Ribuan Orang Demo Istana, Dicuekin Presiden

18/06/08 11:52

Jakarta (ANTARA News) – Ribuan orang dari berbagai ormas Islam menggelar unjukrasa di depan Istana Merdeka, Jakarta, Rabu, sehingga menyebabkan sebagian Jalan Merdeka Barat tertutup, karena jalan tersebut digunakan sebagai arena parkir bagi kendaraan yang mengangkut pendemo.Berdasarkan pantauan ANTARA di Jakarta, Rabu, terdapat puluhan kendaraan berbagai jenis, mulai dari sepeda motor hingga bus antar kota yang diparkir di Jalan Merdeka Barat.

Selain itu, kepadatan juga ditambah dengan puluhan pedagang asongan dan sejumlah makanan serta pemulung yang berada di sekitar lokasi unjuk rasa.

Hampir seluruh dari pengunjuk rasa mengenakan baju putih-putih, dan sebagian dari mereka merupakan kalangan ibu-ibu.

Kertas tempelan di sejumlah kendaraan juga menunjukkan bahwa mereka berasal dari beragam ormas dan tempat, antara lain Forum Betawi Rembug (FBR) Tenah Abang, Majlis Taklim Anwarul Hidayah Cawang, Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), dan Forum Silaturahim Majelis Taklim (Forsitma).

Tuntutan dari pengunjuk rasa adalah agar pemerintah segera membubarkan Jemaat Ahmadiyah Indonesia. Mereka juga mendesak pembebasan Ketua Forum Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab dari penahanan di Polda Metro Jaya.

Sedangkan tuntutan lainnya adalah mendesak aparat yang berwenang untuk mengadili aktivis Aliansi Kebebasan untuk Keyakinan Beragama dan Berkeyakinan (AKKBB).

Para pendemo juga menginginkan agar aktivitas Laboratorium Namru 2 yang disokong pemerintah Amerika Serikat untuk segera ditutup, berbagai perusahaan asing segera dinasionalisasi untuk kepentingan rakyat, serta harga BBM dan kebutuhan rakyat lainnya segera diturunkan.

Aksi unjuk rasa yang dimulai sejak sekitar pukul 09.00 WIB itu dijaga oleh ratusan personel, antara lain dari Polres Jakarta Pusat. (*) 

COPYRIGHT © 2008

News

Dicuekin Presiden, FUI Serbu Polda Metro

Rabu, 18 Juni 2008 – 12:27 wib

Malissa Amanah – Okezone

JAKARTA – Setelah melakukan aksi unjuk rasa di depan Istana Presiden, massa Forum Umat Islam (FUI) merangsek ke Polda Metro Jaya. Mereka kecewa lantaran aksi tidak digubris Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

“Presiden tidak mau keluar, maka kami mendatangi Polda,” kata salah seorang anggoat FUI di sela-sela orasinya di depan Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu (18/6/2008).

Mereka menyerukan pembebasan untuk Ketua FPI Habib Rizieq Shihab dan Panglima Komando Laskar Islam Munarman, yang hingga kini ditahan di Polda Metro Jaya. Bersama sejumlah laskar FPI, keduanya menjadi tersangka insiden penyerangan di Monas 1 Juli lalu.

Hingga kini, ribuan pendukung FUI masih berorasi di depan Polda Metro Jaya. Tampak sejumlah atribut seperti bendera dan keranda jenazah turut menyemarakkan aksi protes ini. (pie)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: