Sebagian Besar Konflik Dunia Berlangsung di Negara Berpenduduk Mayoritas Islam

Rabu, 30/07/2008 12:03 WIB

SBY: Perdamaian Butuh Jihad

Luhur Hertanto – detikNews

Jakarta – Demi mewujudkan tata dunia yang adil dan damai, umat Islam wajib berjihad sebagaimana perintah Allah. Jihad yang efektif adalah kembangkan rasa toleransi dan mencegah konflik dengan pendekatan dialog.

Demikian seru Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada para ulama dalam pidatonya meresmikan pembukaan International Conference of Islamic Scholar (ICIS) III, Rabu (30/7/2008).

“Kita harus melakukan jihad besar-besar demi mewujudkan perdamaian. Caranya hindari konflik dengan membangun toleransi antar Muslim dan bahkan kepada yang memusuhi kita,” kata SBY.

Fakta menunjukkan sebagian besar konflik dunia berlangsung di negara berpenduduk mayoritas Islam. Lebih ironis bahwa ternyata konflik-konflik tersebut terjadi di kalangan umat Islam sendiri.

Pemicu timbulnya konflik hirizontal itu sering kali akibat nasionalisme sempit. Perbedaan pandangan berujung konflik hanya gara-gara perbedaan adat, bahasa dan suku.

“Ini menunjukkan toleransi antar kaum Muslim juga masih rendah. Jika tugas seorang Muslim melaksanakan perintah Allah, maka umat Muslim harus ujudkan perdamaian,” sambung SBY.

Padahal jelas konflik akan makin melemahkan posisi negara-negara Islam di tatanan global. Di titik inilah para ulama bisa mengambil peran penting, yaitu mencegah pecahnya konflik dengan mengembangkan toleransi, budaya dialog untuk memecahkan masalah dan anti kekerasan.

“Ajarkan doa dan pada saat sama kerjakan perintah Allah denghan menyebarkan pesan perdamaian. Maka dengan demikian Anda akan menjadi ulama yang tidak dibatasi lagi oleh tapal batas,” ujar SBY.(lh/irw)

Source : http://www.detiknew s.com/read/ 2008/07/30/ 120313/980118/ 10/sby-perdamaia n-butuh-jihad

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: