Negara-Negara Islam Mendominasi Daftar Negara Penganiaya 2009

Negara-Negara Islam Mendominasi Daftar Negara Penganiaya 2009

Negara-negara Islam menempati porsi lebih dari setengah dari daftar 10 negara penganiaya Kristiani terburuk di dunia menurut sebuah laporan terbaru.

Arab Saudi menempati urutan ke-2 tempat, diikuti oleh Iran (No. 3), Afganistan (No. 4), Somalia (No. 5), Maladiv (No. 6), Yaman (No. 7), dan Uzbekistan (No. 10). Dibandingkan dengan catatan Open Doors tahun lalu, Pada 2009 terdapat lebih dari satu negara Muslim yang mendominasi.

Mengambil alih posisi puncak penodaan tahun ini yang selama kurun waktu tujuh tahun dalam jajaran totalitarian dan terisolasi dipegang oleh Korea Utara.

Dr Carl Moeller, Presiden Open Doors AS, menggarisbawahi beberapa perubahan pada tahun 2009 dalam daftar pengamatan dunia termasuk pemunculan kembali Somalia ke dalam daftar 10 besar negara teratas.

“Somalia dan Eritrea juga tercatat pada puncak 10 negara tersebut,” Moeller menambahkan catatannya kepada Christian Post dalam sebuah wawancara Selasa lalu. “Anda dapat melihat bahwa komunitas Kristiani di bagian Afrika baru-baru ini mendapat pukulan.

Juga Afganistan naik dua tingkat ke posisi 5 tahun ini disebabkan meningkatnya aktivitas Taliban, kelompok ekstrimis Muslim yang dulunya memerintah negara tersebut.

Menariknya, Moeller menambahkan, baik Cina maupun Bhutan, kedua negara Asia tersebut, tersingkir dari daftar 10 negara teratas.

Walaupun Cina (No. 12), yang mempunyai sejarah bermasalah dengan kebebasan beragama, namun tidak lagi menempati posisi teratas dalam daftar 10 besar, Moeller mengatakan ministrinya akan terus mengamati secara dekat terhadap negara yang menggambarkan adanya sebuah “perbaikan” tersebut.

“Cina menunjukkan adanya perbaikan dalam beberapa cara dalam kaitannya dengan penganiayaan,”ujar Moeller. “Belum pernah ada keterbukaan yang lebih besar di Cina, bahkan dalam waktu yang bersamaan, beberapa bulan lalu kami masih mendengar laporan dari beberapa orang yang telah ditangkap, diinterograsi dan bahkan ditawan selama beberapa hari tanpa alasan.

“Dan bentuk penganiayaan seperti ini masih terus berlangsung khususnya di daerah pedesaan,” katanya.

Dua negara yang paling menunjukkan perubahan besar dalam hal penganiayaan Kristiani lebih dari beberap tahun lalu adalah Vietnam, yang mana mengalami penurunan posisi dari No.17 menjadi No. 23, dan Kolumbia, yang turun menempati posisi 50 besar dalam daftar setelah menempati urutan tertinggi

selama beberapa tahun dalam daftar. Vietnam menempati urutan No. 8 dalam Daftar Pengamatan Dunia pada tahun 2006.

Daftar Pengamatan Dunia 2009
1. North Korea
2. Saudi Arabia
3. Iran
4. Afghanistan
5. Somalia
6. Maldives
7. Yemen
8. Laos
9. Eritrea
10. Uzbekistan

Michelle A. Vu
Kontributor Kristiani Pos
Sumber: Kristiani Pos (http://id.christianpost. com/dbase.php?cat=missions&id=347)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: