Perusuh Diangkut Truk dari Luar Temanggung » Massa perusuh di sidang penistaan agama di Temanggung

Selasa, 8 Februari 2011,

Kerusuhan di Temanggung, Jawa Tengah, menyebabkan setidaknya tiga gereja dibakar dan dirusak massa. Amuk massa ini terkait sidang penistaan agama dengan terdakwa Anthonius Richmond Bawengan.

Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) menyatakan heran dengan kerusuhan ini karena selama ini tidak pernah ada konflik agama di Temanggung. Sekretaris Eksekutif Komisi Hubungan Agama dan Kepercayaan KWI Romo Benny Susetyo mengatakan gerombolan perusuh bukanlah warga Temanggung.

Berdasarkan laporan yang masuk ke KWI, massa datang diangkut truk dari luar Temanggung.”Itu diangkut, kok, menggunakan truk dari Semarang dan sekitarnya. Jangan masyarakat Temanggung dong yang dikorbankan,” kata Romo Benny di Wahid Institute, Jakarta, 8 Februari 2011.

“Selama ini masyarakat Temanggung hidup aman dan damai. Sejak awal tidak pernah ada konflik.”

Romo Benny mensinyalir massa perusuh memang digerakkan. Ini memperlihatkan ada kelompok yang sedang memainkan permasalahan hukum. Ingin diciptakan kesan bahwa seolah-olah masyarakat tidak toleran, padahal massa tersebut jelas-jelas diorganisir oleh pihak-pihak tertentu.

Lalu siapa yang memobilisir? “Saya tidak mau menduga. Polisi pasti tahu, jangan pura-pura tidak tahu,” Romo Benny menegaskan.

Ia juga mengingatkan agar pemerintah, melalui kepolisian, jangan terkesan membiarkan tindakan anarkis semaam ini. “Pemerintah jangan main api karena indikasi semakin nyata. Pelaku harus dihukum,” ujar Romo Benny.

Romo Benny juga mengklarifikasi bahwa gereja Katolik di Temanggung tidaklah dibakar dan hanya dirusak pagarnya. Pastor dan suster di situ dalam keadaan aman dan tidak ada satupun yang dipukuli. “Ini perlu diklarifikasi. Jangan sampai konflik meluas,” Benny menjelaskan. (kd)
(Vivanews.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: