Umat Allah Dambakan: Pemimpin yang takut Allah, yang mempertahankan Pancasila dan UUD 1945 dan yang Menghormati Pluralitas

PGI: Gereja Bukan Lembaga Politik Praktis

JAKARTA – Ketua Umum Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI), Andreas A Yewangoe menegaskan, gereja bukan lembaga politik praktis. Gereja, kata dia, tidak pernah mengejar untuk memperoleh kekuasaan politik praktis.

“Meski begitu, lembaga-lembaga gereja mempunyai tanggungjawab politik, artinya bagaimana hidup bersama di dalam Polis atau kota secara bertanggungjawab,” ujar Andreas dalam acara silaturahmi dengan calon presiden Jusuf Kalla di Kantor PGI, Salemba, Jakarta, Senin (8/6/2009).

Gereja memiliki tugas, selain mendoakan pemerintah dan rakyat Indonesia adalah mengawal agar kekuasaan yang dipercayakan kepada para penguasa dipergunakan secara bertanggungjawab bagi kesejahteraan dan kemaslahatan bersama.

“Dengan kata lain, gereja-gereja selalu mengedepankan moral dan etika politik,” kata dia.

Lembaga-lembaga gereja tidak menekankan figur siapa yang menjadi pemimpin tetapi lebih kepada bagaimana seorang pemimpin itu memimpin negeri ini. “Gereja-gereja menetapkan bahwa pemimpin negeri ini mesti memenuhi tiga syarat,” terangnya.

Pertama, pemimpin yang cakap, takut pada Allah, dapat dipercaya dan benci kepada pengejaran suap. Kedua, pemimpin yang tetap mempertahankan pancasila dan UUD 1945. “Ketiga, pemimpin yang menghormati pluralitas dan tidak alergi terhadap pluralisme dalam masyarakat,” pungkasnya.

Dalam silaturrahmi ini, JK didampingi Wiranto, serta salah satu tim sukses pasangan nomor dengan nomor urut tiga ini, Soemarsono. (lsi)

Sumber: http://pemilu. okezone. com/index.php/read/2009/06/08/268/227059/pgi-gereja-bukan-lembaga-politik-praktis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: