Bukan Cerminkan Kegagalan Negara

Sekretaris Kabinet Dipo Alam menegaskan, insiden penyerangan terhadap sejumlah santri di Pondok Pesantren Al’ Ma’hadul yang beraliran syiah di Kecamatan Beji, Pasuruan, Jawa Timur, pada awal pekan ini, tak mencerminkan negara gagal dalam melindungi warga negaranya.

Sebelum ini, ada pula insiden tindak kekerasan terhadap warga Ahmadiyah di Cikeusik, Banten, yang memakan tiga korban, serta perusakan gereja di Temanggung, Jawa Tengah. “Kejadiannya kan cuma tiga gitu lho. Tapi kenapa dikatakan Indonesia gagal (melindungi warga negaranya)? Jumlahnya berapa? Jumlahnya kan tiga (insiden), dari 237 juta penduduk,” kata Dipo kepada Kompas.com, Jumat (18/2/2011).

Dipo, yang merupakan bagian dari pemerintah, justru mengaku bertanya-tanya mengapa ada insiden tindak kekerasan antarumat beragama marak terjadi belakangan ini. “Kok dalam waktu dekat ada 3 kejadian, yaitu Ahmadiyah, (perusakan) gereja, insiden antara umat islam. Saya jadi bertanya-tanya. Ini keliatannya setelah tokoh lintas agama ini menggunakan, membawa-bawa agama. Saya berbalik tanya, kenapa kayak gini,” kata Dipo.

Dipo menegaskan, pemerintah pusat tak sepenuhnya bertanggung jawab atas insiden yang terjadi di daerah. “Yang harus paling tahu itu adalah tokoh agama di sana. Mari tokoh agama di sana juga tidak ikut memanas-manaskan. Kemudian juga komandan teritorial, kapolres, camat, bupati, DPRD. Kan tidak bisa semuanya apa-apa SBY harus tahu semua, dan yang demo di Istana,” kata Dipo.

Mantan aktivis pada tahun 1970-an ini pun meminta semua pihak tak membesar-besarkan insiden di Pasuruan ini. “Kita tak usah memperbesar hal ini. Kan perang Irak sama perang Iran 8 tahun antara Sunni-Syiah. Ini contoh betapa menderitanya. Iran negara pemilik deposit gas terbesar di dunia setelah Rusia. Ekonominya seperti itu karena perang 8 tahun. Apa kita mau kayak gitu,” kata Dipo. (Kompas.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: