Jemaat HKBP Tetap Beribadah di Ciketing

Setelah sempat ditentang oleh warga setempat dan terjadibentrokan, jemaat Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Pondok Timur Indah, KotaBekasi, Jawa Barat, dapat beribadah pada hari Minggu kemarin (15/08/2010), di lahankosong milik mereka di Kampung Ciketing Asem, Mustika Jaya Bekasi.

Sebelumnya, dalam pertemuan yang digelar Jumat di kantor Pemkot Bekasi, Walikota Bekasi Mochtar Muhammad mengarahkan jemaat HKBP bisa menggunakan rumah di Pondok Timur Indah (PTI) untuk sementara walau rumah tersebut masih disegel. “Sembari menunggu ijin, silakan gunakan rumah tersebut untuk ibadah,” kata Mochtar pada hari Jumat usai bertemu dengan perwakilan HKBP Pondok Timur.

Namun hal tersebut ditolak oleh jemaat HKBP, mereka tetap melakukan ibadah di lahan mereka di Ciketing. “Kami datang kesini untuk beribadah di tanah kami, hak kami untuk ibadah dijamin undang-undang. Kenapa kami tak boleh masuk tanah kami sendiri.” kata L. Simanjuntak sebelum memimpin ibadah, Minggu, (15/08/2010).

Dalam kebaktian tersebut hadir Sosiolog dan Budayawan, Romo Franz Magnis Suseno, Sukur Nababan Anggota DPR RI dari Fraksi PDIP, Rista Dewi Angota DPRD Jawa Barat, dan Enie Widhiastuti angota DPRD Kota Bekasi.

Romo magnis menyesalkan kekerasan yang terjadi dalam kasus ini, “Kekerasan harus dicegah dan tidak dibenarkan” ungkap Magnis seraya meminta agar jemaat HKBP diberikan kesempatan menjalankan ibadah sesuai yang dijamin undang-undang.

Pada kebaktian hari itu, tampak tidak ada pemrotes atau pendemo yang hadir seperti minggu-minggu sebelumnya. Para jemaat HKBP dapat menjalankan ibadah mereka dengan lancar. Seperti yang diungkap oleh salah satu sumber di FUIM, setelah bertemu dengan Walikota, FUIM langsung menggelar pertemuan internal di Masjid Al Barkah. Dalam pertemuan tersebut, warga FUIM diminta untuk menahan diri oleh pimpinan mereka.

Setelah kebaktian yang berlangsung sekitar 90 menit dan dijaga ketat aparat. Jemaat HKBP langsung menuju jalan Puyu Raya No 14 RW 15 Pondok Timur, Bekasi. Di gereja yang telah disegel oleh pemerintah Bekasi 21 Juni silam, karena telah melanggar PP. no. 36 tahun 2005, Perda no. 61 tahun 1999, Perda no.74 tahun 1999 serta Perda no. 4 tahun 2000 serta Keputusan Walikota no. 15 tahun 1998. Jemaat pun kembali menjalani ibadah kebaktian. (sumber: kabarinews.com)

3 Tanggapan

  1. baru kemarin hari kemerdekaan, tapi mari kita sikapi ini. Dimana letak kemerdekaan itu?
    apakah hanya milik mayoritas?
    saya kira kemerdekaan, demokrasi milik semua orang…

    Saya tinggal di daerha batak, kami adalah moyoritas, tapi kami tidak pernah membedakan mayoritas dan minoritas apalagi dalam beribadah..

    Semoga masayarakat Indonesia yang katanya mengenal Allah yang esa SADAR dan Insyaf kalau kekeresana adalah alat yang dimotori IBLIS..

    Salam,
    Daniel tanaja Mauliate simatupang

  2. BAHAN RENUNGAN pengikut Kristus, Perkataan Isa Almasih/Yesus Kristus: “Kini tiba saatnya, bahwa kamu akan difitnahkan yang jahat di benci bahkan disiksa ataupun dibunuh atas namaKU.” Siapa yang bertahan dengan kesudahannya, dia akan memperoleh hidup yang kekal.” Barang siapa yang menyangkalKU didepan manusia, maka AKU akan menyangkalnya pula didepan BapaKU di Surga.” (Untuk jemaat2 HKBP & Kaum yang tertindas, saya selalu berdoa untukmu, semoga kekerasan & ketidak adilan yang kalian alami akan berakhir dengan suatu kebahagian. Amin.”)

  3. Felix Abraham injak2 Al-Qur’an di pondok gede, muslim Ciketing kalian teror dan tdk nyaman iedul fitrinya. Masihkah kalian akan sembunyi di balik demokrasi busuk? itukah demokrasi?

    hahaha…
    kami tdk heran, sebab mmg kalian tdk pernah akan senang kpd kaum muslimin (Kcuali kalian mendapat hidayah) sampai kaum muslimin ikut agama kalian.

    Demokrasi sendiri, adalah stu bentuk ideologi musyrik yg jelas bertentangan dgn Islam. Demokrasi produk para penyembah dewa dr yunani.

    Kaum muslimin tdk akan gentar dgn kalian..

    AllahuAkbar!!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: