Saatnya Mengembangkan Diri


Saatnya Mengembangkan Diri

Tak pernah ada kata berhenti untuk belajar. Pepatah ini bukanlah sekedar isapan jempol, karena sejatinya manusia terus berkembang seiring berjalannya waktu. Hal ini pun berguna untuk terus mengembangkan diri demi kemajuan.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan, tips-tips berikut adalah beberapa di antaranya.

Pertama, perluaslah pengetahuan anda dengan membaca. Bacalah majalah, surat kabar, atau buku dengan topik yang belum pernah anda baca sebelumnya. Melalui bacaan-bacaan tersebut anda dapat memperoleh informasi baru, yang berguna untuk merangsang munculnya ide-ide kreatif.

Kedua, menfaatkan waktu senggang anda dengan mengikuti kursus. Ikutilah berbagai macam kursus-kursus keterampilan, seperti fotografi, desain visual, keterampilan menulis kreatif, atau yang menunjang pekerjaan anda.

Ketiga, salurkanlah berbagai macam ide ke dalam suatu “wadah”. Ada berbagai macam “wadah” yang dapat anda gunakan seperti tulisan, artikel, sketsa, gambar, bahkan lukisan. Anda dapat berpikir secara simbolis dan visual dengan menuangkan ide ke dalam coret-coretan berupa simbol yang menggambarkan alur pekerjaan anda. Ini akan membantu anda mulai berpikir dengan gambar, bukan lagi dengan kata-kata, sehingga anda pun mendapat penyegaran dalam membuat ide-ide kreatif yang berguna saat bekerja.

Keempat, dengarkanlah musik yang dapat memacu kreativitas otak anda. Cobalah mendengarkan lagu-lagu jenis musik yang berbeda dari yang biasa anda dengar. Bahkan coba belajar memainkan intrumen musik yang baru. Hal ini akan membantu proses kreatif anda semakin berkembang.

Kelima, kembangkanlah jaringan sosial anda dengan teman-teman yang baru. Dengan bertemu dan berkomunikasi dengan orang-orang baru, anda akan mendapat persepsi baru tentang kahidupan di luar sana. Pelajari juga bagaimana cara orang lain dalam memandang masalah dan mengantisipasinya.

Keenam, carilah alternatif jalan atau rute lain ketika pergi dan pulang bekerja. Selain anda tidak akan terjebak dengan rutinitas perjalanan bekerja, alternatif rute jalan juga berguna menambah pengetahuan jalan dan melatih kemampuan daya ingat. (INO-Ragam Kompas Rabu 19 November 2008)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: