Suster Apung Merasa Ditipu Soetrisno Bachir

Suster Apung Merasa Ditipu Soetrisno Bachir -detikNews

Jakarta – Hj Rabiah yang dikenal sebagai Suster Apung merasa tertipu dan
dibodohi oleh Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Soetrisno Bachir (SB).
Ia tidak tahu kalau film yang dibintanginya akan dijadikan iklan politik.

“Saya bekerja sebagai suster untuk mengabdi pada masyarakat, bukan untuk
jadi jualan politik Pak Tris (panggilan Rabiah untuk SB),” tutur Rabiah di
warung kopi Daeng Annas di Jalan RS Faisal Makassar, Jumat (15/8/2008) .

Rabiah menjadi salah satu bintang dalam iklan layanan masyarakat seri
dirgahayu Indonesia dengan tokoh utama SB. Ikut main dalam iklan itu
beberapa warga pulau Liukang Tangngayya, Kabupaten Pangkajenne Kepulauan
(Pangkep), tempat Suster Apung mengabdi sebagai tenaga perawat kesehatan
sejak tahun 1977.

Rabiah menceritakan, pada 12 Juli lalu ia diajak oleh orang-orang 25Frame
untuk membintangi kompilasi film dokumenter di Bali. Selama 3 hari di Bali,
ia sama sekali tidak sadar kalau orang yang dipanggil Pak Tris adalah
Soetrisno Bachir, sponsor pembuatan film pendek dirinya.

Ia juga tidak pernah diberitahu bahwa kelak film tersebut akan dijadikan
iklan politik di televisi. Rabiah mengakui ia memang pernah menandatangani
surat pernyataan dan menerima Rp 4 juta dari pihak 25Frame. Namun ia tidak
pernah melihat ada nama Soetrisno Bachir dalam surat pernyataan tersebut.

Rabiah baru tahu kalau film yang dibintanginya dijadikan iklan politik
setelah diberitahu Arfan Sabran. Pria ini merupakan sutradara film
dokumenter “Suster Apung’ yang memenangkan kompetisi film dokumenter Eagle
Award yang diselenggarakan Metro TV. Lewat film inilah Rabiah kemudian lebih
dikenal sebagai Suster Apung.

Arfan Sabran yang menemani Rabiah mengungkapkan kekecewaaanya pada SB,
mulanya diberitahu oleh teman-temannya di Jakarta dan Yogyakarta. Ia di-sms
dengan kalimat “Selamat, Suster Apung Sudah Dipolitisasi” . Ia pun buru-buru
menonton iklan politik tersebut di televisi.

Setelah menonton, ia terhenyak dan langsung menghubungi Rabiah. Ternyata
Rabiah pun tidak tahu kalau peran yang ia mainkan menjadi jualan politik
partai yang memiliki banyak caleg dari kalangan artis.

Meski kenyataannya demikian, baik Rabiah maupun Arfan belum mau meminta
iklan politik tersebut ditarik dari peredaran. “Kami hanya meminta pada Pak
Tris agar tidak seenaknya memanfaatkan rakyat jelata seperti Suster Apung
menjadi komoditas politik partainya,” tegas Arfan

Iklan

13 Tanggapan

  1. emang tuh skarang mulai marak para politisi jualan kecap lagi.. katanya ini itu… bla bla bla… padahal semuanya cuma pepesan kosong… 🙂 🙂

  2. iklannya boleh jg sih, cari simpati rakyat kecil, tp nanti ongkosnya rakyat yg bayar..

  3. yaaah… payah… baru bikin iklan aja udah kayak gini … gimana ntar jadi pemimpin 😦

    quote of the day by me :

    ” Hanya orang bodoh yang berpikir bisa membodohi orang banyak sebab sebodoh-bodohnya orang banyak dan atau sebanyak – banyaknya orang bodoh pasti selalu ada yang tidak bisa dibodohi orang bodoh :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

  4. sebaiknya dituntut. Biar pak Tris dan politisi lain tau rasa.

  5. partai kok ga jelas banget. ketuanya memperdayai rakyat kecil, seperti suster apung untuk popularitasnya sendiri. diprotes sedikit, bilang difitnah. suka selingkuh dengan istri orang lagi (dia selingkuh dengan istri gusti randa)! bilang orang lain suruh bertobat, ngaca dong pak! artis2 yang sudah turun daun dimasukkan daftar caleg. mau jadi apa negri ini kalo dia jadi presiden? cape deh…

  6. bener, cape deh…
    belon jadi presiden aje udeh begeneeh…
    gimana kalo jadi presiden beneran…
    hueehh…
    * maaf jadi emosih neeh…

  7. nah ini yg sy ndak suka dari iklannya SB 😀

  8. Hidup adalah perbuatan, tanggung jawab donk atas perbuatan biar konsisten dengan jargon politiknya ….

  9. ya beginilah kalo ketua parpol karbitan….
    sayang parpolnya bagus tapi pemimpinnya kurang beretika…

  10. Kacau INDONESA klo sampe SB jdi presiden blm jd presiden aja udah maen tipu menipu gitu… Sebaiknya dlm pemilu nanti kita harus jeli dlm memilih pemimpin bg indonesia ini… Dari skrng kta hrs memperhatikan mana pemimpin yg bersih dn gak pernah berhadapn dngan maslh tipu meniptu,selingkuh dn pastinya yg korup… Thanks

  11. namanya juga politik….

  12. Sepertinya negeri kita ini belum punya calon pemimpin yang layak & punya hati yg tulus untuk bekerja bagi rakyatnya.
    Sungguh menyedihkan…….

  13. ehm..ya gini nih kalo org mau langsung tenar..
    kudunya berbuat dah dr dulu2..
    jd tanpa iklan yg begituan kudunya dah terkenal dr perbuatan2nya yg dulu
    bukan bangun image hanya liwat iklan.. (apalg memanfaatkan org laen yg dah bnr2 dah berbuat dr dulu2)
    gak bangeeeets daaah…
    btw, malah yg lebih nyata telah berbuat utk masy setulus hati, suster apung yach?
    jd suster apung lebih layak tuch dr pd SB 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: