Tujuh Nabi Sekte Sion Kota Allah Jadi Tersangka

KUPANG – Aparat kepolisian menetapkan tujuh pengikut sekte Sion Kota Allah sebagai tersangka kasus penodaan agama. Setelah berstatus tersangka, pimpinan sekte, Nimrot Lasbaun bersama enam pengikutnya yang mengklaim diri sebagai nabi ditahan di salah satu ruang tahanan Polresta Kupang.

“Mereka dijerat dengan Pasal 156 a KUHP tentang tindak pidana penodaan terhadap agama,” kata Kasat Reskrim Polresta Kupang Ajun Komisaris Polisi Anto Seven Berutu, Rabu (3/6/2009).

Tujuh tersangka yang dijadikan tersangka yakni pimpinan sekte yang dijuluki Kuda Putih alias Anak Domba, Nimrot Lasbaun; Nehemia Ludji Wadu yang bergelar Nabi Yesaya; Natanel Hendrik Ngahu, anggota Imam Besar; Ruben Huki Hawu yang mengklaim diri Rasul Paulus; David Agustinus, bergelar Nabi Yeremia; Kornelis Basten Baitanu, anggota Panglima Rezin (Malaikat); dan Meon Nubatonis atau Rasul Yohanes.

Menurut Berutu, polisi menemukan adanya tindak pidana penodaan terhadap agama Kristen, karena doktrin yang dianut menyimpang dari ajaran Kristiani.

“Sekte ini melarang anggotanya untuk tidak pergi ke gereja pada hari Minggu. Padahal, hari Minggu bagi umat Kristen merupakan hari untuk beribadah setelah enam hari bekerja,” ujar Berutu.

Selain itu, tata cara beribadah dan liturgi ibadah berbeda jauh dari yang digunakan umat Kristiani.

Ajaran agama yang diwartakan sekte Sion Kota Allah, hanya berpedoman pada pasal-pasal Kitab Yeremia yang termuat dalam Alkitab, Perjanjian Lama. Pimpinan sekte disebut sebagai anak domba dengan gelar kuda putih.

Sedangkan para pengikutnya menggunakan nama-nama nabi pada zaman dulu. Ajaran lain yang dinilai menyesatkan yakni melarang seluruh pengikutnya ke gereja hingga Agustus 2011, serta tidak diperkenankan melayat ke tempat duka.

“Dalam pandangan mereka, biarlah orang mati mengurus orang mati, bukan orang hidup mengurus orang mati,” kata Berutu. (lsi)

Sumber: http://news. okezone .com/index.php/ReadStory/2009/06/03/1/225591/tujuh-nabi-sekte-sion-kota-allah-jadi-tersangka

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: