Sikap Gereja Katolik Indonesia terhadap Gagasan Penerapan Syariat Islam di Indonesia (Mgr. Ignatius Suharyo, Pr)

1). Tetap berpegang teguh pada keputusan para Bapak Bangsa untuk mendirikan negara berdasarkan Pancasila untuk berjuang sesuai dengan kedudukan dan kemampuannya baik dalam bidang legislatif, eksekutif, yudikatif, dan media massa.

2). Mengingatkan kepada siapa saja, yang mau memasukkan ajaran khusus agamanya secara formal menjadi ketentuan yang harus berlaku untuk umum, agar tidak melanjutkan usaha seperti itu, karena hal yang demikian itu berlawanan dengan hakekat Negara Kesatuan Republik Indonesia.

3). Tidak menyetujui siapa saja, termasuk bila ada dari kalangan Katolik sendiri, yang berusaha memaksakan ketentuan partikular agamanya ke dalam ketentuan-ketentuan umum secara formal, karena hal itu dapat dipandang sebagai usaha membubarkan Negara Republik Indonesia.

4). Mendesak agar pemerintah berusaha dengan tegas dan tidak ragu-ragu untuk membela Negara Indonesia dari usaha-usaha mengubah hakekatnya.

5). Mengajak umat Katolik khususnya dan bangsa Indonesia pada umumnya untuk berdoa dan berusaha melalui jalan tanpa kekerasan, agar Negara Republik Indonesia tetap berdiri dan umatnya sejahtera lahir batin. Semoga.

(Sumber: milis pendidikan Katolik)
Iklan

15 Tanggapan

  1. SETUJU dengan Romo. Bila ada yang memaksakan diri mengubah NKRI menjadi Negara Islam Indonesia, maka Indonesia sudah HANCUR. YANG BERSORAK SORAK ADALAH BANGSA ARAB TEMPAT CIKAL BAKAL ISLAM. Kalau kita ingin kembali jadi bangsa Jahilliyah, perempuan kehilangan haknya, laki-laki bisa punya istri 11, silahkan jadi negara Islam. Tapi kalau kita bangsa yang tahu menghargai jasa-jasa para Pahlawan dengan SUMPAH PEMUDA 1928nya, TETAP TEGAKKAN NKRI. SIKAT HABIS EKSTREMIS-EKSTREMIS YANG INGIN MENDIRIKAN NEGARA AGAMA. ITULAH MUSUH DAN PENGKHIANAT BANGSA YANG HARUS DILENYAPKAN DARI BUMI INDONESIA YANG TERCINTA INI. JAYALAH INDONESIA RAYA.

    • bravo israel adalah anjing anjing sekuler,,,bertuhankan materialisme dan kaum hedonisme..kegagalan agama nasrani adalah tuidak mampu menjalankan hukum TUhandalam ranah sosial..kami alumni menwa anti Israel,anti Sekulerisme indonesia punya akar sejarah tersendiri..musuh kita sebenarnya adalah,,kaum hedonis,kaum materialis yang berdiri di atas penderitaan kaum miskin muslimin.kalo umat islam d negara mayoritas katolik harus tunduk pada hukum negara tersebut ..tapi knapa negara yang mayoriyas muslim tidak boleh menjalankan Hukum sosialnya alangkah paranoid,,,,,,,pancasila adalah alat legitimasi kaum tirani minoritas….dan alasan kaum hedonis yang tidak mau cara hidup hidonism nya ….hancur..pancasila di ambang khancuran karena kaum hedonis..kapitalis.sila pertama tidak dijalankan

      • ya pantas kalau wahyu ramdani ngomong gitu krn dia mantan menwa yg berbicara soal Pancasila .

      • Tanggapan yang gak bermutu ke laut aja!!!

  2. sekular adalah yg terbaik

  3. Saya berpendapat sepanjang negara Indonesia masih mempunyai pandangan hidup/ dasar negara kita Pancasila, tak mungkin NKRI menjadi Negara Islam Indonesia. Berapa kali Pancasila dikhianati oleh Komunis maupun Karto Suwiryo dan para pengikutnya atau siapapun yang akan merubah Negara kita menjadi Negara Komunis dengan ideologinya atau Negara agama atau apapun namanya selain NKRI itu tidak mungkin terjadi . Kesaktian Pancasila yang akan membuktikan. Salah satu sila berbunyi Ketuhanan yang Maha Esa.” Apapun nama agama tersebut jika berdasarkan Tuhan Yang Esa, tetap akan tumbuh di Bumi Pertiwi. Saya yakin itu. Pancasila pasti akan menunjukkan kesaktiannya.

  4. Kita ingin menjadi negara yang maju dan beradab, bukan negara yang terbelakang dan biadab

  5. Let us pray for the unification of the whole church to the bosom of the Catholic Church, and pray for salvation and church growth around the world.

    God bless us all

    • Jawabannya hanya satu yaitu Kembali pada firman Tuhan bahwa semua itu adalah Penggenapan dari firmanNYA maka kita Orang Percaya hanya bisa menjawab AMMEEN….
      Bertekunlah dalam Doa,Pengharapan dan Kasih sebagaimana ajaran Jesus Christ.
      Dan semua itu nanti Jesus Christ sendirilah yang akan menjawab dan mentuntaskan jd kita Orang Percaya tidak perlu berselisih.

  6. pancasila tetap pancasila, NKRI tetap NKRI.

  7. slalu hormati kebebasan beragama dan tidak menyinggung sara yang terpenting

    • http://m.dakwatuna.com/2012/12/25029/ketua-mk-konstitusi-indonesia-sesuai-syariat-islam/?fb_source=pubv1

      Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD menuturkan, konstitusi negara Indonesia sesuai dengan Syariat Islam, jadi bagi siapa yang menganggap perlunya negara Indonesia berasaskan Islam, berarti mereka belum memahami substansi konstitusi RI.
      Mahfud MD menjabarkan. Konstitusi negara Indonesia adalah bagian dari amaliah pancasila, sedangkan pancasila digarap dengan peran aktif para Kiai di dalamnya, seperti KH Hasyim Asy’ari dan para kiai lainnya yang benar-benar menguasai substansi syariat Islam.
      “Indonesia memang tidak blak-blakan menerapkan asas negara Islam, tapi mengamalkan pancasila adalah bentuk dari kewajiban bernegara, dan sesuai dengan tuntunan Islam,” kata Mahfud yang juga masih aktif mengajar di perguruan tinggi itu.
      Ditambahkan, orang-orang yang menggembor-gemborkan berdirinya negara Islam atau Khilafah di Indonesia dan menganggap pancasila tidak sesuai Syariat Islam, fenomema itu adalah akibat mentahnya mereka dalam memahami substansi konstitusi Negara RI.

      Mengajak bangsa Indonesia pada a untuk berdoa dan berusaha melalui jalan tanpa kekerasan, agar Negara Republik Indonesia tetap berdiri dan umatnya sejahtera lahir batin.
      salam hangat 🙂 keep clam.

  8. SATU INDONESIA SATU
    KEMBALI KEPADA JATI DIRI BANGSA

    KUPERSEMBAHKAN 7 (TUJUH) PILAR BANGSAKU:
    1. PANCASILA SEBAGAI DASAR BERNEGARA DAN BERNEGARA BAGIKU
    2. SANGSAKA MERAH PUTIH SEBAGAI JIWA BANGSAKU
    3. INDONESIA RAYA LAGU SEMANGATKU UNTUK BERSATU
    4. BHINEKA TUNGGAL IKA RASA KEBANGSAANKU
    5. UUD 45 HUKUM YANG BERLAKU DI NEGARAKU
    6. IMAN – TAUHID – MAKRIFAT – ISLAM – KEYAKINAN RAKYATKU
    7. NKRI BENTUK BANGSA NEGARAKU

    MARI BERSATU BAHU MEMBAHU KE ARAH YANG LEBIH MAJU SEMANGAT MERDEKA TIADA LUNTUR TERTELAN WAKTU
    WAHAI PEMUDA-PEMUDI KEJAYAAN BANGSAMU TERLETAK DI PUNDAKMU
    JANGANLAH KAMU LARI DARI JATI DIRI BANGSAMU UNTUK MEMBELA NKRI TETAP UTUH DAN MENYATU
    SEMOGA ALLAH SWT RIDHO TERHADAP LANGKAHMU

    DALAM RANGKA KAMPANYE WAWASAN NASIONAL

    OLEH: YSS

  9. setuju sekali dengan posting ini

  10. i’m loving for your coment YSS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: