Paus Serukan Untuk Terwujudnya Hubungan Baik Antara Kristiani dan Islam

Paus Serukan Untuk Terwujudnya Hubungan Baik Antara Kristiani dan Islam

VATIKAN –Umat Kristiani dan Muslim harus dapat mengatasi kesalahpahaman diantara mereka, Paus Benedict XVI berkata kepada para pemuka agama Islam dan para cendikiawan Muslim dalam rangka menekankan kebebasan beribadah bagi umat non Muslim di lingkungan Islam.

Dalam pertemuannya dengan para delegasi yang terdiri dari cendikiawan dan perwakilan Muslim lainnya di Istana Rasuli dalam konferensi tiga hari yang melibatkan para imam dan professor serta para pakar Islam. Benedict mengatakan kepada para peserta bahwa dia telah mengalami “kemajuan” dalam pembicaraan-pembicaraan dekatnya.

Pembaptisan yang dilakukan oleh paus terhadap seorang Mesir yang lahir dalam keluarga Muslim pada Paskah lalu di Basilika Santo Petrus mengejutkan beberapa kelompok dalam dunia Muslim. Benedict juga memicu kemaraan umat Muslim dengan komentarnya yang mengaitkan Islam dengan kekerasan dalam suatu pidatonya pada 2006.

“Kepada kawan-kawan semuanya, marilah kita satukan usaha kita, untuk hidup dengan baik, dengan tujuan untuk menyelesaikan segala kesalahpahaman dan ketidaksepahaman yang ada,”ujar paus dalam pidatonya kepada para delegasi. “Biarlah kita menyelesaikan serta mengatasi segala prasangka masa lalu dan memperbaiki citra satu sama lain, yang mana sampai sekarang menyebabkan permasalahan dalam hubungan kita.”

Benedict mengungkapkan penyesalannya atas perbuatannya yang telah melukai perasaan melalui ucapannya pada 2006 silam.

Dalam upaya memperbaiki hubungan yang renggang selama ini, Vatikan menganggap percakapan di antara kedua pihak sebagai suatu kesempatan untuk mendorong terwujudnya perlakuan yang baik terhadap Kristiani dalam dunia Muslim.

Di Arab Saudi, umat non-Muslim tidak dapat beribadah di publik, lambang-lambang Kristiani seperti salib tidak dapat dipakai secara terbuka dan penerapan hukuman mati bagi orang Muslim yang berkonversi ke Kristiani. Vatikan juga telah secara terbuka berbicara mengenai keadaan Kristiani di Irak, dimana gereja-gereja banyak yang diserang, para pastor diculik serta banyak orang percaya yang terpaksa melarikan diri dari Iran.

Benedict mengungkapkan harapannya bahwa hak-hak yang paling mendasar dapat “dilindungi” bagi setiap orang dimana pun mereka berada.”

“Diskriminasi dan kekerasan yang sampai saat ini dialami banyak orang di seluruh dunia, dan bahkan seringkali mereka menjadi subyek penganiayaan-kekerasan, hal tersebut mencerminkan suatu tindakan yang tidak dapat dibenarkan dan tidak dapat diterima,”lanjut paus.

Para pemimpin Muslim menyerukan ulang harapan paus tersebut akan terciptanya hubungan yang lebih baik.

“Keberadan kita disini adalah tepat dengan harapan untuk tercapainya kedamaian antara Kristiani dan Islam,”kata Seyyed Hossein Nasr, seorang profesor studi Islamiah di Universitas George Washington, kepada paus.

Delegasi Katolik termasuk diantaranya Kardinal Jean-Louis Tauran, kepala dewan Vatikan bidang dialog antar agama, mantan uskup agung Washington D.C., Kardinal Theodore McCarrick dan Uskup Agung Chaldean Louis Sako dari kota Kirkuk sebelah utara Irak.

Kelompok Muslim diantaranya para cendikiawan dari Swiss, Tariq Ramadan dan Seyyed Damad, dekan Bagian Studi Islamiah di Akademi Ilmu Pengetahuan Iran.

The Associated Press

Sumber: Kristiani Pos

Iklan

5 Tanggapan

  1. One united world, under God..

  2. Emang seharusnya antar agama itu ada toleransi dan saling menghormati

  3. Om Paus Benedict harus bisa membuka mata dengan lebih lebar bagaimana banyaknya minoritas Muslim didunia jadi korban dari Umat Kristiani

  4. Biasanya kalau terjadi hubungan baik anak Buah Kakek Paus memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan umat Islam, kasihan Umat Islam yg ekonomi dan imannya lemah kadang2 mereka jadi korban

  5. oi mas syekh…dia bukan kakek to om kali dia pemimpin umat katolik kali….mank situ tau dr mana jd korban….klo menrut saya tuh cuman prfokasih mas yang mau antar gama berantem…..klo saling menghormati dami2 aja kan dan toleransi??btul ga??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: