Gereja Katolik Santo Albertus di Bekasi Dirusak dan Diamuk Massa

Amuk Massa Porak-porandakan Gereja Katolik Santo Albertus

BEKASI– Massa yang terdiri dari ratusan orang mulai dari anak-anak hingga orangtua termasuk ibu-ibu menyambangi Gereja Katolik Santo Albertus, Harapan Indah kemudian merusak serta membakar fasilitas gereja.

Massa merusak Gereja Santo Albertus yang masih dalam proses pembangunan di Jalan Boulevard Raya Kav 23 Kompleks Harapan Indah, Bekasi Barat, Jawa Barat pada Kamis malam (17/12/2009).

Sekitar pukul 22.30 massa yang terdiri dari ratusan orang terlebih dulu berkumpul di sekitar Patung Tiga Mojang yang letaknya sekitar 1,5 km dari Gereja dan baru mulai bergerak pukul 22.45. Begitulah penuturan Ketua Umum Panitia Pembangunan Gereja St Albertus, Kristina Maria Rantetana, seperti dikutip Kompas.com pada Jumat (18/12).

“Tidak ada yang orasi. Mereka semua riang, ketawa-ketawa. Enggak ada curiga sama sekali,” kata Kristina.

Lanjutnya, tak lama kemudian, massa bergerak dengan kendaraan masing-masing, melewati Polsek Medan Satria yang jaraknya hanya 500 meter dari Gereja. “Saya ikutin terus massa. Mereka terus berhenti di sekitar Gereja. Tiba-tiba langsung turun dari kendaraan lalu melempari Gereja dengan batu,” tukasnya.

“Mereka teriak-teriak ‘hancurkan..hancurkan….’ Ibu-ibu bawa anak-anak ikutan melempar. Terus mereka masuk ke dalam Gereja lalu mulai membakar. Saya langsung lapor ke Polsek. Beberapa polisi langsung ke Gereja tapi enggak sanggup hadapi massa,” paparnya.

Massa kemudian merusak dan membakar kantor kontraktor yang terletak di samping gereja. Tidak puas, bahkan mereka juga menghancurkan genteng, marmer, ubin, mencabut beberapa pohon, dan memecahkan lampu yang telah terpasang di dalam Gereja.

Kristina Maria R yang juga menjabat sebagai Staf Ahli Menko Polhukam menjelaskan, “Gereja ini sudah mendapatkan izin pembangunan dan tiang pancang pertamanya sudah sejak 11 Mei 2008.” Imbuhnya, aparat mulai dari Danrem hingga Kapolres Bekasi telah menjamin keamanan bagi kegiatan ibadah ataupun acara penyambutan Natal di gereja ini.

Aksi amuk massa berhasil dihentikan sekitar pukul 24.00, setelah ratusan polisi dari Polres Metro Bekasi tiba di lokasi. Tidak ada satu pun petugas yang bersedia dimintai keterangan prihal peristiwa tersebut.

Polisi yang mendapatkan laporan massa berasal dari Kampung Tarumajaya dan Babelan sempat memasang police line di sekitar gereja pada Kamis malam kemudian mencabutnya kembali pada Jumat pagi. Beberapa orang yang dicurigai sebagai otak aksi perusakan gereja juga telah diringkus

 Sumber: Kristiani Post (http://www. christianpost .co.id/missions/persecution/20091220/5093/amuk-massa-porak-porandakan-gereja-katolik-santo-albertus/index.html)

14 Tanggapan

  1. […] tidak bersignifikan dalam mengurangi pengrusakan rumah ibadah agama minoritas. Baru saja rumah ibadah Katolik di Bekasi dan sebelumnya di Temanggung dirusak dan dihancurkan massa.  Betapa menyevalkan kejadian semacam […]

  2. Apa yang mereka cari? kasihan.

  3. membangun gereja di Indonesia “memang sulit”.

  4. Rumah Ibadah adalah tempat umat beriman beribadah atau mengungkapkan kepercayaan kepada Allah. Orang yang menghancurkan tempat ibadah adalah orang yang tidak beriman, orang yang mengaku memilki agama tetapi tidak punya iman. Tetapi Jangan kwatir , wahai saudara-saudara yang merasa dikhianati, Iman kita kepada Tuhan tetap utuh, tidak pernah bisa dihancurkan oleh siapapun untuk selama-lamanya.

  5. Inilah salah satu bentuk contoh nyata keramahtamahan bangsa kita tercinta. Seorang tukang kompor berhasil menghasut orang2 yang tidak berpengetahuan memadai soal agama dan Tuhan dan membuat mereka untuk berbuat sesuatu yang bertentangan dgn nilai agama & Tuhan itu sendiri. Kalo Tuhan dipahami sebagai TUkang PengHANcur, maka pembakaran ini adalah sah2 saja. Tuhan adalah penghuni Neraka dan Setan adalah penghuni Surga. Atau Tuhan dan Setan sebenarnya adalah Satu? Pemerintah/Kumpulan Kaum Berjubah, mengapa Anda2 diam saja? Bisu, takut, EGP? Atau Anda sebenarnya menyetujui segala kerusakan & kemaksiatan ini? Ada tertulis : “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu dan dengan segenap AKAL BUDImu, dan kasihilah sesamamu manusia SEPERTI dirimu sendiri.” Hati nurani yang berasal dari Tuhan tidak akan pernah berbau busuk. Semoga Tuhan membukakan mata Anda2 dan Orang2 yang tidak tahu ini.

  6. Tetap setia pada Nya dan saling mengasihi pada semua ciptaannya..

  7. memang susah hidup di Indonesia ini. Kalau di zaman pengu
    siran pemjajah mereka ngumpet lihat peristiwa 10 November
    1945 semua agama bergotong royong khususnya arek-arek
    Suroboyo memgusir bahkan MEMBAKAR INSTALASI KANTOR
    KANTOR MILIK PENJAJAH. Lha sekarang kok masih bakar2
    miliknya sendiri, emangnya di Bekasi tdk ada singkong atau
    ikan yg perlu dibakar atau ayam panggang ?????????

  8. “Aku merasa bersyukur menganut agama yang mengajarkan kasih”

  9. Di manakah hati nurani sebagai seorang umat beriman? Sepertinya hati nurani manusia itu sudah tumpul. Mendengar suara hati Nurani berarti mendengar Tuhan. Mendengar Tuhan berarti mau berbuat baik. Karena segala perbuatan baik berasal dari Tuhan. sementara perbuatan jahat sudah pasti dari Iblis. Iblislah yang membuat hati nurani menjadi tumpul, tidak dapat membedakan mana yang baik dan benar. Orang yang tidak tahu membedakan mana yang baik dan benar itu adalh orang bodoh, orang yang tidak tahu tentang ajaran agamanya. Orang yang tidak tahu ajarannya, sama dengan orang yang tidak beragama. Malu punya agama, tidak tahu ajaran yang baik dan benar.

  10. Kerukunan agama di indonesia tinggal kenangan

  11. Indonesia Indonesia negara agama ya gini ini sembahyang,sholat , doa, ndak bikin bener tambah dosaaa makanya pemerintah nya juga sih rakyat di paksa harus beragama tapi cuman dikasih 5 pilihan ! jadinya juga rakyat ndak ditekankan rasa kebangsaaan ke nasionalan tapi ke agamaan ya jadinya pecah belah ! contoh aja mas dua org dgn agama beda tidak bisa nikah mennnn! harus satu agama! gilaaa coba kalo nasionalisnya tinggi hemm yg penting kita semua orang Indonesia ! mati hidup demi negara bukan demi Allah! !!! bukti tuh negara selain yg beragama 5 itu apa orangnya ndk bisa masuk surgaaaaaaaaaaaaaa ndk adil dong Allahhhhnya! coba pikir alah pilih mana org yg beragama taat beribadah tapi kelakuanya kaya setan gitu bunuh org , ngebom, nyantet , kawin sampai 10 dari pada org yg tidk agama tapi kelakuanya baik hiiiiiii betul ndak ? jadi cintailah negri ini INDONESIA !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  12. setelah menghancurkan rumah Tuhan, apa sih hasinya…..??? ga ada kan… selain nambahin dosa…

  13. Memang sudah sangat BIADAB!!!!! Tidak dapat berubah sampai kapanpun. Dari kanank-kanak sudah seperti itu sudah dewasa passti semakin rusak/biadab perilakunya.

  14. aku sedih, melihat Indonesia ini, semakin hari semakin hancur, kasihan kita minoritas, kapan pemerintah bisa menjamin hak kita? atau bubarkan saja pemerintah ini,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: