Kronologis Penyerangan Massa Terhadap STT SETIA

Mahasiswa luka parah akibat penyerangan senjata tajam, kampus dibakar

JAKARTA – Satu tragedi kembali terjadi menimpa umat Kristiani di negeri ini. Pada Jumat (25/7) malam lalu telah terjadi penyerangan oleh sekelompok warga terhadap Sekolah Tinggi Theologia Injili Arastamar (SETIA) yang berlokasi di Kampung Pulo kelurahan Pinang Ranti Kecamatan Makassar, Jakarta Timur.

Berikut adalah kronologis peristiwa penyerangan babak pertama terhadap STT SETIA Jumat malam (25/7) sebagaimana diungkapkan Pdt. Dr. Matheus Mangentang, M.Th kepada pers, Sabtu (27/7) lalu:

10.30PM (malam)
Seorang mahasiswa dan seorang anak staff dosen SETIA dicegat di jalan, dan mahasiswa ini yang berasal dari Alor dianiaya dan dipukuli. Sang ayah yang mendengar anaknya dipukuli saat mau menolong anaknya yang telah dibawa ke RW terdekat juga ikut dipukuli.

11.30PM
Asrama putra yang berada di RT.02 di kepung massa dan dilempari batu juga pagar asrama, kaca jendela di rusak serta atap asrama di timpuki oleh masssa yang menyebabkan beberapa kerugian bagi asrama putra. Situasi agak menurun tetapi massa yang sama yang telah melakukan penyerangan ke asrama putra pada Pukul 24.00PM menuju ke asrama putri yang terletak di Rt. 05 dan juga melakukan pelemparan juga disana menyebabkan kerusakan

Pukul 02.30AM (pagi) (26/7)
Kembali terjadi penyerangan kedua pada dini hari dan kali ini penyerangan dilakukan dengan intensitas tinggi dibandingkan dengan penyerangan pada pukul 12.00 PM sebelumnya dimana kerusakan yang diakibatkan oleh penyerangan ini jauh lebih parah. Kemudian terjadi penyiraman bensin di atas atap lantai 3 di asrama putri yang terletak di RT.05. Api sempat tersulut tersulut di jalan depan asrama putri tetapi tidak lama karena api tersebut mengenai salah seorang yang menuang bensin yang kemudian api dimatikan.

Pukul 4.30AM
Suasana mulai tenang. Tetapi sebelumnya antara pukul 02.00-03.00AM juga terjadi penyerangan massa di kampus utama di RT 01 dimana suasana tidak terkendali yang mengakibatkan mahasiswa sempat merespon penyerangan oleh sekelompok warga dan kemudian terjadi saling melempar batu.

Pukul 5.30AM
Suasana menjadi tenang dan terkontrol hingga Sabtu siang harinya.

Pdt. Matheus Mangentang, M.Th. selaku Ketua Umum Badan Pengurus GKSI dalam pertemuan dengan para wartawan Sabtu (26/7) lalu juga mengklarifikasi mengenai adanya pernyataan beberap pihak bahwa penyulut situasi adalah karena ada mahasiswa yang dianggap mencuri, tetapi ini tidak benar karena tidak ada barang bukti bahwa dia mencuri dan posisinya ada di tengah jalan.

Dari pihak SETIA juga telah meminta kepada aparat keamanan untuk memberikan bantuan perlindungan sampai situasi kondusif dan telah mengirimkan surat meminta perlindungan dari pihak aparat keamanan. Pada peristiwa penyerangan babak pertama ini memakan 2 orang korban luka akibat pemukulan.

Kerugian yang dialamai pada peristiwa penyerangan tersebut diperkirakan menurut Matheus sebesar 75-80 juta karena semua kaca, pagar dan jendela sudah hancur.

Lebih lanjut dikatakan bahwa mahasiswa yang berada di asrama putri pada saat kejadian ada sekitar 250 orang dimana pada saat itu mereka sedang tidur dan kemudian terbangun karena mendengar teriakan massa yang merangsek masuk ke dalam asrama.

Aksi tersebut diprovokasi oknum tertentu yang hingga saat ini masih belum dapat dipastikan identitasnya. Beberapa saksi mata juga mengatakan bahwa sebelum aksi penyerangan terjadi terdengar seruan dengan menggunakan pengeras suara dari sebuah Mesjid Baiturohim yang terletak tidak jauh dari asrama tersebut berusaha menggerakkan massa warga.

Pagi harinya saat situasi mulai tenang para mahasiswi diungsikan ke areal kampus untuk sementara waktu sampai suasana aman. Sedangkan sebagian mahasiswa masih tetap berada di asrama karena hanya terjadi kerusakan di bagian atap dan genting saja di 2 asrama putra yang letaknya tidak berjauhan.

Matheus juga mengatakan bahwa peristiwa penyerangan terhadap SETIA bukan hanya hanya sekali itu saja tetapi telah terjadi beberapa kali sepanjang 4 tahun belakangan ini. Matheus juga menambahkan bahsa selama 21 tahun SETIA berdiri di lokasi tersebut hubungan dengan warga sekitar tidak mengalami masalah dan baru sekitar 4 tahun belakangan ini saja terjadi penyerangan yang diprovokatori oleh segelintir oknum yang tidak suka dengan keberadaan SETIA.

Penyerangan kali ini adalah yang keempat kalinya sepanjang 4 tahun belakangan ini dan ini merupakan yang terburuk.

Usaha untuk mediasi dengan warga juga telah ditempuh pihak SETIA berkali-kali dengan difasilitasi oleh Walikota Jakarta Timur, kelurahan, kecamatan dimana pihak Walikota meminta untuk SETIA pindah dan mencari lokasi lain namun sampai saat ini belum ada jawaban pasti dari walikota guna membantu upaya pencarian lokasi yang tepat. Walikota juga meminta kepada masyarakat untuk dapat menahan diri agar kelompok-kelompok tertentu tidak dapat mengambil kesempatan.

Pihak SETIA sendiri mengharapkan agar aparat dapat secara cepat mencari siapa oknum yang telah melakukan penterangan tersebut dan meprovokatori.

Pihak SETIA meminta aparat untuk mengamankan mengingat 28-30 Juli mendatang akan berlangsung ujian negara di kampus tersebut.

Dari keterangan beberapa saksi juga membenarkan adanya seruan kepada warga untuk melakukan penyerangan. Sehingga bukan hanya warga setempat tetapi juga warga sekitar kampung tersebut ikut dalam aksi penyerangan dimana mereka juga membawa bambu yang nampaknya telah dipersiapkan sebelumnya. Hal ini juga menunjukkan bahwa aksi penyerangan tersebut bukanlah suatu bentuk spontanitas belaka tetapi diduga telah dipersiapkan. (Maria F/Kristiani Pos)

30 Tanggapan

  1. Ck…ck…ck..luar biasa sekali,umat kristiani ma ud terbiasa amat hal2 kya gne..penganian dll. Ya..sprti JC bls kjhtan with kasih,msalah pemblasan itu kan yg brhak bkn qta,itu hak JC.

  2. Ck .. ck .. ck…, sungguh kronologis yg dibuat buat. Bisa memprovokasi … umat… berhati hatilah berbicara jika tdk tahu kebenarannya. Jika emosi umat terpancing kebencian yg muncul. Dan anda hrs bertanggung jawab thd umat. Bayangkan kesalahan dan dosa yg anda buat. Bersihkan hati, berfikir jernih, and silent is gold….

  3. Sy warga pulo yg cinta damai, kronologis yg dibuat tsb diatas sangat2 tdk benar , mohon pak Pdt. Matheus benar2 bercerita jujur, agar masyarakat tahu berita yang benar shg menyikapinya juga benar.
    Pernyataan saya bukan berarti apa2 tp sekali lagi kronologis yg dibuat tsb sangat menyesatkan.
    Salam damai dari warga kampung pulo……

  4. Tunnggu tanggal mainnya………………
    kitorang bakal datang kasih rata Kp. Pulo

  5. Mahasiswa SETIA di evakuasi bukan berarti menyerah
    Mahasiswa SETIA dianiaya tidak melawan bukan berarti takut
    Mahasiswa SETIA tidak perlu terpancing provokator…
    Karena Tuhan Allah akan membalaskan itu semua

  6. Kenapa Masa beraninya cuman menyerang asrama putri ???? Apakah Wanita makhluk lemah itu perlu diserang ??? Mereka (Masa) dilahirkan oleh siapa??? kan dilahirkan oleh Wanita juga ! Pada jaman sekarang masihkah diperlukan kekerasan yang mengakibatkan kerusakan fisik? Tidak kah ada cara lain ? Sekolah Tinggi tersebut kan tujuannya Baik, mencetak para sarjana yang berkonsentrasi ke relegius (tidak mencari keuntungan duniawi). Perlu diketahui bahwa sekolah tinggi tersebut telah berdiri 17 tahun yang lalu, lebih lama lahirnya dibandingkan dengan ormas-2 yg melakukan penyerangan pada saat ini, koq bisa ormas yang baru lahir melarang Sekolah yg sudah berdiri lebih lama lagi ?

  7. Mau tambahkan, ada kesalahan, Sekolah Teologia tersebut sudah berdiri 21 tahun.

  8. becik ketitik, ala ketara —begitulah filosofi org jawa tengahan…kita tunggu aja bersama informasi – informasi dan investigasi yang terkumpul menjadi fakta yang akan mengungkapkan : mana yang benar dan mana yang rekayasa??? Mari kita hentikan sikap mudah terprovokasi demi persatuan dan kesatuan bangsa. khan sebentarr lagi Ultah NKRI lhoooo..GBU all

  9. saya sangat setuju dgn bow wow, kita tunggu para aparat terkait untuk menyelesaikan mslh ini dgn baik. Bertahan tdk terpancing emosi. Mereka instansi terkait hrs memberikan perhatian khusus thd hal ini. Mereka hrs ambil keputusan dgn tepat dan cepat kasihan nasib para mahasiswa Setia. Saya juga menilai bahwa management kampus tdk baik dalam mengolah ngampus setia, mhn introspeksi ke dalam.
    Satu saja pertanyaan dari saya, apa setiap mahasiswa yg tinggal di kp tersebut pernah lapor diri ke aparat setempat ? jika asrama kampus berada dalam area kampus mungkin ok ok saja, tapi mahasiswa anda berinteraksi langsung dgn warga. Mohon sekali lagi, saling berkaca …

  10. saya hanya mengomentari komen dari Pak Warga Pulo, bha Asrma Putri yg diserang itu tidak lagi berisikan mahasiswi, tapi 100 orang laki2 yg telah siap dgn panah dll, utk menyambut serangan warga. Dan perlu disikapi saya pribadi melihat indikasi politik disini, krn ada dari dalam yg sengaja memancing keadaan menjadi ricuh dgn menyambiti rumah warga dan mesjig terlebih dahulu. Anda tahu kala itu sedang ada kegiatan pengajian mingguan di mesjid. Siapa mrk ? kami tdak tahu .. mahasiswa kah? pertanyaan apa wajar mahasiswa sprti itu ?… Mungkin ada fihak2 lain yg memanfaatkan situasi ini, who knows..

  11. semoga dari masalah ini, qt sebagai umat kristiani semakin teguh dalam Iman, GBU

  12. mana ada mahasiswa yg sdh siap dgn panah & parang ditangan… berarti mereka sblmnya sdh siap dgn perang…… kalian cma bsnya memutar balikkan fakta spy mdpt belas kasihan…

  13. serahkanlah semua pada YESUS KRISTUS,

  14. torang samua basudara,satu bangsa,berhentilah main kekerasan,betapa indahnya hidup berdampingan……

    DAMAILAH SAUDARAKU.

  15. woiiii bersatu dunk!!!!!!!!!!!
    alangkah gobloknya kita ini jika bisa terpecah belah nantinya,
    pihak asing yg mendalangi tentu tertawa terkekeh-kekeh.
    ingat kemerdekaan negara yg kita dapat dari hasil persatuan,
    dan jangan saling mengompori yang nggak2
    apa kalian senang negara kita jadi hancur gara2 pertikaian sesama saudara sendiri?
    tatap hati nurani masing-masing
    apa yang bisa kalian sumbang buat negara bukan buat diri masing2/kelompok

  16. Kasih dan kedamaian adalah dasar kehidupan orang kristen dan hal itulah yang menjadikan kekristen menjadi besar,tanpa kekerasan,tanpa iri hati,tanpa kebencian,hal ini tidak dimiliki oleh orang lain,kebanggaan bagi hidupku ketika dapat menjalankan semua ini dengan hidup yang kekal,

  17. Kebenaran akan terungkap, siapa yang salah sebenarnya. ALLAH SWT akan selalu melindungi umatnya untuk membela kebenaran. Kami Hamba ALLAH tidak takut dengan kalian karena kami ada di Jalan yang Benar. Kami semua Cinta Damai tapi kehidupan kami telah di USIK oleh keberadaan mereka, Jadi sampai kapan pun kami tidak akan menerima kembali mereka di Kampung tercinta kami.

  18. Kadang kita terjebak pada suatu anggapan bahwa realita hidup didunia yang benar ini adalah dunia merupakan tempat hidup yang nyaman, damai ….sehingga ketika ada masalah kita gundah gulana , stres dll. Padahal yang benar dunia sampai kapanpun bukan merupakan tempat hidup yang nyaman bagi manusia, warga kampung pulo entah alasannya apapun intinya tidak menghendaki Kampus STIA disitu, mungkin dengan harapan hidup lebih nyaman tetapi saya yakin seyakin yakinnya setelah STIA pergi , masalah pasti masih ada dan belum tentu lebih ringan…. Yang penting selama hidup didunia ini dengan rendah hati jangan biarkan kuasa kegelapan mengambil kesmpatan memanfaatkan kelemahan kita entah dalam bentuk benci, prasangka busuk , tidak mau kalah , iri , mau menang sendiri dll dan dalam segala hal tetap setialah pada Sang Pencipta , Sang Kasih yang tidak pernah berubah oleh apapun perlakuan orang, atau situasi burk sekalipun bagaikan emas yang teta emas meskipun dalam lumpur…niscaya hidup kita jadi damai dan sejahtera meskipun ditengah serigala

  19. Apapun yang terjadi ada hikmahnya.
    mari kita koreksi diri kita masing-masing.

  20. 10.30PM (malam)
    Seorang mahasiswa dan seorang anak staff dosen SETIA dicegat di jalan, dan mahasiswa ini yang berasal dari Alor dianiaya dan dipukuli. Sang ayah yang mendengar anaknya dipukuli saat mau menolong anaknya yang telah dibawa ke RW terdekat juga ikut dipukuli.

    BERITA BOHONG…….( BANYAK BOHONGNYA…JOHNY GONTOH ( SI DOSEN …TDK PERNAH KAMI PUKULI ),ANAK BELIAULAH YANG TELAH MEMPROVOKASI AGAR TEJADI BENTROKAN ANTAR WARGA ( INGET YA WARGA VS WARGA MKSDNYA BUKAN MAHASISWA VS WARGA )…TAPI KAMI ANTAR PEMUDA & WARGA TIDAK TERPANCING…

    11.30PM
    Asrama putra yang berada di RT.02 di kepung massa dan dilempari batu juga pagar asrama, kaca jendela di rusak serta atap asrama di timpuki oleh masssa yang menyebabkan beberapa kerugian bagi asrama putra. Situasi agak menurun tetapi massa yang sama yang telah melakukan penyerangan ke asrama putra pada Pukul 24.00PM menuju ke asrama putri yang terletak di Rt. 05 dan juga melakukan pelemparan juga disana menyebabkan kerusakan

    ” BERITA BOHONG….KETIKA KAMI MAU MENGADUKAN PERIHAL MALING & PELEMPARAN RUMAH2 WARGA SEKITAR ASRAMA OLEH MAHASISWA2 SETIA KE KEPALA ASRAMA YANG TERLETAK DI RT 02/RW 04 ( TERLETAK DI DEPAN RUMAH WARGA YANG BERNAMA BPK SILLALAHI ).YANG ADA KAMI DULUAN YANG DILEMPARI PAKAI BATU BATA,KAYU2 & BALOK2 OLEH MAHASISWA2 ITU DARI LANTAI 3 ASRAMA”.BAHKAN RUMAH BPK SILLALAHI & WARGA SEKITAR MENJADI SASARAN AMUK MAHASISWA TERSEBUT.

    Pukul 02.30AM (pagi) (26/7)
    Kembali terjadi penyerangan kedua pada dini hari dan kali ini penyerangan dilakukan dengan intensitas tinggi dibandingkan dengan penyerangan pada pukul 12.00 PM sebelumnya dimana kerusakan yang diakibatkan oleh penyerangan ini jauh lebih parah. Kemudian terjadi penyiraman bensin di atas atap lantai 3 di asrama putri yang terletak di RT.05. Api sempat tersulut tersulut di jalan depan asrama putri tetapi tidak lama karena api tersebut mengenai salah seorang yang menuang bensin yang kemudian api dimatikan.

    “APALAGI INI…,INI SANGAT TIDAK MASUK AKAL ASRAMA PUTRI RT 05/RW – 05 ITU TINGGI SEKALI ,KURANG LEBIH ADA 3 -4 LANTAI DEH ( ITU BELUM TERMASUK LOTENGNYA ) ,BAGAIMANA MUNGKIN…MENYIRAM BENSIN DIATAS ATAP LANTAI 3, ITU TINGGI LHO….UDAH GITU SETIAP JALAN MASUK KE ASRAMA ITU KAN DI PAGAR BETIS APARAT,BELUM PINTU2 MASUK ASRAMA YANG DIJAGA MAHASISWA2 SETIA LENGKAP DENGAN SENJATA2 TAJAMNYA.KALU PEMBAKARAN,PENUANGAN BENSIN………AH ITU UDAH PASTI BOHONG .MANA MUNGKIN KAMI MAU MEMBAKAR MEREKA SEDANGKAN ASRAMA & KAMPUS MEREKA ,LETAK GEDUNGNYA BERDEMPETAN DENGAN TEMBOK2 WARGA KAMI SENDIRI…

    Pukul 4.30AM
    Suasana mulai tenang. Tetapi sebelumnya antara pukul 02.00-03.00AM juga terjadi penyerangan massa di kampus utama di RT 01 dimana suasana tidak terkendali yang mengakibatkan mahasiswa sempat merespon penyerangan oleh sekelompok warga dan kemudian terjadi saling melempar batu.

    ADUH….BERITA BOHONG LAGI.SEBENARNYA BEGINI : ”
    DI KAMPUS UTAMA SETIA TIDAK TERJADI APA2 SEBELUMNYA ….INI DIKARENAKAN . 5 ORANG PEMUDA KAMPUNG PULO YANG SEDANG MERONDA(MEREKA MEMBAWA PERALATAN SEADANYA SEPERTI PENTUNGAN,SARUNG,BAMBU DAN SENTER ).PASCA PERISTIWA DI ASRAMA PUTRA/ I .MEREKA MELALUI LAP.BADMINTON RT 02/RW O5,KEMUDIAN LEWAT GANG KECIL DI SAMPING RUMAH BPK KETUA RT 02/RW 05 YANG,KEBETULAN MEMANG SEPI ),SAMPAI KELUAR GANG TERSEBUT( DI JALAN BESAR ,DEPAN WARTEL YOGA ), MEREKA BERPAPASAN DENGAN MAHASISWA2 TERSEBUT KURANG LEBIH 15 ORANG YANG MEMBAWA SENJATA TAJAM BERUPA PARANG,MANDAU,TOMBAK ,BAMBU RUNCING DLL….TAK AYAL LAGI PEMUDA KAMI PUN LARI ,TAPI MEREKA DIKEJAR..SAMPAI DI GANG DAMAI ( DEPAN WARUNG BUBUR KACANG IJO ).MEREKA INGIN MEMBERIKAN SEDIKIT PERLAWANAN TAPI NIAT INI DIURUNGKAN KARENA JUMLAH MEREKA BERTAMBAH,LAGIAN DARI JUMLAH SAJA SUDAH KALAH APALAGI PERSENJATAAN,PASTI LEBIH LENGKAP.
    PARA WARGA YANG SEDANG BERKUMPUL DI PERTIGAAN KAMPUNG PULO ( DEPAN RUMAH MANTAN RW 04 ) MELIHAT INI SEGERA MEMBANTU ,DAN TERJADILAH KEJAR – KEJARAN DAN MAHASISWA ITU MASUK KE KAMPUS UTAMA ( PADAHAL DI DEPAN KAMPUS UTAMA MEREKA SUDAH DIJAGA POLISI LHO,TAPI KOQ NEKAT DITEROBOS,DASAR MAHASISWA2 SUSAH DIATUR ).AKHIRNYA TERJADI LEMPAR2AN BATU….BEGITULAH CERITA YANG NYATANYA……

    Pukul 5.30AM
    Suasana menjadi tenang dan terkontrol hingga Sabtu siang harinya.

    ” KAMI BERSYUKUR SUASANA AMAN TENANG,MAHASISWA / I & WARGA PUN MELAKUKAN AKTIVITAS SEPERTI BIASA…..SIANG DAN SORE ITU KAMI LALUI PENUH KETENGAN ……

    INI INFORMASI PENTING YA BUAT SEMUA PEMBACA :
    ” SAYA TERUTAM TENTUNYA WARGA SANGAT MENYAYANGKAN SEKALI SITUASI AMAN INI CUMA BERLANJUT CUMA SEBENTAR.KIRA2 KURANG LEBIH 1 JAM SETELAH ISYA .MASJID JAMIE BAITURAHIM DILEMPARI BATU OLEH ORANG TAK DIKENAL( KURANG LEBIH ADA 8 – 10 ORANG ),KETIKA DIKEJAR MEREKA MASUK KE ASRAMA PUTRI RT 02/RW 05… KETIKA KAMI MAU MENANYAKAN PERIHAL ORANG2 YANG TADI MELEMPARI MASJID KE ASRAMA TERSEBUT KE PIHAK YANG BERSANGKUTAN ( KEPALA ASRAMA PUTRI RT 02 / RW 05 DAN POLISI YANG BERJAGA2 DI SEKITAR KEJADIAN ) ,YANG ADA KAMI DILEMPARI LAGI….TAPI SEPERTINYA KALI INI PARA MAHASISWA ITU LEBIH SIAP ….BUKTINYA MEREKA TIDAK ADA HABIS2NYA MELEMPARI KAMI DENGAN BATU,MEREKA JUGA MEMBUAT PANAH2 ,MEMBUAT KATAPEL , MEMBUAT TOMBAK 2 DAN MELEMPARI KAMI DENGAN SERPIHAN2 KACA & BATU KERIKIL.SEPERTINYA MEREKA SUDAH MEMPERSIAPKAN DAN MERENCANAKAN INI SEMUA , TERBUKTI PENGHUNI ASRAMA PUTRI TERSEBUT YANG KIAMI LIHAT KETIKA EVAKUASI KEBANYAKAN ADALAH LAKI – LAKI.
    DAN PERLAWANAN DARI MAHASISWA2 ITU JUGA TERJADI DI ASRAMA RT 02/RW 04,ASRAMA RT 04/RW 05,KAMPUS INDUK DAN ASRAMA DI RT 01/RW 05

    – SEKARANG KAMI PARA PEMUDA KAMPUNG PULO WALAUPUN ORANG KAMPUNG TAPI KAMI PERNAH MENGENYAM MINIMAL BANGKU SEKOLAHAN DAN MATA PELAJARAN PMP.PPKN DAN MENGAMALKANNYA DALAM SENDI2 KEHIDUPAN BERBANGSA & BERNEGARA.
    TAPI BILA APA YANG DILAKUKAN ORANG2 TERPELAJAR ITU ( MAHASISWA./I ITU )SUDAH MELEWATI BATASAN DAN NORMA2 YANG BERLAKU DI LINGKUNGAN KAMI …….YA MAU GIMANA LAGI .
    SALAH SATU CONTOH SAJA ,SEMUA SENJATA2 TAJAM YANG MEREKA PUNYA……..APAKAH MEREKA ITU MAHASISWA…???? WAJARKAH ???
    KAMI WALAUPUN ORANG2 BODOH JUGA BISA MEMBANDINGKAN KOQ ….SEANDAINYA SEKOLAH TINGGI,UNIVERSITAS ATAU APALAH TAPI BEDIRI DI KAMPUNG KAMI BUKAN SEKOLAH TEOLOGIA SETIA( MKSDNYA SEPERTI UNIVERSITAS2 BIASA SELAIN TEOLOGIA SETIA… ) ,TAPI CARA ,HUBUNGAN,SIKAP,DAN KELAKUAN MEREKA SEPERTI MASISWA/I SETIA TERSEBUT…………..SAMA SAJA SAYA RASA ,SUATU HARI KELAK BAKAL ADA PENOLAKAN DARI WARGA SEKITAR……

    PERLU SAYA TAMBAHKAN ,SEHARUSNYA DIMANA BUMI DIPIJAK,DISITULAH LANGIT DIJUNJUNG…………….YA INI CUMA SEDIKIT PELAJARAN PPKN/PMP AJA SIH,TAPI ADA BAIKNYA MAHASISWA/I ITU LEBIH MENGAMALKANNYA ,JADI MEREKA TIDAK TERLALU MASA BODO SAMA LINGKUNGAN SEKITAR KALI YE………

    ( Mohon maaf bila kenyataan ini menyinggung hati anda2 sekalian,dan mohon maaf bila fakta2 di lapangan terlalu banyak ,sehingga tak bisa di muat di sini )

    Dari : Slemer Selone
    ( LASKAR PULO GADEL )

  21. Benarkah itu hai saudaraku Slemer Selono (Laskar Pulo Gadel)?
    Omong-omong, kenapa anda pakai nama “laskar” ya?

  22. Laskar Pulo Gadel … dibentuk pasca evakuasi mahsiswa / i yang terdiri dari pemuda & warga Kampung Pulo itu sendiri ( sistem siskamling ) .Untuk menjaga kemanan dan ketertiban di lingkungan Kampung Pulo dan menjaga Gedung2 peninggalan SETIA dari tangan2 yang tidak bertanggung jawab…. kalu PULO GADEL nama asli Kampung Pulo karena manusia pertama yang bermukim ..Bernama “GADEL ” .Biasa disebut ” Mbah Gadel ”.
    Wahai anak nabi…saya sudah jawab apa yang anda tanyakan .sekarang saya cuma mau tanya …Pro manakah anda ?????

    Slemer Selone
    Laskar Pulo Gadel

  23. janganlah membalas kejahatan,nantikanlah TUHAN maka Ia akan menyelamatkan engkau..

    Untuk semuanya,mahasiswa/i STT SETIA,warga Kp.Pulo n semua yang telah memberikan komentar, apapun komentar kalian,dimanapun kalian memihak TUHAN YESUS tetap mengasihi kalian.. 🙂 God bless u..

  24. ya memang karena terlalu banyak mahasiswa di situ. sehingga rentan terjadi perkelahian antar suku. lagi pula yang masuk banyak yang belum bertobat ya masih emosional. seperti kambing masuk kota. sebaiknya STT SETIA di hidupkan kembali dengan syarat membatasi mahasiswa dan syarat tidak merokok, tidak minum alkohol, semua harus masuk asrama, dan tidak boleh menggangu masyarakat atau berkeliaran di luar kampus kecuali ibadah keluarga atau ibadah sabtu dan minggu. atau mengadakan merger dengan STT lain dengan merubah nama

  25. saya baru sadar bahwa benar apa kata guyonan dan sesuai singkata namanya: FPI=Front Perusak Indonesia. sorry teman-teman yang masih jadi anggota, saya sekarang inisadar apa yang pernah saya lakukan sebagai anggota FPI adalah anggota yang paling TOLOL, mengapa? sering kita melakukan aktifitas anarkis mengatas namakan JIHAT, padahal merusak itu adalah sesuatu yang SANGAT SALAH, karena hukum negara saja mengatakan itu salah, apalagi hukum ALLAH, artinya hukum negara lebih baik dan lebih benar dari hukum agama kita, apakah itu bukan tolol namanya? insaf………..insaf, gue kagak mau jagi orang yang TOLOL. Saya sering merasa malu sendiri, contohnya apabila ada musibah katakanlah seperti musibah gempa yang pernah ada di Jogjakarta…. mana ada FPI turun tangan untuk membela yang sedang dalam duka, rumahnya rusak dan dan turut berbela sungkawa? mengapa kita tidak mencona membela mereka? tetapi kalau kita di ajak berantam ya … oke-oke aja… apa itu tidak TOLOL, seperti kambing maunya hanya di adu doang, masyaallah,

    • Setuju!!!..
      jangan hanya terkenal dengan ke-“anarkis”-an nya, bukankah lebih baik jika menolong saudara2 kita yang tertimpa musibah??…

      dibandingkan dengan mengitari kota dengan membawa bendera2 secara bergerombol, mengumbarkan segala tentang Allah, namun pada sikapnya sama sekali tidak mencerminkan kebaikan yang telah di ajarkan oleh Allah itu sendiri???

  26. jdlah gram dan terang dunia bg semua…
    stt setia YAnG sABar yaa menghadapi masalah ini,jgn TERPANGKu DGN mslah ini,Pandanglah ke depan..
    saya berpesan jgn mnambh masalah ini..
    biarin ja kita d tindas,d ejek,dhina dll..
    tp jgn benci ma org itu melainkan mengasihi mereka..ok
    syalom
    JESUS BLESS YOU ALL

  27. mmh,,,
    yang sabar y Guys
    kami teman2 dari STT2 lain juga akan selalu mendukung kalian di dalam doa koq..

    Pray Until Something Happen Guys,,,

    Jesus Love u…ALL

  28. Teman2 STT SETIA jgn takut, sebab pada setiap perkara yang terjadi, di situlah Kasih Yesus memegang teguh kita!!..
    DIA tidak akan meninggalkan anak-Nya sendiri!!..

    keadaan masalah ini semakin sulit, ditambah dengan keadaan dimana kasus ini telah seperti dihilangkan begitu saja. dari postingan komentar teman2 diatas, terdapat banyak fakta yang telah diputar balikan. untuk warga kp. Pulo, tolong untuk tidak menutupi masalah ini.

    banyak teman2 yg tidak tahu keadaan kampus sesaat setelah pengusiran STT SETIA oleh warga, kampus telah dijarah, persediaan pangan, komputer, tv, pintu asrama, bahkan kusen pintu pun hilang dicuri??!!!

    keadaan penggerakan warga melalui mesjid itu benar adanya, hampir setiap hari terjadi penghasutan terhadap warga untuk membenci STT tsbt.

    dr berita2 yg tersebar di Kp Pulo sendiri, STT SETIA telah bnyk memberikan sumbangan kepada warga sekitar sebelum hal ini terjadi.

    untuk semua pembaca artikel ini!!:

    jika kita memang bangsa yang berbudaya, beragama, dan tenggang rasa,,
    apakah pantas menulis kata2 ini d dinding STT :

    BUBARKAN KAMPUS IBLIS

    IBLIS

    BABI

    dan bahkan maaf, menggambarkan kemaluan pria!!

    apakah pantas tindakan seperti itu dilakukan oleh warga Kp.pulo yang katanya telah bnyk belajar PPKN, budi pekerti dan telah mengeyam bangku sekolah??..

    1 pertanyaan untuk provokator masalah ini…

    setelah masalah yg telah anda perbuat ini, apakah anda telah memiliki persaan tenang, tiap kali anda melewati kampus STT SETIA??…

    untuk semua saudara2ku mahasiswa/i kampus STT SETIA, biarlah Cobaan ini tidak menjatuhkan kalian, melainkan semakin menguatkan kalian!!..
    TUHAN Yesus memberkati!!..
    AMIN..

  29. sabar unk Mahasiswa /staf dosen,STT SETIA.TUHAN tidak menutub mata,TUHAN thu mna yang salah’ dan mna yang benar..TUHAN akan berikan yang terbaik untuk STT SETIA.Tuhan memberkati STT SETIA.amen

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: