sebagaimana mestinya. Jihad dan kristenisasi adalah langkah-langkah elit agama yang berkedok agama dalam memenuhi hasrat politis terhadap pengaruh dan kekuasaan!

    • To Barazaky: Saya rindu semua orang di Indonesia dan di seluruh dunia berpikiran seperti Anda. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa, Yang Menciptakan langit bumi dan seluruh isinya memberkati Anda dengan kebijaksanaan yang semakin dalam, rejeki dan kedamaian. Apapun agama Anda….

  17. namanya aja aneh… makruh atamimi………..

    aku gak tahu kalo nama itu benar adanya atau nggak, tp dari sudut pandang ku nama ‘makruh’ aja sudah tidak cukup lazim, nama yang cukup buruk untuk diberikan… karena artinya saja adalah “tidak dilarang tetapi jangan dilakukan”

    ah ini hanya akal-akalan saja… semoga..

  18. Saya juga tidak yakin akan informasi ini. Pasti ada apa-apanya. Semoga semua agama tetap menjalankan agamanya sesuai dengan ajaran agamanya, tanpa harus murtad. DI Indonesia kebebasan beragama (6 agama) dijamin oleh UUD 1945.

  19. Saya merasa sangsih tentang laporan tersebut, apalagi membawa nama agama yang lain,. Karena di Indonesia ini banyak sekali manusia tukang tipu dan hasut ini telah menjadi budaya bangsa Indonesia terutama dari golongan mayoritas islam.

    Mengapa saya berani katakan banyak tukang tipu dan tukang hasut di golongan mayoritas islam…? terbukti saat kerusuhan di Maluku 1999 mereka yang datang dari pulau Jawa dengan bersoban agama mulai mengadakan penipuan dan tukang hasut lalu terjadi peperangan berlepel agama. Ini fakta tentang kerusuhan di Maluku yang dimainkan oleh elite Jakarta.

    Jadi masalah tukang hasut dan tukang tipu serta dusta beranak dusta ini biasa dimainkan oleh mayoritas islam untuk mengadu domba sesama anak bangsa di Indonesia, fakta dan analisa politik dilapangan tentang paska kerusuhan di Maluku.

    Oleh sebab itu sampai saat ini di Maluku selalu memperhatikan semua pendatang yang masuk ke Maluku melalui intel khusus bertugas di Maluku. Karena pengalam kami di Maluku yang namanya pendatang dari Jawa masuk ke Maluku, sedikitpun dalam kacamata orang Maluku kami tidak percaya pada mereka tentang banyak peristiwa terjadi di Papua dan Maluku setelah mereka bersiarah ke Indonesia Timur.

    Kata pepata mengatakan: Setitik nilah, rusaklah susu sebelaga.
    Ini menjadi kenyataan karena mereka terdapat banyak tukang tipu dan tukang selalu menabur kebencian melalui agama.
    Anda mau percaya atau tidak itu adalah hak anda, tetapi kenyataan membuktikan hal tersebut.

  20. temen temen itu bener bapak ali makrus at tamimi ketua fpi jatim,dan dia bukan markus margiyanto yang kata tim FAKTA muslim sebagai pendeta,kalau markus margiyanto saya kenal ,dia bukan pendeta tapi warga greja yang gagal terpilih jadi pengurus ,kemudian kecewa dan menghujat kristen dengan injil palsu barnabas karangan mustafa de aranda (orang islam spanyol) ,yang dibuat sekitar abad 14

    markus margiyanto saya tahu dia pernah ceramah di masjid dekat rumah saya ,dan menghujat kristen ,so ALI MAKRUS berbeda dengan
    markus margiyanto ,markus margiyanto juga bukan pendeta tapi orang yang ga kepilih jadi pengurus greja

  21. sebenarnya yang mengaku TIM FAKTA itu siapa ? biarlah masyarakat menilai sendiri ,apa benar dia Makrus at tamimi kmantan ketua FPI jawa timur atau tidak ,kalu dia dikatakan pendeta markus margiyanto ,saya jawab dengan tegas dan lugas BUKAN,

    karena saya ingat betul markus margiyanto yang ceramah menghujat kristen dengan menggunakan injil palsu barnabas itu ,dia bukan pendeta ,itu peristiwa sekitar tahun 90 an awal.

    yah saya masih ingat betul ,tolong konfirmasi ke umat kristiani didaerah singosari-malang saya yakin saudara kristen disana ingat betul ,peristiwa markus margiyanto yang menghujat kristen dengan injil palsu barnabas ……..dan sekalimlagi saya tegaskan

    ALI MAKRUS AT TAMIMI BUKANLAH MARKUS MARGIYANTO

    KALU MARKUS MARGIYANTO itu dsebenarnya koreksi terhadap saudara saudara muslim sendiri , untuk tim fakta muslim mohon diluruskan beritanya

    kenapa musadeq yang diangkat ke media knapa bukan ALI MAKRUS

    karena setiap pimp[inan muslim tau akibat jika hal itu masuk media

    cari kebenaran jangan percaya apa kata orang OK

    salam damai bagi semua menuju Indonesia BERSATU

  22. wah…
    yang lebih penting tuh kita jangan menebar kebencian, jangan memusuhi orang yahudi dan nasrani…atau agama apapun!!!
    jika anda memusuhi yang di dunia…anda akan di musuhi di akhirat…!!!!
    perbanyaklah ibadah jangan sampai dikotori dengan permusuhan!!!

    peace!!

    • sperti lagu yang dilantunkan AAGym “jagalah hati”

  23. Saya berpendapat,apa seh agama itu??Banyak orang beragama,semua orang mengaku beragama,tetapi agama ternyata gak pernah membuat manusia menjadi lebih baik!Islam sebagai agama yang mengaku paling benar,yang mengklaim sebagai “rahmatanlilalamin” gak terbukti sama sekali bahwa mereka orang baik2,gak mencerminkan samasekali bahwa mereka adalah rahmat bagi semesta!Justru sebaliknya menjadi sumber persoalan manusia di dunia.Kita melihat tidak ada satu kepercayaan atau agama yang seribut dan sebrutal Islam diseluruh dunia.Bahkan banyak orang2 yang gak beragama justru mereka jauh lebih baik dan memiliki hati yang lembut.Saya sendiri bukan orang yang beragama,Karena saya percaya bahwa TUHAN semesta alam gak pernah membuat,merencanakan,apalagi sampai menurunkan agama tertentu melalui semacam wahyu bagi manusia. karena agama hanya membuat manusia tersekat2 dan saling bermusuhan…Tetapi yang jelas Tuhan menciptakan roh,tubuh dan jiwa didalam manusia.Ketiga unsur ini harus memiliki hubungan yang baik dengan Tuhan,dengan ketiga unsur inilah manusia berhubungan dgn Tuhan dan sesama,maka saya yakin akan baik dan selamat akhirnya.Jadi agama itu gak perlu,untuk menjadi baik dan selamat dunia akherat,orang gak perlu beragama. Bila ada orang meninggalkan agama islam atau lainnya,berarti dia meninggalkan hidup yang lama,berarti diameninggalkan kegelapan menuju Terang.Dia seorang tawanan yang dibebaskan.Tuhan memberkati.

  24. Mengapanya dunia islam saat ini dalam perpecahan, kita lihat di Pakistan sesama muslim membantai satu dengan lain, di Irak Suni dan Siyah saling berperang membantai sesamanya.

    Dan memang apa yang dikatakan dalam alkitab non muslim Kejadian 16:12 tentang keturunan Ismail.

    “seorang laki-laki yang tingkah lakunya seperti keledai liar, demikianlah nanti anak itu; tangannya akan melawan tiap-tiap orang dan tangan tiap-tiap orang akan melawan dia. Dan ditempat kediamannya ia akan menentang semua saudara.

    firman ini sekarang menjadi kenyataan tentang dunia islam saat ini telah terjadi banyak pembunuhan dimana-mana.

    • di irlandia tuch yg aq tau jg lg bertempur antara katolik n protestan bahkan jlananx disekat2/dibatasi….jd kl da yg melewatix dipastikan akan dibedil ma salah satu dari protestan tau katolik….tu ter jadi ampe sekarang…..bahkan hal tuch merambat ampe di club bolax….protestan dengan glasgow rangersx n katolik dengan glasgow celticx…bahkan para pengamat bola setempat mengatakan pertandingan bukan dimenangkan oleh club rangers tau celtic tapi protestan tau katolik….ternyata hal tersebut diatas membuktikan perseteruan agama bukan di islam aj tetapi di kristen juga yaaaaa…..jadi alangkah lebih arif dan bijaksana bila qt saling menghargai agama satu dan lainx n qt harus lebih j u j u r dalam beragama……kl da kata2 yg salah harap maklum aj yoooo fren cozzz bru amatiran iki yg nulisss…..wassallam yooooooooo

  25. Pertanyaan yang perlu diteliti kenapa Alquran atau yang dianggap sebagai firman Tuhan oleh orang Islam hanya boleh dalam satu bahasa saja atau bahasa Arab, sementara didalam dunia ini ada beribu bahasa dan dialeknya?
    Bagaimana mungkin orang yang bukan Arab dan tidak berbahasa Arab dapat mengerti isi Alquran dengan tepat apabila tidak diartikan secara jelas kedalam bahasa yang digunakannya sehari hari?
    Kalau toh standart-nya adalah tafsir, bukankah akan menimbulkan pergeseran besar di dalam penjabarannya karena akan tergantung siapa yang menafsirkannya! Dan akan selalu berubah-ubah hasil tafsirnya sesuai dengan berjalannya waktu dan siapa oknum yang berhak menafsirkannya saat itu.
    Jikalau alasannya karena ALLAH menghendaki friman-NYA hanya boleh dalam bahasa Arab, kenapa ALLAH membiarkan bahasa Inggris yang menjadi bahasa international dan kenapa bukan bahasa Arab saja. Bukankah firman-NYA lebih baik bila dapat menjangkau setiap insan manusia dan dapat dimengerti dengan mudah tanpa alasan. Karena firman ALLAH bukan hanya buat orang yang berbahasa Arab tapi buat semua orang tak pandang apa bahasanya.
    Semoga kita dapat mengerti apa yang sebenarnya ALLAH kehendaki bagi kita.

    • dasarrr………………manusia2 penuh prasangka buruk,harap tau semuanya : ALLAH SWT ciptakan manusia itu berbeda2 jd jgn kaget kalo ada yg berselisih.cba km pkir kalo semua hrs sm bagus nngak? pantat km dgn wajah km sama jelekkkaaaaannn………..mangkanya yg rukun aja bersatu aja muslim dgn menamakan islam bukan menamakan sebuah organisasi yg tdk punya derajat dn kekuatan jgn saling menyalahkan aliran lain…..ingat 2 sahadat tu saudara muslim…..kita berjuang untuk islam bukan aliran/organisasi.yg membanggakan kelompoknya dn merendahkan yg lain dia adla org paling goblok gobloknya org…….yg akan meng hancurkan islam krn dia telah bertopeng islam dialah kelompok dayyuss……syukron.

  26. koq bahas2 masalah qur’an pake bahasa apa??? Karena itu manusia diberi Allah kelebihan utk berfikir dan belajar dgn menggunakan…….. OTAK!!! Klo otak udah kaya otak keledai dipakenya utk bikin VCD yg berisi kebohongan, menghina, provokasi dsb.

    salam,

    TS( mantan misionaris papua ’00)

  27. Pak M Ali Makrus itu ORANG ASLI YAHUDI yang pura-pura jadi islam kemudian bertobat.

  28. Dia ke INDONESIA disuruh oleh agen-agen KRISTEN.

  29. mau kristen mau islam 2-2 nya penuh dengan fitnah dusta dan kebohongan yang ditujukan kepada orang yang berseberangan dengan mereka (bukan 1 agama) mirip seperti salesman yang menawarkan multilevel marketing mana itu yang katanya kebenaran,agama paling benar,cinta kasih,menghargai sesama dan bualan-bualan lainnya tunjukkan dalam kelakuan,tindakan bukan hanya dengan mulut manis palsu jadilah orang yang benar2 melakukan teori jangan menjadi manusia munafik dan pembual apalagi oportunis masyarakat indonesia masih banyak yang pendidikannya rendah dan miskin sehingga mereka gampang dimanfaatkan oleh fitnah dan dusta diadu domba oleh kelompok2 yang mengaku mewakili agama tertentu betapa bodohnya,sang mastermind tinggal tertawa-tawa dibelakang layar melihat kebodohan-kebodohan mereka yang berhasil dimanfaatkan dengan label agama.

  30. melihat berbagai komentar dan debat di milis dan blog saya berpendapat agama kristen dan islam benar-benar bobrok dan penuh kepalsuan mereka secara tidak sadar menunjukkan wajah aslinya,saling menyerang,penuh dusta,dan kebohongan,permainan politik untuk SALING MENJELEK2-KAN YANG TIDAK SEAGAMA DENGAN MEREKA,inikah yang namanya agama itu saling menghancurkan tidak terlihat yang namanya kebenaran dan cinta kasih.

  31. Sebenarnya Semua orang Kalo ditanya dilubuk hati masing2 mengenai agama saya yakin gak ada satupun jawaban yang hakiki…. karena semua hanya tahu dari buku dan didoktrin oleh pendahulunya… bagi saya entah itu agama apa saja, yang penting baik terhadap saya, lingkungan, dan negara.
    Untung saja hindu,islam,kristen dll diboleh di indonesia, coba kalo dari jaman dulu pemimpin indonesia hanya membolehkan keyakinan A, pasti gak akan ada diindonesia yang namanya ISLAM,KRISTEN,HINDU dll.

    Bagi saya AGAMA tidaklebih dari saudara kembarnya politik dunia yang pada akhirnya mendatangkan keuntungan negara asal agama tersebut. coba deh renungkan sendiri

    • Lu aja yg renungi sendiri, dah jelas agama itu sebagai tuntunan utk hidup didunia agar lebih berakhlak mulia di sisi Allah swt..Jangan sangkut pautkan dengan politik, karna politik itu tidak dilandaskan oleh dengan ajaran al quran, tetapi hanya hasil pemikiran manusia..

  32. @adibbba saya lebih setuju dengan bentuk negara sekuler seperti amerika serikat dimana semuanya boleh mengikuti agama apa saja antheis atau bahkan antichrist tidak dilarang disana aliran islam jenis apapun boleh berdiri tanpa diserbu massa,setahu saya disana tidak pernah ada kerusuhan antar umat beragama sekalipun ada antichrist ataupun aliran islam berbagai jenis di koran malah pernah dimuat ada gereja yang letaknya bersebelahan dengan masjid tidak ada label2 ini sesat itu paling benar yang dapat memprovokasi masyarakat ditambah pendidikan disana gratis sehingga masyarakatnya bukan orang dungu dan mereka mengerti teknologi bandingkan dengan indonesia yang banyak (semua) orang beragama tetapi saking ber-agamanya banyak kerusuhan seperti di poso dan di maluku darisana kita dapa melihat kualitas 2 agama tersebut yang kata-katanya (omong kosongnya) paling benar itu.

  33. http://brahmana-medan.blog.com/1744919/

    http://www.mail-archive.com/proletar@yahoogroups.com/msg10049.html

  34. Ali Makhrus bukan Markus Margiyanta !
    ———————–
    Siapakah Makhrus? Tanggal 12 Oktober 2005 silam, seorang pemuda 36 tahun bernama Pendeta Markus Margiyanto datang menemui KH Abdullah Wasi´an dirumahnya, di Sidoarjo, Jawa timur. Kepada kristolog kondang itu, Markus menyatakan niatnya untuk pindah agama dari Kristen ke Islam. Alasannya setelah membaca buku KH Abdullah Wasi´an yang berjudul Benteng Islam terbitan Pustaka Dai, ia jadi tertarik dengan islam.
    ———————–
    Di VCD Makrus bilang bahwa :
    Pada tanggal 10 Januari 2004 ketika dia diangkat menjadi ketua FPI di Jawa Timur dia telah mempersiapkan detail detail rencana penghancuran kekristenan di Jawa Timur.

    Jadi sebelum tahun 2005 Ali Makhrus sudah Islam

  35. Mahatma Gandhi pernah berkata, “God Has No Religion” yang artinya, TUHAN aja gak punya AGAMA! emang apa AGAMAnya TUHAN hayoo??? Sudahlah, Indonesia harus Bersatu! meskipun Bersatu itu bukan berarti sama… Kita semua berpijak di Tanah Indonesia… Jika anda orang Indonesia, mari berpikir dan Berjiwa Besar… apapun agamanya, semua tergantung orangnya! peace yo… Pendapat tak pernah salah… karena pendapat itu bersifat maya… OK???!!! Wassalam… Syalom… Amitaba…

  36. Saya setuju yg diposting AAA dan UCOK,, walupun sebenarnya saya pengikut Katholik tapi saya tidak setuju yg dikabarkan oleh Makhrus…
    karena ada unsur menonjolkan pribadi… boleh aja masuk sana sini, tapi janganlah berkotbah dengan sengaja membuka ajaran yang lain(apalagi bertujuan menjatuhkan).. saya dari awal sudah curiga pasti ini gak beres…..

    sebagai contoh kerukunan berAGAMA: coba anda datang ke KAMPIAL NUSA DUA BALI(tapi jangan diBOO)….
    disitu ada deretan tempat ibadah… dalam satu baris trediri dari MASDJIT, GEREJA KHATOLIK, GEREJA PROTESTAN, WIHARA,,, tapi semua saling menghormati…

    Pesan saya: Wahai petinggi AGAMA khususnya diIndonesia jangan mau diadu domba dengan dalih AGAMA…. BOOS ongkang- ongkang ,, kroco bergelimpangan… kasihan deh.

  37. Jhoni – Nopember 19, 2007

    Memang dari jaman Nenek-moyang dulu2nya pun Bangsa indonesia sudah ngak beres masalah Agama, apalagi jaman sekarang ini……sudah jadi ajang tuk memperkaya diri ke hal-hal yang tdk terpuji,jelek,gobrok dll.Gimana bisa para Tokoh2 agama tuk meluruskannya……….. sendirinya juga tdk mampu menyatakan yang benar itu benar, yang salah itu salah. Hanya omong doang…!!!!!!!!!uda….ach pusing….!

  38. KOk malah saling menghujat?

    No Comment ah!

    Apa yang dicari manusia dari beragama?
    Jangan saling mengklaim agama ini dapat menyelamatkan dan lebih benar dan sempurna agama lain tidak dapat menyelamatkan umat manusia. Tak ada agama yang bisa menyelamatkan. Karena imanlah yang menyelamatkan. Kuncinya siapakah yang kita aminni dan imanni!!!!

    Menurutku comment dari Mr. Boombastic lebih bisa menentramkan kebimbangan. Lha wong kita ga tahu siapa itu Makrus, dll. Cek aja kebenarannya baru kita percaya. Jangan terHASUT.

    God bless you all,

    amitavo,

    assalamualaikum wr.wb.,

  39. kenapa ikut agama kristen atau islam seperti ikut geng mafia dikejar-kejar apabila sampai “berkhianat” agama itu kan tergantung iman mau memeluk yang mana kan terserah orangnya mau pindah kemana juga terserah orangnya,tetapi kenapa dalam mencari anggota seperti sales multilevel marketing yang kekurangan downline tidak usah gembar-gembor sana sini kalo memang barangnya bagus pasti dicari orang tetapi seringkali kenyataanya berbeda dengan teori yang disampaikan oleh sales MLM ups salah agama tersebut apakah kekurangan pemeluk ataukah pemeluk agama tersebut dianggap aset seperti dalam dunia dagang? khawatir apabila duit atau sumbangan lari ke aliran lain atau agama lain?

  40. wes kita perang aja…dari pada ribut trs…biar bobrok skalyan,perang dunia ke-3 ngelanjutin impian bangsa Arya pimpinan Hitler.

  41. Andai Dahulu Allah tidak perlu menciptakan agama..Mungkin hidup manusia akan lebih baik.
    Andai dahulu para Nabi tidak mengajarkan perbedaan..Mungkin hidup manusia akan lebih baik.
    ..Kenapa kita saling berpikir bahwa agama kitalah yang paling benar? Agama adalah jalan menuju Allah,namun agama pun akan menjadi jalan menuju Neraka andai kita salah mengartikannya.
    ..Kenapa msh mendiskreditkan orang2 tertentu? Biarlah yang mantan FPI mania berubah jalan ke Pendeta, Biarlah yang mantan pendeta berubah jalan ke FPI..
    …Sabili
    No.7 Th. XV
    18 Oktober 2007
    6 Syawal 1428

    Halaman 52

    Pendeta Tukang Tipu beraksi di Jawa Timur

    ..Koq anda rewel bnr menanggapi soal ini..
    terimalah dgn hati terbuka..perkuat benteng iman kita..biar ngga kaya saudara Hendra & Dwi Yanto, yang udah terlanjur IQnya jongkok bgt..
    Majalah Sabili itu adalah majalah Ndlogok..didalmnya cuma berisi hasutan dan fitnah serta ajakan bermusuhan.
    Maka hati2 lah membaca majalah tsb,mendingan anda bakar majalahnya dan mari kita bunuh grombolan redaksinya.

    Semoga kerukunan beragama menjadi terwujud dan tanpa tercemari oleh seglintir binatang2 arogan radikal di tanah air ini yang berkedok agama.
    Alangkah indahnya hidup penuh kedamaian.
    Ingat kita tidak hidup di jaman dahulu yang biadap yang semua diselesaikan dengan pedang.
    Selesaikan dengan hati tenang dan cerdas.

    ..

  42. kenapa dimana-mana debatnya selalu islam kristen,islam hafal kitab suci kristen kristen hafal kitab suci islam belum lagi tipu,fitnah dan dustanya masing masing pihak berusaha mencuci otak pemeluk agama lawan benarbenar agama bobrok sama sekali tidak menunjukkan kebenaran,kebaikan apalagi cinta kasih

  43. Saudara AAA berdebat itu sah sah aja. asal jangan disertai intimidasi dan kekerasan. ini kan termasuk jalannya politik agama… seperti yang saya posting sebelumnya yaitu “agama saudara kembarnya politik dunia” masing-masing mempromosikan kebenarannya.. bukan tidak mungkin jika suatu saat anda sendiri yg tidak suka dengan islam dan kristen.. akan membela salah satunya.. karena menurut anda telah menemukan kebenaran(entah itu benar atau tidak)… dan kemudian anda menghimbau orang lain untuk ikut anda…..
    maksud saya hal ini mungkin yang sedang dialami makhrus(kalo itu benar)….. tergantung kita yang menanggapi,,, pro,,,,kontra,,,, atua cuek….

    Kembali kita sebagai bangsa indonesia jangan mau dipecah belah oleh yang namanya AGAMA, yang semuanya IMPORT… saya akui bangsa kita kalo cium barang IMPORT langsung kesengsem dan langsung jadi latah iku-ikutan promosi, walaupun mereka (juga saya)… yang hanya tahu keterangan dari kotak kemasan serta sales yang menawarkan ke kita….

    INGAT!!!!!! INGAT!!!!!!! UNTUK SEMUANYA KITA SUDAH MERDEKA…. kalo harus terpaksa memakai barang itu atau Kalau menurut kita bagus,, ya tinggal pakai aja… toh kita yang menikmati… dan kalo barang IMPORT itu benar-benar bagus..
    orang lain akan tertarik dan pasti akan menelusuri nama barang IMPORT tersebut…

  44. kalau mau VCD Ali Mahkrus, minta saja ke pengelola http://www.gkmin.net
    disana disebutkan bahwa vcd itu dapat dipakai sebagai referensi, tak harus dipercaya, tapi menurut pengakuan pengelola situs itu, dia sudah ketemu dengan Makhrus

    silakan lihat di bagian literatur..

  45. Assalamu’alaikum warhmatullohi wabarokaatuh…
    Saya Khoiron yusuf Amin, Saya adalah alumni PIQ Singosari-malang, Saya juga dikenal dengan sebutan Webe Arek Sapala.
    Saya ingin berkomentar tentang Markus La’natuddin ini karena hal ini benar2 menyinggung perasaan Para Santri serta Alumni PIQ Singosari di seluruh penjuru negeri ini dan yang berada di luar negeri.
    Saya sangat menyayangkan kejadian ini, karena sebenarnya sudah jauh-jauh hari Kiyai saya, Kanjeng Syech M. Basori Alwi sudah mewanti-wanti akan segala perbuatan yang mungkin dilakukan Markus ini kelak dikemudian hari yang berkenaan dengan penistaan Agama dalam hal ini adalah ISLAM, yang patut disayangkan adalah penyebutan nama PIQ sebagai tempat dia mondok dulu.
    Jadi, saya hanya ingin mengklarifikasi bahwa memang dia pernah mondok di PIQ tapi cuma sebentar dan Seluruh jajaran Pengurus serta Pengasuh tidak menyadari akan tipu dayanya itu, sampai akhirnya dia ternyata hanya pura-pura masuk ISLAM dan pura-pura menimba ilmu di pondok kami hanya untuk menguatkan anggapan publikakan keseriusannya masuk agama ISLAM, sebab PIQ memang salah satu Pesantren yang disegani di seluruh Dunia karena ilmu Al-Qur,annya.
    Jadi, saya meminta agar semua pihak tidak mempunyai pikiran yang negatif dengan Pesantren yang saya cintai ini. Dan kami meminta agar pihak yang bersangkutan (markus) ini segera meminta ma’af kepada seluruh Santri dan Alumni serta Yang Mulia Pengasuh kami Syeh Muhammad Basori Alwi atas tindakan yang mencoreng nama baik Pesantren kami dan Seluruh Ummat ISLAM pada umumnya. Dan juga kami meminta agar dia segera bertobat dan kembali ke Jalan Allah bila dia ingin selamat kelak di Akhirat nanti.
    Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

    Khoiron Yusuf Amin D-9 (Webe Arek Sapala)
    Email : misteriyus_yusuf@yahoo.com

  46. 41. Ahmad Hamzah_Front Anti Maksiat – November 21, 2007

    “..Koq anda rewel bnr menanggapi soal ini..
    terimalah dgn hati terbuka..perkuat benteng iman kita..biar ngga kaya saudara Hendra & Dwi Yanto, yang udah terlanjur IQnya jongkok bgt..
    Majalah Sabili itu adalah majalah Ndlogok..didalmnya cuma berisi hasutan dan fitnah serta ajakan bermusuhan.
    Maka hati2 lah membaca majalah tsb,mendingan anda bakar majalahnya dan mari kita bunuh grombolan redaksinya.

    Semoga kerukunan beragama menjadi terwujud dan tanpa tercemari oleh seglintir binatang2 arogan radikal di tanah air ini yang berkedok agama.
    Alangkah indahnya hidup penuh kedamaian.
    Ingat kita tidak hidup di jaman dahulu yang biadap yang semua diselesaikan dengan pedang.
    Selesaikan dengan hati tenang dan cerdas.”

    yah gk papa dong IQ-ku jongkoq, gk ada larangannya, klo IQ-ku hebat gk mungkin dong aku belajar, aku mencari informasi tdk dari satu sisi saja, klo IQ anda memang hebat ciptakan dong penemuan2 hebat sperti Einsten ato newton ato penemu2 hebat lainnya ato bahkan lebih, jgn hanya menjongkoq2kan IQ orng lain aja…
    lha komen anda aja berkebalikan, anda komen di satu sisi mengajak orng2 untuk hidup penuh kedamaian, selesaikan dgn hati tenang dan damai TAPI DI SISI LAIN ANDA MENGATAKAN BAHWA ANDA MENYURUH ORANG2 UNTUK MEMBAKAR MAJALAH DAN LEBIH BIADAP LAGI ANDA MENGAJAK/MENYURUH ORANG2 UNTUK MEMBUNUH GEROMBOLAN REDAKSINYA TERSEBUT.

    hmmm. saya aja yg IQ-nya Jongkoq tidak pernah berpikiran untuk membunuh orang apalagi mengajak orang2 untuk membunuh satu sama lain…mendingan IQ saya jongkoq daripada seperti anda yg suka mengajak orang lain untuk membunuh orang….

    komen saya khan saya beri link dimana berita/info itu diperoleh/didapat, klo anda tidak setuju ato protes, lha tinggal masuk aja ke link tersebut, lha kro dari majalah anda kan tinggal protes ato klo perlu dituntut aja secara hulum secara negara kita kan negara hukum, TIDAK USAH PAKAI ACARA MENGAJAK ORANG LAIN UNTUK MEMBUNUH SATU SAMA LAIN..INGAT ITU…

  47. Gitu Aja Koq Repot…?!

  48. mungkin lebih baik kita-kita gak usah beragama aja, dari pada punya agama cuma untuk berantem/mencaci maki;

    dengan masuknya makrus atau siapapun dari islam ke agama kristen atau apapun juga jangan berkecil hati

    atau bayangkan saja seolah olah ada aktifis kristen yang jadi islam IMPAS tho………..

    Ada sebuah kasus yang harus kita teliti bersama:

    orang kristen masuk islam katanya MUALAF yang pahalanya besar!!!! dan di jamin masuk surga
    tapi itu bagi kristen adalah orang yang MURTAD yang jaminannya Neraka

    sebaliknya kalau ada orang islam masuk kristen katanya orang itu bertobat dan akan mendapatkan keselamatan (surga)
    tapi kata orang islam itu MURTAD yang jaminannya Neraka Jahanam.

    Nah ANDA Pilih yang mana????????????
    INGAT AGAMA APAPUN MENGAKUI TUHAN ITU SATU DAN TUHAN TIDAK MEMIHAK PADA AGAMA APAPUN KARENA TUHAN HANYA BERPIHAK KEPADA ORANG ORANG BENAR………………
    Yesus, Muhammad, Sang Budha, Para Dewa…. hanyalah “JEMBATAN” untuk menuju muara yang bernama TUHAN

    jadi salah kalau orang berdebat tentang AGAMA yang ada adalah mari kita memperbaiki tatanan kehidupan bersama dengan “JEMBATAN’ masing masing untuk mencapai tujuan yang sama

  49. ayuh monggo di cek aja ali makrus itu sama ngga dengan markus margiyanto ,kros cek adakah pendeta markus margiyanto ???
    markus margiyanto itu JELAS adalah orang yang menghujat kristen dengan injil barnabas (karangan mustafa de aranda ) cross cek ama orang di singosari – malang

    jelas DIA bukan pendeta dan sama sekali bukan ALI MAKRUS ketua FPI ,

    markus margiyanto adalah orang kecewa dengan kristen dan ditampung oleh orang islam untuyk menyerang kristen dengan injil plasu barnabas (karangan mustafa de aranda ) tapi setelah dia tau bahwa injil itu injil palsu karangan orang islam sepanyol abad 16
    dia bertobat kembali ke kristen dan dia sama sekali BUKAN ALI MAKRUS ketuas FPI

    sekali lagi markus margiyanto adalah koreksi buat orang islam sendiri jangan karena jadi mualaf langsung dikasih injil palsu trus serang kekristenan tohhhhhh setelah tau KEBENARAN dia msuk kristen lagi .

    SABILI JANGAN TERLALU CEPAT KASIH EMBEL EMBEL PENDETA PADA MUALAF DONG ,GA GAMPANG JADI PENDETA LOH

    ayo monggo semua cari kebenaran …………….

  50. Cape woy…

    Ribut mulu…

    Sekarang gw gak peduli kalo ada ustad / ustadzah / ulama / syekh / biksu… or whatever jadi kristen…

    Atopun sebaliknya ada non-kristen jadi kristen…

    Yang penting gw ikut Tuhan Yesus… !

    Semua bisa saling umbar fakta dan berita… Dan juga bisa saling bantah2an… Jadi gak ada jalan keluar…

    Daripada ribut kayak gitu… Mendingan do something in our real life…

    Okie Dokie…

    PEACE all

    GOD Bless You guyz in everything you do…
    All for Indonesia…
    Shut up talk about sectarian…

  51. mr boombastic, silakan posting komentar anda di:
    http://agungsulistyo.wordpress.com/2007/10/20/ali-makhrus-pendeta-tukang-tipu-beraksi-di-jawa-timur/

    di sana juga ada yang menganggap Ali Mahkrus ini = Markus Margiyanto.

    saya sendiri pernah ketemu Ali Mahkrus ….

  52. Pentolan FPI Bersaksi di KKR
    Ribuan Warga Antusias Lihat Ali Makrus Atamimi

    http://www.hariankomentar.com/arsip/arsip_2007/nov_01/kota06.html

    Ribuan warga tumpah ruah di Lapangan Tikala, sebagai-mana pemantauan harian ini, Rabu (31/10) tadi malam. Pa-salnya, di lokasi ini digelar Ke-baktian Kebangunan Rohani (KKR) dan Kesembuhan Ilahi. Hanya saja, ribuan warga ini antusias hendak mendengar-kan kesaksian dari Ali mar-kus, Menghadirkan Ali Mar-kus, pentolan Front Pembela Islam (FPI) yang mengaku te-lah mendapatkan lawatan Tuhan.
    Selain memberi kesaksian, dalam KKR yang digelar GPDI Tikala ini, Ali juga menggelar seminar yang bertajuk ‘Muji-zat itu nyata’. Dalam seminar tersebut, Ali menekankan bahwa semua agama yang ada di Indonesia pengejarannya sa-ma akan tetapi hanya manu-sianya yang salah menafsirkan berbagai kepercayaan dan ke-yakinan. Ali memberi kesaksian mengenai mujizat Tuhan yang memang betul-betul nyata datang pada dirinya.
    Kesaksian Ali yang diberi-kannya Rabu (31/10) kema-rin, mendapat sambutan ribu-an warga yang terlihat antusias mendengarkan.(tr-02)

    • yg pasty c,smua bersumber pd Al-Quran

      mw dya ngpain kek,yg psty Allah akan bls i2 smua,g sah terlau pusink,toh islam dah dijanjikan t4 yg enak pd akhirnya,ni tuh cm batu kerikil aj.daripada bwt dosa,mndink mikirin akherat sndri.klo dlawan y wajar jg,hanya hrs dgn ksbrn sesuai perbuatan nabi Muhammad yg slalu d cela,tapi menghadapi dgn sabar.bwt kaum muslim,sabr aj lah….

  53. Aku baru liat vcdnya, gak mau terjebak dengan pertanyaan apakah dia penipu apa engga. Aku ngga terkesan dengan gelar habib, ketua FPI atau apalah yang menegaskan dia islam radikal sejati tapi lebih kepada : betapa Yesus mengasihi Ali Makrus ! Bisa jadi dia orang yang paling berbahagia di muka bumi karna telah menemukan kebenaranNya sendiri.

    Seperti orang yang menerima penghapusan hutang, dari 1 trilyun jadi gak usah bayar pasti lebih berbahagia dari orang yang cuman utang 1 juta tapi juga dibebasin utangnya.

    Peace on earth.. would it be ?!!

  54. seandainya saja ada yang melakukan semua teori dan janji yang diucapkan para sales multilevel agama tertentu dalam suatu tindakan nyata bukan hanya keluar dari mulut saja yang anak usia 6 tahun saja bisa mengucapkannya (membualkannya).

  55. bertobatlah hai dunia, kerajaan surga sudah dekat, Isa Al Masih mengasihimu dan dengarkan pengajaran-pengajaranNya.

  56. Kalau anda ingin menelusuri tetang kesaksian ali mahkrus anda bisa lihat di website ini http://kawanua-groups.blogspot.com/2007/10/pemuka-fpi-surabaya-bertobat-menerima.html

  57. Seru nya membaca dari awal hingga akhir.. Klo kita mengakui perbedaan ya sudah….dah jelas beda…sudut pandang nya beda, jadi ya beda….. mo diperdebatkan boleh-boleh aja, tapi coba deh pikirin, apa ga buang-buang energi, mending kita bersatu mikirin orang-orang, anak bangsa sendiri, yang saat ini tidurnya aja masih ditenda karena bencana, belum lagi anak-anak mereka yang ga bisa sekolah, hingga jadi orang yang bisa dibodohin. Saya si setujunya lebih baik setiap individu meningkatkan keimanan masing-masing, meminta ridho dari Nya. Mungkin, sekali-kali dalam doa kita, perlu juga ditanyakan, apakah Dia menginginkan kita satu sama lain untuk berperang? saling menghancurkan? saling menjatuhkan? Nyawa dibayar nyawa, darah dibayar darah, . Saya pernah tanya, tapi belum dijawab. Hehehehe abis saya penuh dosa seh, saya belum sempurna sebagai manusia. Ngurus diri sendiri aja masih belum becus…. sembahyang aja kalo inget… tapi kok saya yakin Tuhan mencintai saya.
    TUHAN…BERI SAYA WAKTU UNTUK MEMPERBAIKI DIRI…. MENGEMBANGKAN TALENTA YANG SAYA MILIKI UNTUK KESEJAHTERAAN BERSAMA…. AGAR JIKA MEREKA SEJAHTERA, SEMUA ORANG MEMILIKI PENDIDIKAN YANG BAIK, KESEHATAN YANG BAIK, SEHINGGA KELAK MEREKA AKAN BERBUAT YANG SAMA UNTUK ORANG LAIN TANPA MELIHAT SARA…. AMIN… PEACE… GBU ALL….

  58. agamamu UUD 1945 agamaku Islam

    • bagiku agamaku, bagimu agamaku.

  59. kalau maksutnya di atas “agamamu UUD 1945 agamaku Islam” adalah mendirikan syariat islam di indonesia menggantikan UUD45 dan PANCASILA berarti anda itu sama dengan GAM dan PKI memberontak,makar dan harus dibasmi UUD45 dan PANCASILA adalah indonesia mengganti 2 hal itu berarti menghancurkan indonesia.

  60. Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

    Saya sudah lihat VCD M. Ali Markus.
    Sebagai Kaum Muslimin, kita harus bersyukur, akhirnya Allah memberitahu dengan jelas siapa orang ini. Kita sebagai muslim yang pas-pasan aja, pasti tau, jika kita diperintah Allah berhaji bukan demi air zam-zam, tapi demi menjadi tamu Allah, Tuhan Kita. Alangkah indahnya menjadi tamu Allah.
    Biarkan saja orang ini. Allah tidak akan tinggal diam, Igt saudaraku.. Allah tidak tinggal diam. Beritahulah saudara kita yang akan pergi haji, agar mendoakan orang ini di Masjidil Haram.. Orang ini menghina Allah dan Rasul-Nya, Doakanlah dia.. Karena Doa yang datang demi Allah doanya tidak ada pembatas dengan Allah… Semoga Allah Merahmati kita semua

  61. Jagalah hati,mulut,mata,pikiranmu, sebab hal itu harus engkau Prtanggungjawabkan.

    Terima Kasih

  62. Hal ini sepertinya sudah lebih lengkap di bahas di http://forum.khabar-baik.net/viewtopic.php?p=962
    disana malah lebih jelas

  63. Perbedaanlah yang menimbulkan ketertarikan… walaupun sebuah ketertarikan bukan berarti saling menyukai… sama seperti kutub magnet… jika kutubnya sama, akan saling tolak menolak… jika kutubnya berbeda akan saling tarik menarik… Saudaraku semua, Baik dan Buruk ada pada Lembar yang sama, semua tergantung kita ingin melihat lembar yang sebelah mana… jika ingin buruk, lihatlah sisi buruknya… begitu pun sebaliknya… tergantung keinginan kita… sekedar informasi saja, salah satu sahabat terbaik saya adalah seorang muslim… sedangkan saya adalah kristen… kami bisa menjadi sahabat terbaik tanpa memperdebatkan masalah agama… untuk itulah saya sangat mengagumi muslim… dan hingga detik ini saya masih mengagumi muslim yang seperti itu!… bukan teroris yang berkedok muslim!… memang pada akhirnya semua kembali pada individu masing2… Kepercayaan adalah hak… ingat, kita Bangsa Indonesia! bangsa yang beraneka ragam… karena terlalu beraneka ragam, sangat mudah mencari celah untuk memprovokasi kita untuk berkonflik yang menjurus perpisahan… karena banyak yang iri dengan keanekaragaman kita… termasuk Budaya… Malaysia aja sampai ngiri!!! makanya berusaha mencuri Budaya kita! Bersatulah saudaraku sekalian, kita harus lebih Fokus membangun Negara kita ini… Orang yang bijaksana adalah orang yang sudut pandangnya Luas… bukan sempit… Bersatu kita teguh, Bercerai kita Runtuh! God Has No Religion… Utamakanlah Tuhan, bukan Agamanya… karena sejak lahir pun kita tidak bisa memilih lahir dari siapa, suku apa, apalagi agamanya apa… BERSATU BANGUN NEGERI INI!!! HATI2 TERRORIST!!!

  64. Saya adalah seorang Katolik !

    Do’a saya mengenai komentar-komentar diatas adalah :

    TUHANKU, AMPUNILAH CIPTAANNMU YANG MENJADIKAN NAMAMU UNTUK KEANGKUHAN PERIBADINYA SENDIRI. Amin!

  65. Kapan benar-benar kita : percaya kepada Tuhan dan mempercayakan diri kepadaNya ?

    Mengapa kita, mengkomoditaskan agama dengan menyebut nama Tuhan untuk kepentingan peribadi kita ?

    Kalau sungguh kita pecaya dan mempercayakan diri kepada Tuhan, mengapa kita merebut hak mutlak Tuhan ? untuk menghukum sesama kita yang berbeda cara beribadahnya dengan kita.

    Sadarlah dan bangun !

    M. J. Daeli

  66. Salam Sejahtera…

    Saya sebagai penganut iman Kristiani merasa sangat prihatin dengan adanya kesaksian dari pribadi yang mengaku telah menemukan keselamatan namun justru memberikan pernyataan yang dapat menimbulkan keresahan bagi kerukunan sesama umat beragama. Bagi saya jalan keselamatan dapat diperoleh jika kita mau bertoleransi dan berbagi kasih dengan sesama tanpa memandang suku, ras, golongan maupun agama dan bukan dengan mengeksploitisir kekurangan dari agama lain. Saya menilai pribadi tersebut belum sunguh2x mengimani ajaran kasih Kristus karena dia merasa mempunyai hak untuk menghakimi dalam hal ini menenai agama yang pernah dianutnya. Semoga saudara2x kaum muslim tidak mudah terprovokasi dengan hal2x semacam ini yang belakangan ini sering terjadi yang hanya akan menimbulkan permusuhan serta kebencian dan bukan nya kerukunan serta kedamaian diantara kaum beriman.

    Salam Damai Kristus…

  67. Salam Sejahtera…

    Saya sebagai penganut iman Kristiani merasa sangat prihatin dengan adanya kesaksian dari pribadi yang mengaku telah menemukan keselamatan namun justru memberikan pernyataan yang dapat menimbulkan keresahan bagi kerukunan sesama umat beragama. Bagi saya jalan keselamatan dapat diperoleh bila kita mau bertoleransi dan menghormati sesama tanpa memandang latar belakang agama dan bukan dengan mengeksploitisir kekurangan dari agama lain. Saya menilai pribadi tersebut belum sunguh2x mengimani ajaran kasih Kristus karena dia merasa mempunyai hak untuk menghakimi dalam hal ini mengenai agama yang pernah dianutnya. Semoga saudara2x kaum muslim dapat lebih bijaksana dalam menyikapi hal ini dan tidak mudah terprovokasi dengan hal2x serupa yang belakangan sering terjadi yang hanya akan menimbulkan permusuhan serta kebencian dan bukan nya kerukunan serta kedamaian diantara kaum beriman.

    Salam Damai Kristus…

  68. Cara terbaik untuk membuktikan kebenaran cerita mas Muhammad Ali Machrus Atamimi ini adalah dengan cara mengundangnya ceramah ke gereja saudara. Terakhir yang saya dengar beliau baru saja kesaksian di sebuah gereja di Muntilan (Des ’08)

  69. Buat kamu muslim.
    Walau bagaimana orang murtad maupun paham lainnya janganlah dimusuhi , tapi harusnya malah dikasihani karena pemahamamnya yang sempit dan juga buat interopeksi diri. Karena pemahaman umat islam awam juga sangat terbatas. Tugas para juru dahwah untuk menjawab semua pemahaman yang hanya dipermukaan . Ibarat kita berdiri dipermukaan tanah tapi tidak digali ada apa dibawah tanah yang kita pinjak, belum lagi ada apa dilautan nan luas. Makna daratan adalah lisan kita dan lautan kiasaran dari hati kita. Manusia ini adalah miniatur alam semesta yang perlu digali bagi yang sadar. Didalam manusia ada Unsur tanah air udara dan api . ada daratan sungai sungai lautan bahkan ada malaikat iblis hewan hewan bahkan Allah berada lebih dekat dari yang paling dekat. Tapi kalau semua sadar maka semua manusia adalah umat yang satu. karena fitrah manusia memang harus beda beda paham kecuali bagi mereka yang sadar untuk mengenal dirinya maka dia akan mengenal tuhannya.

  70. Membaca salawat makna sebenarnya bukanlah mendoakan nabi muhammad tetapi nama muhammad dimaknai 3 M, Manusia manusia manusia. Artinya umat islam mendoakan selamat kepada seluruh umat manusia. Manusia didalam kandungan , manusia didunia dan manusia di akherat. bab batu sebenarnya setiap manusia didalam dirinya ada batu sehingga maka itropeksilah batu didalam diri kita , batu itu keras ibarat aku , ini golonganku ini keluargaku ini hartaku ini agamaku. Lepaskanlah batu didalam diri kita maka semua akan damai.

  71. Buat Saudara Muslim.
    Walau bagaimana orang murtad maupun paham lainnya janganlah dimusuhi , tapi harusnya malah dikasihani karena pemahamamnya yang sempit dan juga buat interopeksi diri. Karena pemahaman umat islam awam bahkan yang menyebut dirinya dai ilmunya juga sangat terbatas. Tugas para juru dahwah untuk belajar lagi supaya dapat menjawab semua pemahaman yang hanya dipermukaan . Ibarat kita berdiri dipermukaan tanah tapi tidak digali ada apa dibawah tanah yang kita pinjak, belum lagi ada apa dilautan nan luas. Makna daratan adalah lisan kita dan lautan kiasan dari hati kita. Manusia ini adalah miniatur alam semesta yang perlu digali bagi yang sadar. Didalam manusia ada Unsur tanah air udara dan api . ada daratan sungai lautan hewan-hewan bahkan ada malaikat iblis bahkan Allah berada lebih dekat dari yang paling dekat. Tapi kalau semua sadar maka semua manusia adalah umat yang satu. karena fitrah manusia memang harus beda beda paham kecuali bagi mereka yang sadar untuk mengenal dirinya maka dia akan mengenal tuhannya.
    Jawaban selapis tentang pemahaman apa yang menjadi dasar pindahnya anggota FPI.
    Membaca salawat makna sebenarnya bukanlah mendoakan nabi muhammad tetapi nama muhammad dimaknai 3 M, Manusia manusia manusia. Artinya umat islam mendoakan selamat kepada seluruh umat manusia. Manusia didalam kandungan , manusia didunia dan manusia di akherat. setiap ayat al-quran bahkan setiap hutufnya ada makna berlapis-lapis. Ayat ke 5 surat al-fatihah janganlah diartikan “berilah kami pentunjuk jalan yang lurus” tetapi artikan ” Tetapkanlah kami ke jalan yang lurus” karena mengartikan ayat secara tersurat tentulah jauh dari makna sebenarnya , bagi umat islam seharunya mulai menggali makna yang tersirat dari setiap huruf maupun ayat yang ada ” bab ibadah haji mengenai batu untuk mengingat sebenarnya setiap manusia didalam dirinya ada batu sehingga maka itropeksilah batu didalam diri kita , batu itu keras ibarat aku , ini golonganku ini keluargaku ini hartaku ini agamaku. Lepaskanlah batu didalam diri kita maka semua akan damai. tetapi memang lapisan-lapisan makna yang tersirat tidak semua bisa diberikan secara terbuka. Karena patang diberikan kalau tidak diminta takut nanti seperti apa yang dikatakan Isa/Yesus didalam Matius 7:6. Atau seperti sabda Rasullah ” Jangan kamu kalungi celeng dengan berlian karena tidak ada manfaatnya atau malah membahayakan celeng itu ” atau nanti jadi ” Salah letak keliru pasang “. Semoga semua manusia selamat didunia sampai akherat. Selamat menggali ilmu , selamat memburu ilmu.

  72. ada-ada aja…..kalo ada yg kayak gitu ga usah diinvestigasi….bunuh aja!

  73. Salam kenal dari saya

    Hatim Gazali
    http://gazali.wordpress.com

  74. Alif Lam Min kalau mau diartikan Allah Air Kehidupan boleh saja tetapi makna :
    Air = Ilmu
    Kehidupan = Manusia
    Jadi kalau disambung maknanya : Allah Memberi Ilmu Kepada Manusia.
    Tetapi lebih tepat kalau :
    Alif = Allah
    Lam = Lam dari kata Kalam artinya firman
    Min = Mukmin.
    Jadi arti keseleluruhan : Allah Berfirman Untuk Manusia.

  75. Sebelum panjang lebar, sebaiknya kita merenungkan diri kita sendiri. Apalagi kalau ada kata2 yang dapat memecah belah perdamaian umat manusia.
    Renungkan pada diri kita sendiri, “Apakah kata2 yang keluar dari mulut saya dalam 1 hari ini melenceng dari ajaran2 Agama kita?”

    itu hanya sebatas kata2 yang keluar dari mulut. lantas sanggupkah kita untuk menaruh beban atas prilaku kita dalam 1 hari penuh?

    penulis hanya ingin kedamaian, hargailah diri sendiri dan hargailah mereka.
    dan yang lebih penting “HARGAILAH UMAT MANUSIA YANG SEDANG BERDOA”
    membunuh orang yang sedang berdoa itu orang yang sangat di benci oleh Tuhan, Tuhan tidak pernah mengajarkan umat manusia untuk saling membenci apalagi membunuh.

    TENTU MASIH INGAT DENGAN 10 PERINTAH ALLAH!

    Terima Kasih

  76. Islam, Kristen dan Yahudi adalah agama-agama satu rumpun, yaitu rumpun Abrahamik. Ketiga agama ini banyak mengklaim kebenaran tapi dangkal spiritualitasnya. Ketiga agama yang serumpun ini mengajarkan kebencian, kekerasan dan permusuhan sepanjang masa.

    Sebagian besar konflik dan krisis multi-dimensi yang terjadi di Indonesia saat ini adalah diakibatkan oleh upat-upat dari agama-agama rumpun Abrahamik.

  77. Jangan banyak komentar yang tidak nenyelesaikan nasalah.
    Katakanlah dan buktikan bahwa semua yang dikatakan pak makrus itu tidak benar. Ittu yang paling penting. Jika tidak bisa anda buktikan semau kata beliau salah, berarti pak makrus tidak membuat fitnah apapun atau mengadu domba siapapun karena dia berkata benar.

  78. TEMUAN FAKTA
    1. MUHAAMMAD SEORANG POLIGAMERS (22 ISTRINYA)
    2. MUHAMMAD CUMA MINORITAS SEDANG ISA MAYORITAS DALAM ALQURAN 2% BANDANING 75%
    3. ISA ALMASSIH ADALAH HAKIM YANG ANDA TUNGGU2.
    4. HANYA ISA YANG BERANI MENJAMIN KESELAMATANMU

    • royyyy yg cem kl bener begitu tolong tunjukan satu ayat aj yesus/isa yang mengatakan bahwa dia adalah tuhan/allah…..lah wong ndia aj ga mau disalib n ga mampu lepas dari salib eeehhhh nie kamu malah bilang hanya isa yang berani menjamin keselamatanmu…..kepiye iki rekkkkkkk…dadine mumet iki siraqu…..

  79. gw ga ngerti neh ama orang2 yg debatin beginian….lanjut aja trussss
    gw jamin ga bakalan ada jalan keluar..ujung2nya jelek2in antar agama!
    yg logis kenapa seh pemerintah ga nglarang ormas bikin rusuh macam FPI tuh…itu baru perlu!!! yg beginian mah, only GOD knows why…

    God bless u all, broooo

  80. Pengikut Yesus non-Israel disebut anjing. Sebagaimana Perempuan Kanaan disamakan dengan Anjing beriman oleh Yesus. Mat 15:27 Kata perempuan itu: “Benar Tuhan, namun anjing itu makan remah-remah yang jatuh dari meja tuannya.Aku gak mau jadi anjingnya Yesus. Dalam Islam justru non Arab dimuliakan dengan panggilan: Wahai orang-orang yang beriman… atau Wahai manusia…

    Yesus tidak menjanjikan surga bagi pengikutnya: Mat 7:21-23–Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga.Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga?Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!”

    Jelas sekali semua perkataan Yesus itu mengarah pada orang Kristen sendiri. Kristen adalah buah yang buruk, yakni imperialisme dan kolonialisme. Yesus yang berak dan kencing diangkat menjadi Tuhan. Inilah buah kejahatan Kristen. Murtadin itu telah bersekutu dengan Setan dan menyesatkan banyak orang. Kelak dia akan dimasukkan kedalam neraka. Mat 5:29-30–Maka jika matamu yang kanan menyesatkan engkau, cungkillah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu jika satu dari anggota tubuhmu binasa, dari pada tubuhmu dengan utuh dicampakkan ke dalam neraka.Dan jika tanganmu yang kanan menyesatkan engkau, penggallah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu jika satu dari anggota tubuhmu binasa dari pada tubuhmu dengan utuh masuk neraka. Mat 18:7-9–Celakalah dunia dengan segala penyesatannya: memang penyesatan harus ada, tetapi celakalah orang yang mengadakannya.Jika tanganmu atau kakimu menyesatkan engkau, penggallah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu masuk ke dalam hidup dengan tangan kudung atau timpang dari pada dengan utuh kedua tangan dan kedua kakimu dicampakkan ke dalam api kekal.Dan jika matamu menyesatkan engkau, cungkillah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu masuk ke dalam hidup dengan bermata satu dari pada dicampakkan ke dalam api neraka dengan bermata dua. Mar 9:43-48–Dan jika tanganmu menyesatkan engkau, penggallah, karena lebih baik engkau masuk ke dalam hidup dengan tangan kudung dari pada dengan utuh kedua tanganmu dibuang ke dalam neraka, ke dalam api yang tak terpadamkan;(di tempat itu ulatnya tidak akan mati, dan apinya tidak akan padam.Dan jika kakimu menyesatkan engkau, penggallah, karena lebih baik engkau masuk ke dalam hidup dengan timpang, dari pada dengan utuh kedua kakimu dicampakkan ke dalam neraka;(di tempat itu ulatnya tidak akan mati, dan apinya tidak akan padam.Dan jika matamu menyesatkan engkau, cungkillah, karena lebih baik engkau masuk ke dalam Kerajaan Allah dengan bermata satu dari pada dengan bermata dua dicampakkan ke dalam neraka,di mana ulat-ulat bangkai tidak mati dan api tidak padam.

    Pendeta penipu sama dengan roh Penyesat!

    • Semoga Tuhan, Pencipta alam semesta, Yang Berkuasa atas seluruh hidup manusia, Yang Maha Benar dan Maha Baik membimbing Anda, agar dapat memahami apa yang tertutup bagi orang lain.

      Semoga Anda diberkati dengan hati yang tulus dan penuh rendah hati dan pengorbanan, agar dapat menanggung setiap celaan dan ejekan. Sebab, siapa yang merendahkan dirinya akan ditinggikan, tetapi siapa yang mau meninggikan diri, ia akan direndahkan.

  81. ATTENTION!!!!<———-
    SEMUA HARUS BACA!!!<———-
    Sangat menarik membaca perdebatan diatas
    karena:
    1. Menurut saya semua pemeluk agama HARUS menerapkan agamanya dengan benar. Tak usahlah sok berdebat tetapi pada munafik tidak melaksanakannya dengan benar. Betul gak??? Jawab dalam hati! kalau tidak nanti tertarik seperti penulis aaa/ adibba
    2. ADANYA PIHAK YANG MEMANFAATKAN SITUASI INI UNTUK MENJELEK2KAN SEMUA AGAMA. SEDANG DIA TAK BERAGAMA!!
    Menurut anda penulis pesan pada nomor.29-33,36,39,42,43,54, 59 dsb beragama apa? dan masih banyak agen2 anti agama bergerak seperti MLM. Dia berusaha sekali mempengaruhi/mencuci otak pembaca agar tidak beragama (lihat seberapa banyak dia menulis niat sekalikan!?!)
    Sadarilah pembaca anda ingin indonesia menjadi tidak bermoral karena tak beragama? Saya yakin agama yang masih didukung oleh penulis tsb. diatas adalah agama palsu!!!!!
    agama yang didukungnya adalah bentukan FREMASONRY yang membentuk agama2 palsu disekitar Islam maupun Kristen.
    Waspadalah karena AGEN2 pemecah agama berusaha mempengaruhi pemikiran anda dari berbagai sudut kehidupan dengan cara yang sangat pintar dengan menghalalkan segala cara. Apakah saya membual???? perTEBAL IMAN anda!
    Pesan saya pada penulis tsb
    O..OO… Kamu ketahuannnn!!!
    ATTENTION!!!!

  82. jadi menurut anda itu agama di indonesia itu cuma 2 ya ? anda itu warga negara mana? belum pernah dapat pelajaran PPKN atau PMP? ya anda adalah pembual dan pemfitnah.Anda mengatakan kalau agama saya adalah FREMANSORY pemecah belah berarti anda itu menggangap 3 agama lain selain islam dan kristen adalah sesat? anda itu tidak pernah bersekolah ya ? tidak pernah belajar tentang ilmu kewarganegaraan? tidak tahukah anda tentang bunyi pasal 29? anda itu orang yang dungu dan tukang fitnah sampah masyarakat.

  83. jadi menurut anda itu agama di indonesia itu cuma 2 ya ? anda itu warga negara mana? belum pernah dapat pelajaran PPKN atau PMP? ya anda adalah pembual dan pemfitnah.Anda mengatakan kalau agama saya adalah FREMANSORY pemecah belah berarti anda itu menggangap 3 agama lain selain islam dan kristen adalah sesat? anda itu tidak pernah bersekolah ya ? tidak pernah belajar tentang ilmu kewarganegaraan? tidak tahukah anda tentang bunyi pasal 29 UUD45? anda itu orang yang dungu dan tukang fitnah sampah masyarakat

  84. jadi menurut anda 3 agama lain di indonesia sesat?anda anggap 3 agama itu bukan agama? anda warganegara mana? tidak pernah belajar PPKN atau PMP? apakah anda bermoral dengan mengatakan kalau agama saya adalah palsu sekalipun diakui di negara indonesia,anda bahkan tidak tahu apa agama saya ? ya anda memang pembual dan pemfitnah dan tidak bermoral.Anda lulusan TK-kah sampai tidak tahu kalau indonesia diakui 5 agama? anda tidak pernah membuka UUD45 pasal 29 ya? anda memang dungu dan pemfitnah sampah masyarakat.

  85. weleh2 sawon hrs pinter yah..berapa lama lo sekolah Alkitab???
    weleh2 gw tw..diem2 lo kagum sama Yesus kan..pengen bertobat getho kae si pendeta markus ntuh,,,bagus ntuh!!!salut deh..weleh2..seneng dech banyak yg bertobat:)
    christiangirl..Jlu..

  86. thanks God!!!
    akhirnya terbuka juga matahatinya untuk melihat kebenaran sesungguhnya…
    pesanku..
    jangan kembali lg ke agama yg lama yah,pertahankan yg ad skarang biar gk jd penghuni neraka yg kekel yah ^_^
    ntar TUHAN pasti lindungi kamu,Dy kn baek bgt srerti kebaikan hati bapak trhadp anaknya,bukan HAMBA yang = BUDAK

  87. Ada yang kenal Ismail?, Ada yang kenal Isak?
    Dari sanalah semua berasal. Belajar sejarah yuuukkk…….

  88. Kacian Kristen.. ketipu lagi… ketipu lagi..

    Gak Kapok2 nya kena Tipuuuuuu!!!

    Harusnya Peristiwa penipuan sperti ini yang lalu2 itu jadi cerminan para petinggi kristen supaya ga malu2in.

    Ketipu lagi… Capeeek deeeeeeeeeeehh…

  89. Mengenali Agama yang benar, bagiku cukup ini sajalah:
    bahwa Si pembawa berita (pengajar agama)…entah disebut nabi, raja, imam harus berani berkata dan kata-2nya harus sangat meyakinkan bahwa diri-Nyalah yang berkata langsung kepada manusia lain, dan yang dikatakannya bukan karena hasil pembisikan atau wangsit, 2000th yll Yesus berani berkata seperti ini: Kata Yesus kepadanya: [b]“Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.[/b]

    adakah pengajar agama/nabi lain selain Yesus yang berani berkata seperti itu ?

    gitu aja deh!

    • berarti bapa ma yesus beda dunzzzzz,,,disitu tertulis tidak ada seorangpun{orang kan manusia}yang datang kepada bapa[tuhan/allah],kalau tidak melalui aq[aqkan manusia]….tampakx aadidi harus belajar kesekolah lg untuk memahami kata-kata yang sangat mudah dipahami ma anak sd ini dah…….

      gitu aj deh.!

  90. ustadz islam masuk kristen,
    lalu semua orang kristen bersorak membahana.

    pendeta kristem masuk islam,
    lalu semua orang islam bersorak bergembira.

    hahaha.. lucu sekali..
    tapi gini..
    coba bayangin deh..

    seandainya di dunia ini cuman ada agama kristen.. pasti agama kristen akan hancur.. kenapa? ya karena semua orang udah kristen jadi mo ngapain lagi nyebarin agama??

    coba bayaning deh..
    seandainya di dunia ini cuman ada agama islam.. pasti agama islam itu akan hancur juga.. kenapa? ya karena semuanya udah islam.. lama kelamaan pasti nilai2 meluntur.. ga ada lagi yang nyebar2in agama.. hancur deh..

    so, guys.. u know what? lo tau kenapa agama lo makin kuat?? ya karena ada agama seberang!!! agama islam makin kuat karena ada agama kristen dan agama kristen makin kuat karena ada agama islam!

    dan pada dasarnya ini semua ialah bagian dari suatu proses saling menguatkan.. sampai suatu saat dua2nya akan hancur.

  91. qqq…si aaa kok marah2…. essmosi..
    maksud saya kan baek… ;-)
    agar semua orang tau ada orang bodoh macam anda.. anggap saya bodoh amat..
    anak SD juga tau isi pasal 29, 5 agama2 resmi di Indonesia tercinta… memang ada kata2 saya menghina agama lain???
    yang saya hina orang aneh yg mengaku beragama (agama diKTP aaa mana saya tau..!)tapi berusaha mendoktrin pemikiran kita yang rata2 yakin dengan kebenaran agama masing2x dengan pemikiran tersirat “agama tidak penting”??
    mas aaa mau menamakan apa komunitas yang mempunyai visi seperti anda? sambil mendoktrin lagi.. apa lagi kalo bukan doktrin/konspirasi dari FREEMASONRY!!! (Freemasonry adalah organisasi bentukan orang2 YAHUDI TAK BERAGAMA terbesar di dunia)ck..ck..ck.. (baca psn no 81)

  92. wah wah saya salut dengan phrackovick ini yang mempunyai moral tingkat tinggi,hobi sekali memfitnah seseorang apakah agama anda mengajarkan hal2 seperti itu? ataukah anda memang dididik oleh orangtua anda menjadi seorang pemfitnah?

    “apa lagi kalo bukan doktrin/konspirasi dari FREEMASONRY!!! (Freemasonry adalah organisasi bentukan orang2 YAHUDI TAK BERAGAMA terbesar di dunia)ck..ck..ck.. (baca psn no 81)”

    sekarang phrackovick yang bermoral luar biasa tolong ditunjukkan bagian mana dari tulisan saya yang menunjukkan kalau saya adalah anggota dari FREEMASORY? manusia tipe maling teriak maling yang suka memfitnah itu sudah pasti anggota komunis atau agama sesat cara2 seperti itulah yang dipakai oleh PKI dulu.

    sekalian juga phrackovick yang bermoral luar biasa tolong disebutkan agama anda yang sangat mulia tersebut (kalo anda memang ber-agama tp kelihatannya sih tidak) biar banyak yang tidak tersesat mengikuti agama seorang tukang fitnah,kalo anda yang merasa paling bermoral saja seperti ini bagaimana yang tidak bermoral dalam agama anda

  93. menurutku cerita ini bohong.
    karena umat islam merasa kehilangan muka apa yang telah di beritakan markus di vcd.
    saya harap teman2 muslim sadar…bahwa
    HANYA YESUSLAH JURUSELAMAT DAN IMAM AGUNG DI AKHIRAT DAN BUKAN MUHAMMAD

    • wong dia aj ga bsa selamet dri tiang salib eeeeeeee gtu kok mo jadi juru selamat….mimpi kaliiiiii yeeeeeeee

  94. Hanya ingin share sedikit, semoga memuka sedikit mata rohani kita semua: “Sebab pemberitaan tentang salib memang adalah kebodohan bagi emrkea yang akan binasa, teteapi bagi kita yang diselamatkan pemebritaan itu adalah kekuatan Allah” (1 Kor 1:18)

  95. 78. Roy, berkata:
    “ISA ALMASSIH ADALAH HAKIM YANG ANDA TUNGGU2.”
    yup betul…
    sila cek di kitab suci anda (Al-Qur’an)…
    terima kasih…

  96. Sekedar konfirmasi saja, bagi anda yang menggunakan identity Krisna Dewi Maharti (comment no 68 dalam artikel ini), please gunakan nama anda yang sebenarnya. Karena saya sudah konfirmasi ke pemilik nama asli, dia tidak pernah memposting tulisan ini.

    Mari kita hormati nama dan karakter orang lain.

    Reasoning: untuk 3 kombinasi nama spt Krisna Dewi Maharti, rasanya amat tak lazim terjadi duplikasi nama, walaupun bukan berarti tidak mungkin terjadi. Mohon konfirmasi Anda yang menggunakan nama ‘Krisna Dewi Maharti’

    Terima kasih banyak rekan-rekan Blogger Indonesia

  97. nggak usah bingung dengan berita yang simpang siur…..
    kalau Anda semua baca di Tabloid Nurani edisi no 29 bulan Februari 2008, Anda akan menduga bahwa Markus Margiyanto = ALi Mahkrus Atamimi..
    Silakan jika Anda menduga demikian,

    kalau yang saya tahu sih, Mahkrus Atamimi BUKAN Markus Margiyanto

    tetapi setelah saya baca berita di Tabloid Nurani tersebut, saya konfirmasi dengan Bapak Ali Mahkrus, beliau tetap menjadi hamba Yahweh, dan menyarankan untuk tidak menanggapi (membiarkan) berita-berita yang demikian. Beliau mengatakan kalau tidak pernah dihubungi wartawan.
    Oh ya.. beliau juga menyarankan saya untuk tidak menyebarluaskan kesaksian beliau,
    ya.. memang selama ini saya melalui http://gkmin.net , menawarkan jika ada yang mau copy kesaksian beliau, bisa kirim email ke saya, kemudian dapat saya kirim ke alamat Anda.

    tetapi dengan pesan dari Bapak Ali Mahkrus, saya tidak lagi melayani permintaan VCD, tetapi untuk VCD yang ke-tiga, saya masih bisa kirimkan, karena isinya “biasa-biasa saja”
    sekarang Bapak Ali Mahkrus percaya pada Bapa Yahweh (dan tidak lagi menggunakan kata “Allah”), dan inilah yang mungkin menjadi penyebab sekarang beberapa gereja menghindari beliau, karena banyak gereja masin “mempertahankan” Allah

    Nah.. VCD ketiga itulah kesaksian setelah beliau dibabtis ulang di sebuah gereja di Magelang (12 November 2007) — saya menghadiri kebaktiannya.

    konfirmasi terakhir saya dengan Beliau tanggal 19 Februari 2008. beliau masih hamba Yahweh… ya saya konfirmasi melalui bantuan Pendeta yang membabtis Ali Mahkrus.

    Sudahlah.. tidak usah membicarakan Ali Mahkrus terus menerus, apalagi dengan berita yang “simpang-siur”, nanti juga akan banyak yang tahu, mana yang benar mana yang tidak benar… yang jelas, Ali Mahkrus bertobat, percaya kepada Yesus, dan sekarang percaya pada Tuhan Yahweh, bukan Tuhan Allah. beliau menyatakan dalam kesaksiannya “43 tahun menggunakan kata itu (maksudnya “Allah”) dan sekarang sudah meninggalkannya”

    copy paste dari: http://www.akupercaya.com/forums/warung-kopi/10669-ask-kesaksian-ali-makrus-al-tamimi-3.html

  98. umyek…..
    tapi asik juga sih…..
    ngoplo aja yuk…..

  99. saya sudah lihat VCD Makrus.
    Kesimpulan saya :
    1. Ia tidak bohong atas apa yang diucapkannya. hal senada pernah disampaikan oleh Ratu Epon dari Banten, Ahmad maulana anaknya KH.Khosim Nurseha. Yusuf Roni dari palembang dll.
    2. Menyimak kata2nya atas pengalaman yang diungkapkan, ia cerdas dan pandai. Orang cerdas dan pandai tak mungin disuap dengan sembako untuk jadi kristen, kecuali tuduhan semata.
    3. Ia jadi Kristen karena Kebenaran hakiki ada didalamnya. Terserah cara Kristus untuk menyapanya, itu hak perogratif Yesus, karena Isa fa Innahu Rohullah wa Kalimatuhu.

  100. Menganggapi berita yang beredar wahar-wajar saja ada yang pro dan kontra. Tetapi mari kita lihat faktanya bahwa sudah banyak org islam yang masuk kristen dan sebaliknya. Yang menjadi pertanyaan bahwa tidak pernah saya mendengar bahwa org kristen yang masuk islma dibunuh ataau diancam dibunuh, paling banter di keluarkan dari kelarga dan lain-lain. Nah org islam yang masuk kristen, pada proses awal masuknya mereka; di ancam untuk dibunuh bahkan kalau tidak salah ada beberap yang di bunuh (mis : seorang uztad yang bertobat di daerah kalimantan- saya lupa namanya, beliau sempat menggegerkan umat muslim di tahun 70 an/80 an) jadi sekarang siapa yang kebakaran jenggot? Bukankah masalah agama itu bergantung kepada hati nurani seseorang? Buat apa kita menganut suatu agama klo kita toh menganutnya hanya karena doktrin/paham yang sudah ditanamkan atau pun karena keluarga kita sudah mememluk suatu agama secara turun temurun? Menurut saya agama/iman harus secara mendalam dipahami dengan cara membuka nalar dan hati. Jika menganut agama hanya karena faktor2 yg sudah saya kemukakan diatas, kita akan seperti robot yang sudah diprogram, tidak tau apa2 kecuali melaksanakan apa yang sudah diperintahkan. Nah, kita ini manusia yang punya akal, nurani untuk mengerti, memahami dan mampu membedakan mana yang baik dan buruk. Kakalu Pak Ali Makrus murtad dari islam ke kristen berarti dia sudah menggunakan akal dan nuraninya. Pertanyaannya, salahkah dia menggunakan itu? tidak kan? kalau pun dia sepertinya menghujat/menista agamanya dahulu, saya rasa itu hanya perasaan umat muslim saja, karena toh dia bersaksi di kalangan umat kristen. Lantas masalahnya apa? klo dia bersaksi di kalangan umum, itu yang jadi masalah. Sebaliknya org2 kristen yang masuk islam pasti juga melakukan hal2 demikian, bersaksi/ menceritakan pengalamannya selama memeluk agam kristen di mesjid2 atau pertemuan2 untuk kalangan muslim dan toh tidak ada org kristen yang mengomentari hal itu sebagai suatu penistaan. Karena di dalam Alkitab itu sendiri sudah ada nubuatan tentang mereka ini : “ORANG YANG TERDAHULU AKAN MENJADI YANG TERKEMUDIAN DAN ORANG YANG TERKEMUDIAN AKAN MENJADI ORANG YANG TERDAHULU”. Anda tau maksudnya? Di akhir zaman ini akan banyak org kristen (YANG TERDAHULU) akan murtad memluk agama lain (YANG TERKEMUDIAN). Dan juga akan banyak org Non Kristen (YANG TERKEMUDIAN)akan menjadi orang orang kristen (TERDAHULU). Jadi coba kita pahamai secara benar2 bahwa kita tidak punya hak atas akal dan nurani orang lain. Thx

  101. Nama orangnya kontroversial, sumber tulisannya juga kontroversial… Hasilnya debat kusir nggak jelas sampe 100 tanggapan…
    Kalo sumbernya dapat dipercaya sih bisa seru debatnya…

  102. Setiap manusia dibawah kolong langit ini punya HAK untuk menentukan pilihannya.kenapa pada syewot sihhh..mo dia kristen kek..islam kek..pura-pura murtad kek…urusan dia sama Tuhan!!!mending sekarang kita ngurus diri masing-masing.diri kita sendiri aja belum bener,mau sok-sok an ngurusin urusan orang,cari2 kesalahan orang.ck..ck..orang indonesia emang kayanya susah maju kalau sifatnya begini2 aja!!

  103. mungkin kalau saudara tersebut menyatakan dirinya atheis, gak akan sepanjang ini debatnya….? :D

  104. mau sampe kapan pun ngebahas kyk gni g selesai2. yang namanya iman g bisa kalian nalar pake logika…siapa si yang bisa mikir pake logika mujizat Tuhan? biarlah itu semua menjadi rahasia Tuhan…manusia mpe botak juga g akan bisa ngebuka tabir rahisia ILLAHI…
    Thx

  105. Ketika orang menganggap membunuh adalah ibadah sungguhlah pada saat itu merupakan bagian dari kiamat!
    ketika nalar dipertanyakan jawablah dengan nalar!ketika religi dipertanyakan jawablah dengan hatimu!
    aku tumbuh dan besar di Indonesia leluhurku mengajarku dengan olah Hati dan Rasa. biarpun tidak punya kitab tapi kami punya Tuhan YME.
    ajaran yang mengijinkan untuk membunuh bukanlah ajaran yang baik!
    SADARLAH WAHAI ORANG INDONESIA AGAMA YANG KALIAN ANUT BUKAN AJARAN DARI BANGSAMU SENDIRI!!SEMUA AJARAN ASING>>
    buat apa kita meributkan pertentangan ajaran agama dari bangsa asing..
    “TERBANGLAH PANCASILA KU SADARKAN RAKYATMU AKAN KEANGGUNAN WARNA MERAH PUTIH.”

  106. aku merenung, aku berfikir, aku terbelalak, mengapa ? manusia terlihat kejam, saling membenci, saling menghujat, saling ingin membunuh. mereka berkata: aku orang beragama, aku orang yang suci, aku paling benar, aku iri dengan semut hitam yang ada di pohon lapuk, mereka bekrja sama, saling membantu, membagi tugas, menyusun rumah, mencari makan, bersama, disitu ada kedamaian, tidak ada pertengkaran, apakah semut itu juga mengenal Tuhan ? dipemerintahan semut tidak ada KPK, tidak ada korupsi, tidak ada makelar pengadilan, tidak ada teroris, tidak ada polosi, tidak ada hakim, tapi mereka hidup tentram, apakah derajat manusia lebih rendah dengan semut. renungkan apa arti hidup, untuk apa? untuk siapa? caba tanya pada semut hitam.

  107. berita terbaru…
    Ali Mahkrus Atamimi Mengaku Sudah Muslim..
    Silakan baca di http://gkmin.net/?p=93

  108. orang yang mengaku2mantan ketua fpi yang murtad itu,hanya memperkeruh keadaan dan salah satu upaya penghasutan..yang akan memperuncing keadaan dan memecah belah umat beragama..hati hati

  109. Seharusnya memang Makhrus atau Markus tidak justru mengatakan hal yang demikian didepan umum. Tidak semua orang yang bisa mengerti dan menanggapi apa yang disampaikannya sesuai dengan maksud dari pada Makhrus yang sebenarnya.

    Seandainyapun para penganut agama Islam berbuat salah dan menghina Isa Almasih (Tuhan Yesus), tidak seharusnya penghinaan itu dibalas dengan penghinaan juga.

    Isa Almasih sudah merendahkan dirinya mengambil wujud sebagai manusia. Menjadi salah satu diantara kita untuk menunjukkan kepada kita manusia bahwa walaupun DIA adalah Allah tetapi DIA rela dianiaya supaya setiap orang bisa melihat KASIH-NYA yang besar terhadap setiap manusia. Satu manusia seharga DARAH-NYA yang tercurah dan DAGING yang terkoyak-koyak untuk ku, untukmu dan untuk kita semua. Supaya dosaku dan dosamu dan dosa kita semua ditebus dengan oleh DIA. DIA menjadi jembatan diantara kita dan ALLAH. Supaya hubungan yang terputus sejak dari NAbi Adam dan Hawa menjadi pulih antara kita dan Allah menjadi pulih. Supaya kamu dan aku menjadi ahli waris dalam Kerajaan Allah yang Kekal selamanya, itulah Surga itu.

    Tuhan mengasihi kita semua. Amin

  110. Jika memang benar Makhrus telah mempercayai Isa Almasih adalah Tuhan dan Juruselamatnya, maka Terpujilah Tuhan yang telah membukakan dan menumbuhkan Iman dalam hati Makhrus terhadap Isa Almasih Sang Penebus salah. DIA lah Allah yang sanggup mengubah hati setiap orang. Kita manusia tidak sanggup.

    Dan kalaupun dia berbohong, kiranya Tuhan menginsyafkan dia akan dosanya.

    Kiranya Allah menunjukkan Jalan Lurus kepada setiap mereka yang sedang mencari atau yang tidak perduli akan DIA.

    Ismail dan Ishak memiliki Bapa yang sama yaitu Bapa Abraham. Bapa Abraham menyembah ALLAH yang menjanjikan KESELAMATAN dan BERKAT bagi keturunannya.

    Betapa Allah mengasihi semua orang dengan kasih-NYA yang tak berkesudahan. Isa Almasih berkata: “Kasihilah sesamamu manusia bahkan musuhmu sebagaimana kamu mengasihi dirimu sendiri.”

    Diatas semuanya Kiranya Nama Tuhan dimuliakan dan saudara/i yang tidak mengenal hati BAPA menjadi mengerti dan mengenal dan menikmati KASIH BAPA yang besar dan tak ada habisnya..

    Sebagaimana Bapa Abraham mengenal hati Allah…
    dan
    Sebagaimana Ishak mengenal hati Bapanya Abraham…
    Demikianlah kiranya keturunan Ismail mengenal Kasih dan hati BAPA yang melimpah bagi dia.. sehingga kebencian dan amarah yang disulut si jahat dapat digantikan menjadi kasih. Bukan kasih manusia yang terbatas tetapi kasih Allah yang tak terukur. Amin..Amin…Amin…

    Love in Christ..

  111. di al qur’an said “bagimu agama mu dan bagi ku agamaKU”
    i believe with i believe in and what believe is HUMAN NEVER EVER BECOME A GOD”

    if you can that way, you’ll find the answer

  112. ITULAH KASIH SAYANG ALLOH KEPADA HAMBANYA ALI MACHRUS. BAGAIMANA DENGAN ANDA? APAKAH SIAP MENYUSUL UNTUK MENGHINDARI SIKSA API NERAKA.
    JALAN YANG DIAMBIL ALI MACHRUS BENAR-BENAR TEPAT!
    SELAMAT SAUDARAKU ALI MACHRUS.

  113. Banyak orang pandai mengatakan apa yang dikatakan orang lain, tapi sedikit orang yang mengatakan apa yang dia alami.
    Jangan memaksakan orang untuk berbuat seperti apa yang kita bayangkan. Tapi seharusnya dengan pengalaman hidup anda, anda bisa bertindak lebih manusiawi.
    Jangan bicara agama [lihat Al-Quran berbahasa Arab] hanya untuk orang yg ber-IQ tinggi. Karena iman tidak dinilai dari kepandaian [diskrimasi dong].
    …………………Saya malah pusing membaca posting-posting sebelumnya…….
    biar, saya tetap menjadi manusia saja, tidak galak, tidak kaku, tidak mekanistis, tidak paling benar, tidak-tidak-tidak yang menunjukkan perilaku hewani.
    Anda siapa sih?? Sedekat apa sih anda dengan Tuhan??
    Pendeta, Pastur, Kiai, Biksu, Filsuf gak asa yg berkomentar kok di forum ini. Hanya kalian aja yang berceloteh gak karuan.
    Sudahlah…forum ini tidak bermanfaat. Malu aku berkomentar.
    Anda siapa sih?? Sedekat apa sih anda dengan Tuhan??

  114. Tuhan….
    Betapa indahnya dunia jika semua manusia ciptaanMu yg percaya keberadaanMu saling hidup rukun dan damai. Tuhan… Engkau memberi byk agama bkn utk diperdebatkan yg akhirnya menyakiti pemeluk agama lainnya tetapi Engkau ingin memberi warna hidup dunia ini. Biarkan kami berempati, menghormati, toleransi terhdp perbedaan itu karena kami semua adalah manusia ciptaanMu yang telah kau pilih untuk mendiami bumi ini. Amin…

  115. Salam damai,
    Hanya sharing saja, sy pemeluk agama katholik, puji syukur selama sy ikut misa atau kegiatan gereja lainnya di beberapa kota dimanapun di Indonesia, pastor tidak pernah sepatah katapun menjelekan atau menghujat agama lain. Kami yakin pemuka agama lainnya searif pemuka agama sy. Biarlah rasa damai dan tenang berhembus di bumi yang semakin panas ini. GBU

  116. makasih buat semuanya, buat apa ngubris, kita sendiri yg akan pusing, kalo ada yg tahu pasti kebenaran VCD itu ya lapor ajah ke pihak berwajib menyangkut pelecehan Agama…para pembesar Agama saja cuek ?
    yang pasti Tuhan itu satu

  117. VCD nya sekarang udah menyebar ke Timor Leste…coba kita telusuri kembali Alquran dan Alkitab untuk melihat kebenaran dari VCD tersebut

  118. Saya bersyukur melihat Ali Mkrus memilih keyakinannya. Dia telah membaca dua kitab untuk menentukan mana yang suci dan mana yang tidak. Kebenaran kitab kan dapat dilihat dari perilaku peganutnya. Kitab yang suci dari Tuhan yang Esa pasti mengajarkan hidup yang tidak bertentangan dengan suara hati. Bila ada hukum dan kekejaman yang dilakukan mengatas namakan Allah, dan itu pasti bertentangan dengan suara hati…. Itulah yang ditinggalkan Ali Makhrus.

  119. syallom,

    mengapa kita umat beragama selalu bermusuh-musuhan?
    apa tidak bisa dipikirkan dengan kepala dingin, dan memakai akal budi kita.
    kami layak dibunuh? anda masuk sorga karena menumpahkan darah kafir?

    tolong gunakan akal budi kalian, gunakan hati kalian.
    ditengah Negeri Indonesia yg carut marut, kemiskinan, petumbuhan penduduk yg tinggi, juga kualitas pendidikan masyarakat yg rendah, janganlah jadikan bangsa ini medan perang.

    jikalau kalain menganggap kami layak dibunuh, kamipun tak gentar karena kehidupan yg sesungguhnya adalah bukan di dunia yg fana ini.

    terimakasih, damai menyertai saudara sekalian.

  120. Tidak ada Habib yang mempunyai Fam At Tamimi disini sudah jelas bahwa dia seorang penipu, seandainya dia mengetahui semua fam habib mungkin banyak juga yg mempercayainya tetapi bila dia menggunakan salah satu fam habib pasti akan di telusuri silsilahnya. Ro Be To ( bila tidak salah mengeja) adalah badan khusus yg mentelusuri silsilah para habaib utk( lelaki) dan syarifah utk( perempuan) yang berada di daerah Tanah Bang. Jadi Insya Allah tidak segampang seseorang mengaku bahwa dia mempunyai darah Muhammad SAW.

  121. gimana kalo yg kristen berkunjung ke situs islam,sebaliknya yg islam berkunjung ke situs kristen….mampu di ujikah anda………….wesselem….

  122. Wahai orang-orang beriman…..
    yang tidak beriman tidak Hai…

  123. Pendek aja yach.Udah banyak saran dari temen2 laennya.”Yuk saling bicara”. Jangan Jauh2 tho, deket khan lebih terasa mesra, Kata pakdeku,” ojo selalu reaktif, cepet capek” . Mikir yang adem tho, Sambil minum teh atao kopi susu, khan enak, tai ojo campur es yo.he..he. Nek arep Pindah Yo sumonggo, nek Mboten yo nggeh sumonggo, wis yakin tho? O ya, aku ni punya cita2, kapan2 aq mau ngajak temen2 yang ngeposting ni kata2 mancing bareng. he…..he…INDONESIA YANG BEAUTY, I LOVE U SO MUCH.KEEP MY WORDS. nGomong2, aku ni LAER DALAM Keluarga Katolik, aku nikmati aja. pernah suatu ketika aku mikir untuk tau kata2 atao kalimat2 dalam buku2 suci semua agama. YA aq cari tau, hasilnya ya ini. Aq senang aja denagn apa yang diberikan GUSTI mahakasih itu ke diriku yang rada2 ini. Oke coy, itu kata2ku, kalo ada yang keliru menurutmu, DELETE aja, karena yang aq tau bru segitu. SEkali lagi. LET’S SMILE TOGETHER, haaaaaaaa……ha.

  124. Film The Passion of The Christ diributin,
    Film tentang Nabi Muhammad diributin,
    Film Porno diributin,
    Film Horor diributin,
    Film tentang Kesaksian orang yang udah bertobat ke jalan yang benar dengan memilih agama Kristen sebagai agama yang diyakininya benar pun diributin.

    Mau lo apa sih..??
    cape de…

    • gimana kalo semuanya urus diri masing-masing dan iman masing-masing. jangan mempermasalahkan orang lain yang mau pindah, jangan memaksakan iman kepada orang lain.
      hargai perbedaan yang ada, setiap manusia punya hak menentukan kepercayaannya. kalau memang yakin agamanya paling benar, berhenti mengusik agama lain dan orang lain yang pindah (terutama tidak pakai EMOSI dan KEKERASAN). kalo memang palng benar, biarkan orang lain menemukan jalan benarnya sendiri. kita semua manusia punya akal budi dan bisa menilai yang benar dari tingkah laku dan perbuatan dalam menanggapi masalah. jadi, mari bersikap tenang dan dewasa dalam menanggapi masalah ini. buktikan bahwa kita orang yang BERADAB dan BETUL-BETUL BERAGAMA.

      “people will judge you by what you build not what you destroy”

      *peace

  125. Sudah pada baca yg ini belum? Biar tambah seru.
    Yang ini wajib dibaca oleh umat Muslim

    http://www.bhinnekatunggalika.org/

    Ilusi Negara Islam

  126. Yang ini lebih mengerikan bagi masa depan NKRI, FPI, PKS (Partai Keadilan Sejahtera) dan sejenisnya adalah ancaman besar bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Umat Islam wajib baca buku ini:

    http://www.bhinnekatunggalika.org

    Agama dengan Politik:
    Berhimpitan?
    Sama Dengan?
    Agama Tunggangan Politik?
    Politik Ditunggangi Agama?
    Agama Ditunggangi Oknum “Dajjal”?

    Yang benar itu Tuhan membela manusia?
    Atau manusia membela Tuhan?

    Yang membela dengan yang dibela seharusnya lebih kuat yang mana?

  127. kelakuan orang kristen seperti ini mah gak guna heran. ditempat kami banyak yang ginian. biar orang islam masuk kristen. ini memang cara mereka supaya orang islam masuk kristen. tapi alhasil orang kristen didaerah kami malah masuk islam. kecian deh lu

  128. duuuuh…. ngapain juga rebutan ama orang ga jelas… selain latar belakngnya yang ga jelas… apa sih konstribusi dia selain jualan “agama” kemana-mana… apa konstribusi kongkrit dia buat jamaah masing-masing agama yang rebutan… apa konstribusi dia buat bangsa ini?
    yang ada versi masing-masing justru kasih makan dan hidup dia dan keluarganya… enak banget cari makan tanpa kerja cuma jualan “agama” kemana-mana…

    Daripada ngasih makan orang nggak jelas… mending kasih makan orang miskin masing-masing agama kalian…

    Daripada kalian ribut saling membenci atas dasar keyakinan yang Tuhan agama manapun nggak kasih perintah ribut… mending bersatu bersama-sama perangi musuh bersama… kebodohan, kemiskinan, narkoba, koruptor, perubahan iklim, kekerasan, penebangan hutan, dan perdagangan manusia dan anak.

    Siapa tuh markus atau makhrus atau margiyanto mo masuk neraka atau surga biar urusan dia ama “Tuhannya” tahu tuh “agama” apa…. sukur-sukur kalau Tuhan masih mau kenal dia… habis nggak jelas sih siapa Tuhan yang dia sembah….

  129. walah, ini mailist makin nggak kondusif, orang-orang yang bicara an. agama kristen, islam dan agama lain apa bener dia penganut agama tersebut atau nggak punya keyakinan karena pinter analisa saja?

    Please deh bro, apa udah pada frustrasi ama hidup?? keyakinan kok di perdebatkan?? nggak ada kerjaan kalian semua…Kalau mau bunuh diri jangan disini…pakai adu domba segala…

    Salam,
    MT88

    • Seandainya Anda itu Tuhan -Allah
      Apa yg anda lakukan Jika semua umat ciptaan anda berkerahi ,membunuh, perang karena membela anda ( tuhan/Allah)???????

      Yg saya tau cuma IBILS yg tertawa melihat anda semua

      Kok bodoh sekali yg makluk diciptakan tuhan???????

      Kata tuhan kepadaku(IBLIS) NYAHLAH KAU IBLIS!!!!!!!
      HANYA MANUSIA CIPTAAN SAYA YG SEMPURNA

      Dan ibils pun pergi sambil tertawa HA…..ha…..ha……ha….
      Sempurna APANYA!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  130. Saya sudah lihat kesaksian Ali Makhrus Attamimi. Orangnya terlihat tegar, kokoh pendiriannya, bicara terus terang tetang asal usulya… dan pandangan keyakinannya.., nyalinya besar…, sorot matanya tajam… berjenggot ala ustad, jidatnya bersih tak ada tanda pamer kalo dulu sholatnya rajin…. dari uraiannya menunjukkan bahwa tanda militannya masih nampak sekali… Saya yakin dulu sebagai sebagai tokoh islam pasti sangat disegani…. dan tak mungkin ia jadi kristen karena dikasih mi instan… uang atau di-injili pendeta. Hehehe.. … cuma semua kehebatannya tak kuasa menahan Yesus..

  131. ORANG INDONESIA MEMANG MUDAH DIADU DOMBA SEJAK DULU !!!

  132. bismillahirahmanirahim

    tak tau lah apa yg di pikirkan orang pintar seperti ex ktua fpi bonex it
    cba suruh ke psikeater mkin gangguan tuh…

  133. gak ada agama menyelamatkan Brooo

  134. Apakah setiap orang yang berbicara di sini merasa dicintai Tuhannya.? Apakah setiap orang yang berbicara di sini mengakui Tuhan itu satu? jika iya….. maka renungkanlah, Tuhan hanya mau di sembah dengan cara yang Dia inginkan. Dan harusnya kita berdo’a.
    ” Ya Tuhan yang Esa, Jika caraku menyembahmu salah, maka beritahu aku dan ajari aku cara yang benar untuk menyembah-Mu dan biarkan aku dalam kebenaran iti hingga aku mati.!!!”
    Islam…Kristen…Yahudi…Hindu…Budha….dan lain lain…….
    Agama kita mengajarkan ketaatan kepada Tuhan dan kasih sayang kepada Manusia.

    beranikah saat ini kita sama-sama berkata:

    “Wahai yang aku yakini sebagai Tuhanku, Jika Engkau benar adalah Tuhan buktikan padaku… Jika engkau tidak dapat membuktikan, maka aku akan meninggalkan-Mu dan mencari Tuhan yang lain!”

  135. KLO ORANG-ORANG KRISTEN YANG MASUK ISLAM ADALAH ORANG-ORANG CERDAS,INTELEK,DAN EKONOMINYA BAGUS2.TAPI KLO ORANG2 ISLAM YANG MASUK KRISTEN ADALAH ORG-ORG YG EKONOMINYA LEMAH…ASAL ENTE2 TAU,,LO BUKA PARA MUALAF DI EROFA DEH,, YG JADI MUALAF!

  136. @all, plizzz jangan terhasut. ini Smua hanya tipuan dari “master of lier” si lucifer,… Yg ingin mengadudombakan antar agama.

    @atheis2Berhala… Suatu saat kalian pasti akan sadar

  137. Saudara2ku semua mari kita tetap menjaga perdamaian kepada siapapun itu…
    Ingat SETAN selalu membujuk kita untuk berbuat hal2 yang tidak benar, termasuk SALING MEMBENCI..
    Dan Untuk saudara-saudaraku yang seiman (katolik)
    kunjungi :

    http://www.katolisitas.org
    http://www.ekaristi.org

    Disana ada tanya jawab,
    Ulasan tentang Injil,
    Ulasan tentang Perjanjian Lama,
    Ulasan tentang Bunda Maria, dan lain-lainnya.

    Semoga anda akan mendapatkan banyak sekali pencerahan disana.
    Tuhan Memberkati. Amien

  138. ada bukti’nya gak…????

  139. Kalo misalnya ada komen2 yang nggak enak bagi yg Kristen(apapun) ga usah di balas atau diserang ya soalnya itu yang diajarkan Allah dan Yesus.
    Mohon didoakan.
    Karena saya percaya tak pernah ada cerita ALLAH memerintahkan umat-Nya untuk memusuhi/memerangi sesama ciptaan-Nya melainkan mengasihi umat manusia terlebih musuhnya.
    Allah yang sesungguhnya seperti yang disampaikan Yesus Kristus, JURUSELAMAT KITA.
    GBU.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 48 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: