Islamofobia adalah Kejahatan Kemanusiaan

ISTANBUL – Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan menegaskan, prasangka anti-Islam merupakan bentuk kejahatan terhadap kemanusiaan, sama seperti anti-Semitisme.

“Setiap kebijakan yang didasarkan pada ketakutan terhadap Islam (Islamofobia) adalah merusak,” kata Erdogan saat membuka pertemuan Eurasia Islamic Council ke-7 di Istanbul, Selasa waktu setempat, seperti dikutip dari PressTV, Rabu (13/5/2009).

Dalam pandangannya, prasangka terhadap suatu keyakinan adalah hambatan utama bagi perdamaian. Sementara mengurangi prasangka terhadap keyakinan yang lain dapat membawa para pengikut dari agama berbeda semakin dekat.

Erdogan juga mengatakan bahwa proyek Aliansi Peradaban (Alliance of Civilization), di mana Turki dan Spanyol berupaya untuk membentuknya di bawah PBB, telah membantu anggota-anggota dari peradaban yang berbeda mendapatkan pemahaman satu sama lainnya.

Islamofobia merujuk pada prasangka dan diskriminasi terhadap Islam dan umat muslim. Istilah ini sudah ada sejak 1980-an, dan semakin populer semenjak peristiwa 11 September 2001. Di Eropa misalnya, Islamofobia meningkat dengan munculnya berbagai penghinaan terhadap Islam maupun Nabi Muhammad.

Sementara anti-Semitisme merupakan sikap permusuhan atau prasangka terhadap kaum Yahudi dalam bentuk-bentuk penganiayaan terhadap agama, etnik, maupun kelompok ras, baik terhadap individu maupun lembaga.

Komisi Eropa untuk Rasisme dan Intoleransi (ECRI) tahun lalu menyebut, Islamofobia telah meningkat di Belanda semenjak pergantian abad, dipicu oleh sejumlah peristiwa seperti penyerangan 11 September di Amerika Serikat dan pembunuhan terhadap sutradara film Theo van Gogh di Amsterdam oleh seorang Muslim pada 2004. Tak hanya sentimen Islamofobia, dalam laporan ECRI itu juga disebutkan sentimen anti-Semit di Belanda juga meningkat, dengan penggunaan kata “Jew (Yahudi)” sebagai kata sumpah untuk lebih meyakinkan.(jri)

Sumber: http://international .okezone .com/index.php/ReadStory/2009/05/13/18/219221/islamofobia-adalah-kejahatan-kemanusiaan

2 Tanggapan

  1. Mohon, dengan hormat berita yang bersifat profokasi tidak perlu dipublikasikan. Publikasikanlah berita yang berwarna cinta kasih dan perdamaian. Tuhan memberkati

  2. minta contoh-contoh kejahatan terhadap kemanusiaan!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: