Kronologi Peristiwa Bermasalah Seputar Gua Maria Giri Wening

KRONOLOGI PERISTIWA BERMASALAH SEPUTAR GUA MARIA GIRI WENING :

1. Bulan April yang lalu Gua Maria ini masuk ke dalam majalahnya Hisbut Tahrir Indonesia. Dan sejak itu diawasi oleh polisi dan intel.
2. Gua Maria sendiri diterima oleh warga sekitar. IMB memang sedang diurus bersama pendirian tempat. dalam pertemuan dg Pemkab 4 Mei 2012 tidak ada warga dan perangkat desa, camat hingga Pemkab yang menolak. Tidak ada masalah. Semua diijinkan.

3. Ketua PAC PAN Kec Gedangsari bernama Parman mengadakan tabligh akbar tanggal 6 Mei 2012, dengan mengundang 1000 oang massa terutama dari KOKAM, HTI, FUI, MMI, dan FJI. Pengurus tabligh diundang untuk diminta tanggungjawab penuhnya ke kepolisian dan TNI.

4. karena ancaman tabligh, gua memang ditutup sementara dg garis polisi, dan dijaga ketat, BUKAN DISEGEL sebagaimana ditulis ngawur oleh seseorang di Kompasiana. Bersama umat setempat, warga, Banser, dan aparat berjaga bersama. Massa radikal sudah berdatangan beberapa hari sebelumnya di sekitar Gua, mereka keluar kalau malam hari.

5. Tabligh berlangsung tgl 6 Mei, mulai jam 10 pagi, dihadiri sekitar 800 orang. Aparat nampak siap dan membantu. Di jalan masuk ke lokasi Goa di awasi dan diblokade ketat aparat, Baik akses masuk via Klaten (wedhi) maupun via Gunungkidul (Pathuk). Gereja dan obyek ziarah di Gunungkidul dan Wedi juga dijaga aparat. Massa mendesak untuk membongkar Gua tetapi ditolak. Mereka berjanji akan kembali lagi.

6. Tidak ada serangan apapun baik siang maupun malam hari (jam 22.00) sebagaimana diisukan semalam, semua aman terkendali.

7. Sudah ada koordinasi yang sangat baik antara Gereja, aparat, Aktivis lintas iman, NU, dan warga setempat. Sampai saat ini lokasi masih dijaga ketat oleh polisi, tentara, dan teman-teman muda NU (yang Katolik muda hanya teman-teman lokal di sana).

8. Mohon teman-teman tidak terpancing dan ikut memperkeruh suasana dengan menyebarkan hal hal yang tidak benar. Sms doa dan lain sebagainya, kiranya tidak perlu disebarluaskan karena hanya akan memperbesar ketegangan sebagaimana yang mereka harapkan.

Lilik K (OMK) – milis APIK

7 Tanggapan

  1. Sangat disayangkan kalau kerukunan diantara umat beragama sebagaimana yang dijalankan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia selama ini kacau balau hanya karena ulah sekelompk masyarakat yang mengatasnamakan agama atau golongan tertentu untuk mencererainya. Mari kita jaga sikap toleransi dan slg menghargai. Yang mayoritas melindungi minoritas, dimanapun berada

  2. Mdh2n teman2 yg berbeda keyakinan bs mengerti makna ber-Bhineka Tunggal Ika. Dulu saya disekolah diajarkan hal itu, bgm skrg ini, apakah hal itu msh diajarkan? ??

  3. Dear pormadi.wordpress.com

    Selamat Pagi,

    Kami dari Humas Merdeka.com bermaksud menawarkan content yang sesuai dengan tipikal blog Anda yang bisa digunakan secara gratis. Content ini sangat mudah aplikasinya dan sangat membantu Anda dalam Reblogging.
    Jika Anda berminat, silahkan kunjungi http://content.merdeka.com/ dan dapatkan contentnya.

    Terima ksih atensinya, kami menunggu kabar baik dari Anda.

    Salam,

    Humas Merdeka.com
    Selvie Chummairoch

  4. CINTA KASIH DAMAI TULUS itu adalah ALLAH BAPA Tuhan kita. Amin.

  5. jangan ada kejadian seperti ini lagi…jangan melawan berikan kasih

  6. Bagi saya, Santa Maria adalah ibu saya. Coba anda bayangkan bagaimana perasaan anda jika ibu anda saya segel atau saya tahan untuk waktu yang lama?

  7. berikan pipi kananmu jika pipi kirimu di tampar dan beriak jubahmu sekalian bila bajumu diminta.marilah kita mendoakansaudar saudara yg membenci kita agar di beri pencerahan oleh Roh Kudus sendiri,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: