Gereja GKI Yasmin Disegel Pemkot Bogor

BOGOR, KOMPAS.com – Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat, menyegel pembangunan Gereja Kristen Indonesia (GKI) Yasmin di Kecamatan Bogor Barat, Kamis (11/3/2010).

Penyegelan dilakukan karena pihak GKI tidak menghiraukan teguran yang telah dilayangkan Pemkot Bogor untuk menghentikan pembangunan.

Penyegelan itu dilakukan Satpol PP Bogor, didampingi unsur Polresta Bogor dan Koramil Bogor Barat dan disaksikan puluhan warga Taman Yasmin yang tergabung dalam Forum Komunikasi Muslim Indonesia (Forkami) Bogor dan sejumlah perwakilan jemaat GKI Yasmin Bogor.

Sebelum penyegelan berlangsung sempat terjadi kericuhan antara warga Yasmin dan jemaat GKI. Pasalnya dari pukul 10.00 WIB hingga 16.00 WIB, Satpol PP Kota Bogor tidak kunjung tiba.

Akhirnya, pada pukul 16.10 WIB anggota Satpol PP melakukan penyegelan terhadap bangunan gereja.

Perwakilan jemaat GKI Yasmin, Ujang Sujai mengatakan, pihaknya berupaya menginisiasi pertemuan dengan Sekdakot Kota Bogor Bambang Gunawan dan warga Taman Yasmin.

“Keputusan penyegelan besok (Jumat-red) baru akan dilakukan karena kami meminta Pemkot melakukannya di hadapan jemaat GKI Yasmin bersama warga Taman Yasmin,” ujar Ujang.

Sementara Kepala Seksi Penegakan Perda Satpol PP, Abdul Rahman mengatakan, pihaknya mendapat instruksi dari Sekdakot Bogor Bambang Gunawan untuk menghentikan penyegelan.

“Kami mengikuti perintah dari Sekdakot Bogor untuk menghentikan penyegelan. Sebab, ada inisiatif dari beliau (Bambang Gunawan, red) untuk mempertemukan kedua belah pihak,” ujarnya.

Melihat aksi Satpol PP yang mengurungkan niat karena ada beda pendapat untuk menyegel gereja itu, warga Taman Yasmin, Forkami Bogor bersama Tim Pembela Muslim mendesak kembali Satpol PP untuk melakukan penyegelan.

Ayu Agustina, Pengurus Forkami Bogor mengatakan, pihaknya tetap akan melakukan pertemuan dengan warga mengenai izin operasional bersama Sekdakot yang direncanakan besok.

“Kami tetap akan melakukan pertemuan, tapi kami ingin urusan yang sekarang tetap diselesaikan. Gereja harus disegel,” tandasnya.

Atas desakan warga akhirnya Satpol PP menyegel GKI Yasmin. Penyegelan dilakukan karena pihak GKI tetap melanjutkan pembangunan setelah Pemkot Bogor mencabut IMB Gereja tersebut.

Pencabutan IMB gereja dikarenakan pembangunannya telah menimbulkan keresahan warga setempat. Pembangunan Gereja Yasmin dinilai telah melanggar hukum oleh karena itu IMBnya dicabut. (Kompas.com, 11 Maret 2010)

Iklan

6 Tanggapan

  1. kalau saya lihat, seharusnya sebelum pendirian, jemaat kristen seyogyanya melakukan dikusi terbuka dengan warga dan segala pihak ditaman yasmin, bogor. rasanya jika semua terbuka, tidak akan berujung seperti ini. jelaskan apa tujuan dan sebagianya, biar tidak terjadi keresahan.

  2. Saya setuju dg Bang Usup, tapi saya sempat melihat berita beringasnya kelompok yg mengatasnamakan warga.. Saya jd bertanya2 dimanakah kebebasan beragama seperti yg ditulis dalam UUD 45? Apakah tindakan pemerintah terhadap pelanggar2 n perusak kestabilan nasional tsb? N Apakah di kota tersebut sdh tidak bisa menerima n memahami perbedaan? Yg seharusnya bisa menjadi kekuatan bangsa Indonesia?

  3. Terjadi lagi, terjadi lagi!
    Kalau seperti ini terus, Apa artinya Pancasila, UUD 45?
    Mana nafas ‘agama damai dan toleran’?
    Apa gunanya Pemerintah c.q menteri agama?
    Menyedihkan!

  4. Negara manakah yang mempunyai departemen agama? Di Indonesia mungkin diperlukan karena bangsa kita mengutamakan agama daripada mengutamakan Perintah Tuhan . . . . buktinya, jarang yang takut pada Tuhan . . . 99% beragama, tapi banyak juga yang korup dan biadab dan percaya Takhayul, mungkin melebihi negara lain.

  5. “Pencabutan IMB gereja dikarenakan pembangunannya telah menimbulkan keresahan warga setempat. Pembangunan Gereja Yasmin dinilai telah melanggar hukum oleh karena itu IMBnya dicabut. (Kompas.com, 11 Maret 2010)”

    Ini sapa yg goblok sih? Khan udah dapat IMB, di pengadilan jg menang, kenapa masih jg disegel?
    Dasar FORKAMI !!!

  6. Mereka yg menindas minoritas pasti dapat balasan yg jauh lebih hebat dari Allah. Ingat Aceh dsb!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: