Menteri Agama Seharusnya Netral

Kebebasan Beragama
Menteri Agama Seharusnya Netral

JAKARTA, (24/01) KOMPAS.com — Setara Institute menyampaikan ketidakpuasan terhadap kinerja dari Menteri Agama Suryadharma Ali terutama dalam menjamin pelaksanaan kebebasan beragama di Indonesia. Suryadharma Ali dianggap memberikan pernyataan-pernyataan yang menyebarkan kebencian atau memprovokasi terhadap Ahmadiyah dan kelompok minoritas lain.

“Menteri Agama yang menjadi pejabat publik harusnya netral, bukan memberikan pernyataan-pernyataan yang justru memprovokasi terjadinya kekerasan antarumat beragama. Bahkan cenderung menyalahkan seperti contoh Ahmadiyah, seharusnya dilindungi dari kekerasan, bukan disalahkan karena keberadaannya,” ujar Ketua Setara Institute Hendardi dalam jumpa pers Setara di Senayan, Senin (24/01/2011).

Menurut Hendardi, Suryadharma Ali telah memaksakan pandangan-pandangan pribadinya ke alam pikir publik. Bahkan ia menyangkal adanya berbagai konflik dan kekerasan yang menimpa warga negara sepanjang 2010 sebagai konflik agama.

“Menteri Agama hanya melihat pelanggaran dari sisi pembangunan tempat ibadah, padahal ada tindakan-tindakan kekerasan juga. Harusnya dia yang berinisiatif dan mencari solusi untuk masalah pelanggaran ini, jangan hanya menyangkal dan membiarkan saja hal ini terjadi,” ujar Hendardi.

Setara menduga hal ini terjadi karena ada keterkaitan dengan keanggotaan Suryadharma Ali dalam partai politik sehingga cenderung melakukan tindakan-tindakan berdasarkan kepentingan-kepentingan politik.

“Kami menduga ini karena dia (Suryadharma Ali) merupakan bagian dari partai politik. Jadi untuk mendapatkan dukungan Pemilu 2014 ya dilakukan cara seperti itu. Menteri Agama harusnya netral, kalau bisa jangan dari partai politik atau organisasi tertentu,” kata Hendardi.
(Kompas.com)

Satu Tanggapan

  1. thanks infonya… salam kenal ya sob

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: