Sekelompok massa mengepung Jemaah Gereja Kristen Indonesia (GKI)di Bogor Barat.

http://www.detiknews.com/read/2010/12/26/000211/1532634/10/massa-protes-ibadah-jemaat-gki?9911022

Jakarta – Sekelompok massa mengepung jemaah Gereja Kristen Indonesia (GKI) yang berada di Jalan KH Abdullah Binnuh, Kelurahan Curug Mekar, Bogor Barat. Massa mengepung jemaah yang saat itu sedang merayakan Hari Raya Natal.

“Kejadian sekitar 18.00 WIB sampai pukul 23.00 WIB tadi, tapi sekarang sudah membubarkan diri,” ujar Anggota Komisi III DPR RI Eva Sundari kepada detikcom, Sabtu (25/12/2010) malam.

Eva sendiri berada di lokasi saat peristiwa pengepungan sejumlah warga tersebut terjadi. Massa menolak kegiatan keagamaan yang dilakukan oleh jemaah GKI, di kawasan tersebut.

“Mereka berteriak agar jemaah yang sedang melakukan kajian bubar. Tapi ada petugas kepolisian dan satpol PP yang mengamankan sehingga tidak terjadi hal-hal yang lebih buruk lagi,” terang Eva.

Menurut Eva, pengepungan tersebut berawal dari penolakan warga setempat untuk didirikannya gereja di kawasan itu. Namun pihak gereja sudah mengatongi izin mendirikan bangunan (IMB) untuk mendirikan gereja. Namun rupaya IMB tersebut digugat ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

“Di PTUN, GKI dimenangkan, sehingga pembangunan bisa dilanjutkan. Pihak yang kalah kemudian mengajukan Peninjauan Kembali (PK) tapi tiba-tiba pembangunan gereja disegel, padahal PK tidak menghapus eksekusi,” terang politisi PDIP ini.

Buntut peristiwa pengepungan ini, Kapolres Bogor sudah diminta untuk bersikap netral. Pagi ini pun Kapolda Jawa Barat diagendakan hadir dilokasi untuk mencari titik temu terkait persoalan tersebut.

“Kapolres tadi sudah janji akan bersikap netral. Bahkan Kapolda Jawa Barat besok pagi juga akan datang ke lokasi,” imbuhnya.(her/her)

http://nasional.vivanews.com/news/read/195733-jemaat-gki-yasmin-bogor-misa-natal-di-trotoar

Massa yang berdemo mendesak agar perayaan Natal itu dibubarkan dan podium dibongkar.

VIVAnews – Jemaat Gereja Kristen Indonesia (GKI) Yasmin, yang terletak di Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Jawa Barat, didemo puluhan orang. Meski demikian, ratusan jemaat GKI Yasmin tetap melaksanakan hari raya Natal di jalan trotoar depan gedung GKI yang masih dalam sengketa.

“Kami merayakan Natal ini dengan rasa duka dan senang. Senangnya masih merayakan Natal, dan dukanya kami merayakan Natal di jalan trotoar,” kata Alexander Paulus, Majelis Pendamping untuk GKI Yasmin, kepada wartawan, 25 Desember 2010.

Massa yang berdemo mendesak agar perayaan Natal itu dibubarkan dan podium dibongkar. Sementara itu, ratusan petugas kepolisian dari Polres Kota Bogor dan Kedunghalang menjaga ketat gedung GKI Yasmin. Menurut Alexander, walaupun jemaat GKI Yasmin yang sedang merayakan natal ini didemo, jemaat akan tetap beribadah.

Sementara itu, Ahmad Iman, Forum Keluarga Muslim Indonesia (Forkami) Kota Bogor, mengatakan, pihaknya melakukan aksi penolakan perayaan Natal bagi jemaat GKI tersebut. Karena, tempat yang dipergunakan tempat ibadah merupakan fasilitas umum, yakni tempat trotoar.

Selain itu, kata dia, gedung GKI Yasmin belum mempunyai Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Pantauan VIVAnews.com, bangunan sedang disegel oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor.

“Sebenarnya kami tidak melarang jemaat Nasrani merayakan natal. Asalkan, di tempat yang mempunyai IMB dan bukan tempat umum,” tegasnya.

Sekitar pukul 22.00 WIB, Polres Kota Bogor akhirnya membubarkan jemaat GKI Yasmin dan mengawal mereka hingga pulang ke kediaman. Pengawalan oleh Brimob Kedung Halang dilakukan karena massa yang berdemo masih berkumpul. Pengawalan dilakukan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.
(Laporan: Ayatullah Humaeni l Bogor I hs)

• VIVAnews

Satu Tanggapan

  1. ikut prihatin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: