BIASAKAN SELALU BERPIKIR POSITIF

BIASAKAN SELALU BERPIKIR POSITIF

Kegagalan dalam kehidupan, entah dalam pekerjaan atau percintaan, pasti pernah anda rasakan. Seringkali kegagalan tersebut membuat anda putus asa, tidak percaya diri, dan selalu berpikiran negatif. Padahal kegagalan seharusnya menjadi “cambuk” bagi anda untuk menjadi lebih baik lagi. Salah satu caranya adalah dengan selalu berpikir positif. Untuk membantu anda belajar berpikir positif, simaklah hal-hal berikut ini.

Pertama, cobalah abaikan segala macam pikiran negatif. Gantilah pikiran-pikiran negatif anda dengan pikiran-pikiran positif dan bersifat membangun. Contohnya, ubahlah pikiran seperti, “saya tidak bisa melakukan ini”, dengan pikiran positif, “saya pasti dapat melakukan hal ini dengan baik”.

Kedua, sebelum melakukan sesuatu, jangan bayangkan sebuah kegagalan, tapi bayangkanlah keberhasilan yang akan dapat setelah melakukan hal tersebut. Ingat, biasanya apa yang anda bayangkan akan menjadi sugesti tersendiri yang menentukan berhasil atau tidaknya pekerjaan anda.

Ketiga, bergabunglah dengan orang-orang berpikiran positif. Pikiran manusia itu ibarat penyakit menular. Jika anda berada di dekat orang-orang yang pikirannya dipenuhi kebahagiaan dan keoptimisan, secara otomatis anda akan terpengaruh cara berpikir mereka yang positif juga.

Keempat, sering-seringlah membaca buku yang dapat meningkatkan motivasi anda. Bacalah buku tersebut di waktu senggang anda. Lalu, resapilah kalimat per kalimat secara perlahan-lahan. Buku-buku inspiratif tersebut akan membantu anda berpikir positif.

Kelima, perbaiki cara duduk dan jalan anda. Sikap dan tingkat rasa percaya diri seseorang dapat dinilai dari kedua hal tersebut. Biasakana untuk selalu duduk dan berjalan dengan punggung yang tegak. Kebiasaan seperti ini akan membantu rasa percaya diri dan aura positif dalam diri anda.

Keenam, cobalah untuk tidak memikirkan sesuatu secara berlebihan. Sering kali anda terjebak karena terlalu banyak berpikir dan menghabiskan banyak waktu untuk menimbang-nimbang apa yang orang lain pikirkan tentang diri kita. Padahal belum tentu hal itu benar adanya. Hal ini akan membuat anda tidak mengeluarkan kemampuan terbaik anda.

Ketujuh, pilihlah salah satu hari istimewa dalam seminggu dan jadikanlah hari itu sebagai “hari berpikir positif”. Bangunlah pada pagi hari dan yakinlah bahwa setiap orang yang akan anda temui bernilai istimewa. Kemudian perlakukanlah mereka secara positif. Anda akan merasakan bahwa kehidupan ini lebih indah dengan berpikir positif. (INO-Ragam Kompas Sabtu, 15 November 2008).

Iklan

Satu Tanggapan

  1. semoga bisa 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: