Bentrok Antaragama Ratusan Orang Tewas

Liputan6.com, Jos: Bentrokan yang terjadi antara kelompok Muslim dan Kristen menewaskan lebih dari 200 nyawa di Kota Jos, Nigeria. Bentrokan yang meledak sejak Ahad silam, kini mulai mereda, walaupun suara tembakan sporadis masih terdengar. Demikian seperti dilansir Reuters, Rabu (20/1).

Saat ini sebanyak 151 mayat dari kelompok muslim telah dibawa ke masjid untuk dimakamkan. Sementara jumlah korban tewas kelompok Kristen berjumlah 65 orang. Diperkirakan, jumlah korban tewas akan bertambah.

Bentrokan meletus Ahad silam, menyusul sebuah pertengkaran di antara warga muslim dan Kristen atas pembangunan kembali rumah-rumah yang hancur akibat bentrokan pada 2008. Ratusan tentara dan polisi ditempatkan di seluruh negara bagian di pusat ibu kota Nigeria. Jalan-jalan sepi dan toko-toko tutup.

Jumlah penduduk muslim dan Kristen di Nigeria hampir sama, meskipun kepercayaan tradisional animisme masih mendominasi kepercayaan banyak orang. Bentrokan yang terjadi pada November 2008 menewaskan sekitar 700 orang. Sementara bentrokan sebelumnya pada 2001, lebih dari 1.000 warga Jos tewas.(ANS)
 Sumber: http://berita.liputan6.com/luarnegeri/201001/260061/Bentrok.Antaragama.Ratusan.Orang.Tewas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: