FILSAFAT DAN PEMBAGIANNYA

 FILSAFAT DAN PEMBAGIANNYA

 

  realitas hidupKerapkali ilmu filsafat dipandang sebagai ilmu yang abstrak dan berada di     awang-awang (= tidak mendarat) saja, padahal ilmu filsafat itu dekat dan berada dalam kehidupan kita sehari. Benar, filsafat bersifat tidak konkrit, karena menggunakan metode berpikir sebagai cara pergulatannya dengan realitas hidup kita.

 

Filsafat , philosophy, dalam bahasa Inggeris, atau philosophya dalam Yunani mempunyai arti cinta akan kebijaksanaan. Philos (cinta) atau philia (persahabatan, tertarik kepada) dan sophos (kebijaksanaan, pengetahuan, keterampilan, pengalaman praktis, inteligensi. Dari pengertian tersebut filsafat sebenarnya amat dekat dengan realitas kehidupan kita. Untuk mengerti apa filsafat itu, orang perlu menggunakan akal budinya untuk merenungkan relaitas hidupnya, “apa itu hidup? Mengapa saya hidup? Akan kemana saya hidup? Tentunya pertanyaan tersebut sejatinya muncul alamiah bila akal budi kita dibiarkan bekerja. Persoalannya, apakah orang atau peminat filsafat sudah membiarkan akal budinya bekerja dengan baik memandang relaitas? Aristoteles menyebut manusia sebagai “binatang berpikir”.

A.  Berbagai pengertian Filsafat

  • A. Sonny Keraf dan Mikhael Dua mengartikan ilmu filsafat sebagai ilmu tentag bertanya atau berpikir tentang segala sesuatu (apa saja dan bahkan tentang pemikiran itu sendiri) dari segala sudut pandang. Thinking about thinking.

  • Beberapa filsuf mengajukan beberapa definifi pokok seperti:

  • Upaya spekulatif untuk menyajikan suatu pandangan sistematik serta lengkap tentang seluruh realitas

  • Upaya untuk melukiskan hakekat realitas akhir dan dasar serta nyata,

  • Upaya untuk menentukan batas-batas jangkauan pengetahuan: sumbernya, hakekatnya, keabsahannya, dan nilainya.

  • Penyelidikan kritis atas pengandaian-pengandaian dan pernyataan-pernyataan yang diajukan oleh berbagai bidang pengetahuan

  • Disiplin ilmu yang berupaya untuk membantu anda melihat apa yang ada katakan dan untuk mengatakan apa yang anda lihat.

  • Penulis sendiri mendefinisikan ilmu filsafat sebagai disiplin ilmu yang mencari dan menggeluti segara yang ada sehingga sampai pada suatu kebijaksanaan universal dengan mengunakan akal budi guna merumuskanya secara sistematis, metodis dan dapat dipertanggungjawabkan secara akal budi pula.

  B.    Metode Filsafat

Metode filsafat adalah metode bertanya. Objek forma filsafat adalah ratio yang bertanya. Obyek materinya semua yang ada. Maka menjadi tugas filsafat mempersoalkan segala sesuatu yang ada sampai akhirnya menemukan kebijaksanaan universal.

  C.   Pembagian Bidang Ilmu Filsafat

 

  • A. Sonny Keraf membedakan ilmu filsafat menjadi 5 cabang besar: (1) metafisika atau ilmu tentang yang ada sebagai ada; (2) epistemologi atau filsafat ilmu pengetahuan; (3) etika atau filsafat moral yang berbicara mengenai baik-buruknya perilaku manusia; (4) logika berbicara mengenai cara berpikir lurus dan tepat; (5) estetika atau filsafat keindahan berbicara tentang seni.

  • Aristoteles memasukkan ke dalam bidang filsafat: logika, etika, estetika, psikologi, filsafat politik, fisika, dan metafisika. Pembagiannya terhadap bidang-bidang ilmu, mempunyai tiga bagian: ilmu-ilmu teoritis, ilmu-ilmu praktis, dan ilmu-ilmu produktif.

  • Christian Wolff membagi filsafat menjadi: logika, filsafat pertama, ontologi, teologi, kosmologi, psikologi rasional, etika, dan teori pengetahuan. Disiplin-disiplin ini dibagi menjadi tiga bagian: teoritir, praktis dan kriteriologis.

Dewasa ini, bidang-bidang filsafat diketahui meliputi kebanyakan disiplin yang disebut di atas tadi, meski ada kekecualian, seperti fisika dan psikologi telah mendapat privilesenya sendiri. Filsafat sering dianggap sebagai ilmu politik. Teologi telah digantikan oleh filsafat agama.
Di samping itu, tanggung jawab filsafat terhadap bidang-bidang lain semakin diakui melalui perkembangan filsafat, studi dan kursus interdisipliner. Yang paling penuh perkembangannya adalah filsafat ilmu pengetahuan. Disiplin ini mengandung anataf filsafat ilmu-ilmu alam dan filsafat ilmu-ilmu sosial: filsafat sejarah, filsafat agama, filsafat hukum, dan filsafat pendidikan.

D.     Beberapa Cabang Filsafat

  •   Filsafat Alam 

Obyeknya: alam kehidupan dan alam bukan kehidupan. Tujuannya: menjelaskan fenomena alam dari aspek eksistensi fenomena tersebut dan menelusuri syarat-syarat kemungkinan. 

  • Filsafat Analitis

Ilmu memusatkan perhatian pada bahasa dan upaya untuk menganalisis pernyataan (konsep, atau ungkapan kebahasaan aatau bentuk-bentuk logis. Tujuannya ialah untuk menemukan pernyataan-pernyataan yang berbentuk logis dan ringkas dan yang terbaik, yang cocok dengan fakta atau arti yang disajikan. 

  •    Filsafat Bahasa Sehari-hari

Paham ini berpandangan bahwa dengan menganalisis bahasa biasa (makna, implikasi, bentuk dan fungsinya) kita dapat memperlihatkan kebenaran mengenai kenyataan. Dengan analisis bahasa biasa kita dapat memahami masalah pokok filsafat dan sekaligus dapat memecahkannya.

  • Filsafat Gestalt

Salah satu pandangan filsafat ini berpandangan bahwa realitas merupakan dunia tempat organisme fisik memberikan tanggapan dalam proses mengatur struktur-struktur atau keseluruhan yang diamati.

  • Filsafat Kebudayaan

Filsafat ini memberikan gambaran keseluruhan mengenai gejala kebudayaan (bentuk, nilai dan kreasinya). Tugasnya untuk menyelidiki hakekat kebudayaan, memahaminya berdasarkan sebab-sebab dan kondisi-kondisinya yabg esensial. Filsafat ini juga bertugas untuk menjabarkan pada tujuan-tujuannya yang paling mendasar dan karena itu juga menemukan arah dan luas perkembangan budaya.

  •   Filsafat Kehidupan

Filsafat kehidupan dalam bahasa sehari-hari berarti (1) cara tau pandangan hidup. Dan ini bertujuan mengatur segalanya secara praktis. (2) Etika sebagai ilmu yang berbicara mengenai tujuan dan kaidah-kaidah kehidupan dapat juga disebut sebagai filsafat kehidupan.

 

Dari pemaparan di atas, ilmu filsafat merupakan ilmu yang lahannya luas dan rumit. Untuk mereka yang berminat pada filsafat, mereka harus mempelajari pengantar-pengantar ke bidang filsafat. Peminat Ilmu filsafat di Indonesia semakin berkembang. Hal ini terlihat berkembangnya peminat filsafat di perguruan tinggi/ sekolah tinggi filsafat baik yang dikelola pemerintah maupun swasta nasional. Semoga informasi ini bermanfaat bagi siapa saja yang mencintai kebijaksanaan.

 

Sumber:

  • Keraf, A. Sonny dan Mikhael Dua, Ilmu Pengetahuan, sebuah tinjauan filosofis, Kanisius: Yogyakarta, 2001

  • Bagus, Lorens, Kamus Filsafat, Gramedia: Jakarta, 2002

  • STFT Widya Sasana Malang, Diktat Kuliah, 1999, Widya Sasana: Malang

Iklan

18 Tanggapan

  1. ada yg mengatakan bahwa apabilah agama bertanya filsafat bisa menjawab dan sebaliknya filsafat bertanya agama bisa menjawab kira-kira ada kaitan apa filsafat dengan agama?
    lalu mereka saling berkaitan dalam hal ini kalau dipikir filsafat hanya mempunyai arti cinta antara sesama saja?

  2. pokok pembahasan ilmu filsafatnya mana

  3. filsafat adalah ilmu yang tidak nyata dan semakin dipelajari semakin bingung……

  4. mau tanya dunk..

    apa sebenarnya perbandingan ilmu sosial dengan ilmu eksak

  5. filsafat adalah ilmu tentang ketenangan hati & pertentangan jiwa yang memikirkan segala kemunafikan dunia yang selalu dipertanyakan

  6. asslamualaikum..
    saya mau tanya…
    perbandingan, persamaan, dan perbedaan filsafat sains dan filsafat agama…
    tolong beri jawabanya…..sesegera mungkin…
    sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih.

    wasalamualaikum….

  7. dalam hati ada jawaban dan juga ada pertanyaan

    segala peristiwa yang terjadi pada seseorang mempunyai keterkaitan yang unik.

    kenapa kemajuan sebagai alat untuk melupakan ?

  8. udah ada yang baca buku Gadis Jeruk karys Jostein Gaarder?
    ada yang mau ngasih tau aku?
    mana yang akan kamu pilih?

    hidup ini adalah sebuah dongeng…
    suatu saat kita akan kembali kedunia nyata…tempat asal kita….

    seandainya kamu py pilihan untuk memilih…
    mana yang akan kamu pilih?

    hidup didunia penuh dengan kebahagiaan tapi juga peraturan yang menyertainya, dan suatu saat kita akan dipanggil kembali, dan itu bsa saja saat kita sedang lingkupan kebahagiaan, sedih sekali rasanya kehilangan sesuatu yang sudah kita sayangi, keluarga, teman…

    atau kalian akan menolak karena itu hanya akan membuat susah saja…
    bukankan lebih baik tidak mencintai drpada akhirnya akan kehilangan sesuatu yang kita cintai….

  9. mau tanya filsafat agama???
    kalo kita percaya akan Tuhan !!! bagaimana cara pembuktiaannya scr ilmiah?
    dan sudut pandang agama???
    thanks

    • liat saja dari segi ciptaannya… tdk ada satu makhluk pun yg bsa menyaingi ciptaan tuhan.
      Allah maha besar…

  10. kehidupan apa yang dirasa tak bertentangan tak menjadi tetapi nisbi adalah rutinitas serta sifatnya hidup ini,tidak bertentangan dengan yang tidak ditentang menentang apa yng tidak ditentang ,mempelajari apa yng tidak dipelajari lebih dari itu apa yng disebut hidup hanya seenggok kekelamn yang memancar dalam batu kehidupan yang menjadi dsar apa itu pertentangan jika tak ada hidup tak harus ada pertentangan,kenapa aku ditentang ,karena aku menentang kenpa aku menentang kareana aku ini hidup tak layak menjadai apa itu cosmo kematian

  11. buat aku sih, filsafat adalh ilmu yang menuntut kita berfikir secara logis dalam mencari kebenaran tentang adanya penguasa langit dan bumi yang memiliki kekuatan yang luar biasa sempurna. filsafat membuka ruang berfikir kita untuk dapat menemukan kebenaran yang hakiki dengan pembenaran agama.buat aku filsafat membuat semua realita menjadi jelas dimana juntrungannya.menjadikan semua yang terlihat menjadi nampak dalam paradigma berfikir filsafat.

  12. tlng crkan persamaan dan perbedaan antologi, epistimologi, dan aksiologi.

    klo dh ada krtlng krmkan ke email_ku yawh
    aq tgg

    thank’s b4

  13. Bicara soal tuhan, kita ga` bisa membahas tuhan selayaknya kita membahas keberadaan manusia sebagai makhluk. Gimanapun juga mempertanyakan keberadaan tuhan itu bukanlah sesuatu yang berada dalam jangkauan kita.

  14. manusia butuh filsafat, agar apa yang dia yakini sbg sesuatu yg memiliki substansi menjadi jelas. alam adalah merupakan media yg d hamparkan tuhan untuk kita lihat dan maknai. dari segala semua benda yg bergerak maupun tidak terdapat sebuah makna mengarah pada penciptanya.

  15. tanpa filsafat manusia kadang salah langkah untuk bertindak, maka dari filsafat sebagian dari kehidupan manusia………………….

  16. ada gak buku khusus filsafat ilmu politik ?

  17. […] : (https://pormadi.wordpress.com/2007/09/15/filsafat-dan-pembagiannya/, diakses tanggal 30 Desember […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: