Gaza Bukan Konflik Agama

12 January 2009
Gaza Bukan Konflik Agama

JOMBANG – Penyerangan yang dilakukan oleh Israel ke Jalur Gaza, Palestina, dikatakan Koordinator Presidium Jaringan Islam Anti Diskriminatif (JIAD) Jawa Timur, Aan Anshori, sebagai perang kedaulatan negara, bukan perang agama.

Selain itu, Aan juga mengecam tindakan pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jatim, KH Abdus Shomad, yang memimpin demo ke tempat ibadah umat Yahudi di Jalan Kayoon Surabaya, beberapa waktu lalu. Menurut Aan, hal tersebut dapat memunculkan konflik horisontal.

Ditambahkannya, gemparnya isu pertikaian agama di Jalur Gaza tersebut karena maraknya demonstrasi pengecaman terhadap Israel yang dilakukan oleh beberapa partai politik (parpol) di tanah air. Pria yang juga Direktur Lingkar Indonesia untuk Keadilan (LINK) tersebut menambahkan bahwa aksi tersebut hanya sebuah kepentingan politis saja, dan bukan murni solidaritas.

“Saya menduga konflik tersebut telah ditunggangi dan dimanfaatkan oleh
beberapa parpol untuk untuk kepentingan pilpres 2009,” jelasnya sembari mengatakan pihaknya akan melakukan konferensi pers untuk mengkritisi dan mengecam tindakan 21 ormas tersebut dengan 10 tokoh lintas agama yang ada di Jombang dalam waktu dekat.

JIAD tetap mengecam penyerangan brutal yang dilakukan oleh Israel terhadap Palestina sebagai bentuk rasa kemanusiaan, bukan pengecaman terhadap umat Yahudi. JIAD melalui Aan berharap agar penegak hukum untuk menindak aksi anarkis yang mengatasnamakan agama dan memberikan kebebasan berkeyakinan di Indonesia.

Terpisah, pengurus Persekutuan Gereja dan Lembaga Injil Indonesia (PGLLI), Pendeta Kristian, menyampaikan bahwa persoalan tersebut buka konflik agama, tetapi lebih kepada konflik kedaulatan. “Umat Kristiani mengecam keras aksi brutal Israel ke Jalur Gaza yang telah menewaskan ribuan warga Palestina. Hal itu sebagai bentuk solidaritas kemanusiaan demi terciptanya sebuah kedamaian dan ketentraman, ” tegasnya.

http://www.surabaya pagi.com/ redesign/ index.php? p=detilberita& id=27025

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: