Negara Gagal Melindungi Kaum Minoritas

PERSAMAAN HAK
Negara Gagal Melindungi Kaum Minoritas

YOGYAKARTA, KOMPAS – Negara dinilai gagal melindungi hak asasi minoritas dari tindak kekerasan kelompok radikal. Upaya mencegah ataupun menindak pelaku kekerasan sangat minim. Padahal, perlindungan hak asasi semua warga negara dijamin konstitusi.

”Baru-baru ini terjadi penyerangan terhadap jemaah Ahmadiyah dan pemblokiran beberapa gereja, tetapi tindakan untuk mengatasinya minim,” kata aktivis jender Nursyahbani Katjasungkana di Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Rabu (11/8).

”Kekerasan-kekerasan semacam ini terus berulang. Di mana fungsi negara?” ujarnya.

Nursyahbani yang juga Koordinator Jaringan Pusat Studi Perempuan dan Gender Kartini mengatakan, pembiaran kekerasan oleh negara membuat posisi minoritas semakin rentan. Mereka juga mengalami diskriminasi di berbagai tingkatan.

Sejumlah penelitian yang dibahas dalam diskusi menunjukkan kekerasan dan diskriminasi atas nama moral dan agama ini juga terjadi pada kaum perempuan di sejumlah daerah di In   donesia. ”Di beberapa daerah, perempuan dibatasi aktivitasnya, bahkan diatur cara berpakaiannya,” kata Nursyahbani.

Peneliti Mesir dari Program Riset Dalam Sejarah dan Pembangunan (Sephis), Hanan Sabea, mengatakan, tindak kekerasan yang ditimbulkan kelompok radikal ini semakin luas dan menyebar. Padahal, masyarakat Indonesia mempunyai penerimaan yang sangat tinggi terhadap perbedaan. Untuk mencegahnya, wacana-wacana mengenai berbagai pandangan dan interpretasi keagamaan yang berbeda-beda perlu terus didorong. (IRE) (Kompas cetak, 13 Agt 2010)

Satu Tanggapan

  1. “Manusia sekarang ini, lebih takut terhadap agama yang dianutnya, tetapi tidak takut terhadap Tuhannya?.. “Mana jati diri bangsa kita yang digembar-gemborkan yaitu: Sopan santun, Saling menghormati antar pemeluk agama lainnya???. Yang ada saat ini ormas2 berkedok agama bebas berkeliaran melakukan perbuatan anarkis/sok suci, berbuat semaunya tanpa kendali di luar hukum”. Citra baik negara Indonesia dihancurkan.” Kalau sudah begini kita perlu Pemimpin yang tegas & berjiwa jujur, bisa mengayomi rakyatnya!”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: