Jerman Apresiasi Toleransi Beragama di Indonesia

sumber: http://www.antara .co.id/arc/2009/4/11/jerman-apresiasi-toleransi-beragama-di-indonesia/

London (ANTARA News) – Jerman menilai positif toleransi kehidupan beragama dan hidup berdampingan secara damai di Indonesia yang dapat dijadikan model kehidupan beragama bagi kawasan lain.

Hal itu terungkap dalam pertemuan Kepala Divisi Intercultural Dialogue-Dialogue with the Islamic World, Kementerian Luar Negeri Jerman, Dr Gabriela Linda Guellil dan Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik/IDP Departemen Luar Negeri RI, Andri Hadi di Kemlu Jerman, demikian keterangan dari KBRI Berlin kepada Antara London, Sabtu.

Dirjen IDP Deplu Andri Hadi, berada di Berlin dalam rangka menjajaki kerjasama di bidang Interfaith Dialogue dengan Pemerintah Jerman.

Dalam pertemuan itu disampaikan berbagai kegiatan intrafaith dan interfaith dialogue yang telah dilakukan Indonesia dengan berbagai negara sahabat seperti Australia, Austria Italia, Vatikan dan Rusia.

Pada kesempatan itu Dirjen IDP menyampaikan rencana penyelenggaraan Global Interfaith Dialogue tahun 2010 di Indonesia dan diharapkan jerman turut serta dalam rangka meningkatkan pemahaman keharmonisan beragama yang kompatibel dengan demokrasi di Indonesia.

Palam pertemuan itu juga dibahas berbagai kemungkinan bentuk kerjasama baru antara kedua negara.

Pemerintah Jerman menyoroti dan menaruh perhatian terhadap kehidupan beragama di Indonesia yang toleran dan hidup berdampingan secara damai serta dapat dijadikan model kehidupan beragama bagi kawasan lain.

Duta Besar RI Berlin, Eddy Pratomo, menyampaikan kesiapan pihak KBRI untuk memfasilitasi terlaksananya kerjasama yang lebih erat di masa yang akan datang.

Pihak Jerman menyampaikan antusiasmenya untuk turut serta berpartisipasi dalam kerangka Global Interfaith Dialogue yang akan diselenggarakan oleh Indonesia, ujar Dubes Eddy Pratomo.

Menanggapi hasil sementara Pemilu, pihak Jerman menyampaikan ucapan selamat dan menghargai setiap hasil pemilihan umum sebagai suatu cerminan dari keinginan rakyat Indonesia yang sangat mendasar dan patut dihormati oleh masyarakat internasional.

Dr. Gabriela Guellil mengatakan meskipun kondisi geografis yang sangat luas dan jumlah pemilih yang sangat besar, pelaksanaan Pemilu di Indonesia tetap dapat berlangsung dengan baik dan lancar.

Oleh karena itu Pemerintah Jerman sekali lagi menyampaikan kekagumannya atas perkembangan kehidupan demokrasi di Indonesia.

Kunjungan Dirjen IDP ke Berlin dilakukan seusai menghadiri pertemuan 2nd Forum of the Alliance of Civilizations yang diselenggarakan di Istanbul, Turki.(*)

COPYRIGHT © 2009 ANTARA

PubDate: 11/04/09 23:05

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: