PROSES TUMBUH KEMBANG DIRI MANUSIA

PROSES TUMBUH KEMBANG DIRI MANUSIA

Tahap-tahap pertumbuhan potensi manusiawi diwarnai oleh gerakan menuju kemandirian. Dari tahap tergantung pada orang lain dalam belajar, orang bergerak sedikit demi sedikit menuju kemandirian dimana orang berlatih belajar sendiri. Selanjutnya mereka merasakan bahwa selama mengajarkan orang lain apa yang telah mereka pelajari, mereka juga belajar dari orang lain. Dengan demikian mereka sampai pada tahap yang lebih tinggi yaitu tahap saling tergantung.

Pada awalnya, orang yang belajar masih tergantung pada orang lain dalam hal belajar. Mereka hanya memiliki pandangan yang mereka ambil alih dari orang lain. Beberapa diantaranya hanya menjadi pelaksana program yang ditentukan orang lain. Akibatnya mereka biasanya hanya memiliki sebagian dari proses belajar itu. Setelah para pelajar dapat mandiri, mereka berusaha belajar sendiri yaitu menyelidiki situasi mereka sendiri, mengerti tujuan mereka dan melaksanakan program mereka sendiri. Mereka menjadi pembantu diri mereka sendiri sebagaimana orang lain dahulu membantu mereka.

Pada tahap yang tertinggi, para pelajar mencapai tahap saling tergantung yaitu lebih dari apa yang telah mereka terima pada tahap mandiri. Orang pada tahap ini mengalami dalam setiap proses membagikan pengetahuan mereka kepada orang lain, seraya mereka sendiri menerima umpan balik dan mendapat tambahan pengetahuan dari orang lain. Dengan demikian orang pada tahap ini menyadari kebutuhan mereka akan orang lain untuk memperkaya dirinya.

Boleh dikatakan bahwa tahap-tahap perkembangan potensi manusiawi itu, orang bergerak dari tahap TERGANTUNG PADA ORANG LAIN dalam belajar, melalui tahap belajar sendiri secara MANDIRI, akhirnya menuju tahap belajar sendiri dan dari orang lain yang SALING TERGANTUNG.

Manusia secara kodrati memang memiliki keterbatasan-keterbatan. Itulah sebabnya ia membutuhkan orang lain sebagaimana orang lain membutuhkan saya. Sebab kesempurnaan dan kelengkapan manusia sebagai manusia tercapai dalam kehidupan bersama orang lain. Manusia adalah makhluk sosial yang hanya bisa mencapai kebahagiaan dalam hidup bersama orang lain.

About these ads

2 Tanggapan

  1. setiap manusia pasti mengalami tahapan-tahapan tumbuh kembang. mulai dari bayi, baduta, anak usia prasekolah, anak usia sekolah,remaja, dewasa, dan usia lanjut. setiap tahapan tersebut, terdapat tugas-tugas perkembangan. jika tugas perkembangan tercapai maka pertumbuhan dan perkembangan manusia akan optimal.

  2. Artikel yang bagus.. Saya setuju, manusia sebagai makhluk sosial memang membutuhkan orang lain dalam menjalani proses kehidupannya. Namun, manusia juga dituntuk untuk mandiri dalam beberapa hal. Dengan kata lain, kita hidup di dunia tidak untuk saling ketergantungan, melainkan saling membutuhkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 48 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: