Kardinal Darmaatmadja: Serangan ke Gaza Pantas Disesalkan

Kardinal Darmaatmadja: Serangan ke Gaza Pantas Disesalkan

[Kompas 01/01/09] Uskup Agung Jakarta Julius Kardinal Darmaatmadja SJ menyesalkan penyerangan Israel ke Jalur Gaza sehingga menewaskan ratusan orang. Menurutnya hal itu tidak sesuai dengan ajaran agama apapun termasuk Katolik.
“Semua kejadian yang menyebabkan korban pantas untuk disesalkan dan selayaknya untuk setiap masalah jangan saling belas-membalas karena tidak akan menyelesaikan masalah,” ujarnya di Gereja Katedral Jakarta, Kamis (1/1). Ia menganjurkan setiap manusia untuk menahan diri dan menyelesaikan semua masalah dengan duduk bersama dan saling menghormati sehingga tercipta perdamaian.

Untuk mencapai itu, lanjut Uskup, dibutuhkan kesadaran dari semua pihak untuk dapat memandang persoalan secara jernih dan tidak mendahulukan emosi. “Hormati tidap ciptaan Tuhan termasuk semua manusia walaupun berbeda agama agar perdamaian tercipta di muka Bumi,” tegas Uskup.

Terkait hal tersebut, Uskup menjelaskan di dalam ajaran Katolik tidak dibenarkan bagi seorang umat untuk melakukan dendam serta saling membunuh. Ada tiga ajaran yang harus dilakukan umat Nasrani untuk menggantikan dan membatasi sikap egoistis seseorang, yakni berbuat keadilan, saling berbuat kejujuran, dan melakukan kebenaran.

Selain itu, Uskup juga mengatakan bahwa setiap umat Nasrani harus menghormati segala yang diciptakan oleh Tuhan dan tidak dibenarkan untuk merusak ciptaaanya. “Bila seseorang beribadah kepada Tuhan dengan khusyuk namun dia juga melakukan perusakan terhadap ciptaannya apalagi sampai saling membunuh sesama manusia, maka sama saja dia tidak melakukan ibadah,” jelasnya.

Uskup Kardinal Darmaatmadja SJ menyampaikan keprihatinan tersebut di sela-sela open house bersama umat Katolik yang digelar di aula gereja Katedral Jakarta usai misa tahun baru. Sebelumnya, Uskup memimpin misa tahun baru yang dihadiri sekitar 1500 umat Katolik sejak npukul 17.00-19.00. Tema perayaan yang diambil kali ini membawa damai sejahtera bagi dunia.
Sumber: http://mirifica.net/printPage.php?aid=5529

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: