PGI dan KWI Sumbang Al-Qur’an untuk Napi Muslim di Australia

Jakarta – Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI) dan Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) memberikan sumbangan Alquran melalui Muhammadiyah untuk disalurkan kepada warga Indonesia yang ditahan di penjara Australia. Aksi sumbang Alquran ini merupakan simbolisasi perjuangan memperingati Hari Pembakaran Alquran Sedunia.

“Al-Qur’an yang disumbangkan akan diberikan kepada para narapidana Indonesia yang sedang menjalankan ibadah puasa di penjara Australia melalui Muhammadiyah,” ujar kordinator acara sumbangan Al-Qur’an Damien Dematra di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah Jl Cikini Raya, Jakarta, Jumat (13/8/2010).

Damien mengatakan aksi sumbang Alquran ini merupakan simbolisasi bahwa Indonesia menjunjung tinggi nilai kerukunan antar umat beragama. “Sumbangan Alquran ini melihat kurangnya pembinaan keagamaan kepada tahanan WNI muslim,”imbuhnya.

Sementara itu ketua PP Muhammadiyah Dien Syamsudin menyambut baik aksi sumbangan tersebut.

“Saya menilai positif. Karena kawan kristiani memiliki kepedulian kepada Warga Negara Indonesia muslim yang ingin tetap menunaikan ibadahnya,” kata Dien.

Sebagai organisasi masyarakat (ormas) Islam, PP Muhammadiyah, mendorong paham pluralisme sebagai bentuk kemajemukan beragama.

“Paham pluralisme jangan ditentang. Kesadaran kita atas pluralisme adalah sebagai kenyataan bahwa kita hidup berdampingan dalam kehidupan beragama,” imbuhnya.

Din juga menyesalkan kondisi bangsa Indonesia yang masih terpecah belah karena masalah agama.

“Saya ikut prihatin dengan beberapa kejadian. Termasuk yang terakhir ketika umat Kristiani di Bekasi tidak bisa beribadah sesuai dengan keyakinannya. Apapun bentuknya, siapa pelakunya, mengatasnamakan pihak mana, kekerasan tetap salah.” tutupnya.
( mpr / ayu ) (detikramadhan.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: